Evaluasi Layanan Aplikasi Mobile Tangkar Menggunakan Pendekatan Human Centered Design dan System Usability Scale
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.876Kata Kunci:
Diskominfo, Evaluasi, MobileAbstrak
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang mengelola sebuah Aplikasi mobile Tangkar. Namun umpan balik pengguna mengindikasikan kesulitan dalam penggunaan Aplikasi mobile Tangkar. Penelitian ini, dengan mengutamakan kebutuhan pengguna melalui pendekatan Human Centered Design. Selanjutnya, dievaluasi menggunakan System Usability Scale. Rangkaian penelitian dimulai dengan understanding and specifying the context of use, mengidentifikasi user requirements, menghasilkan solusi design solution, dan melakukan evaluating the design. Proses evaluasi ini secara khusus dilakukan pada fase specifying the user requirements dengan melibatkan 40 responden yang diolah menggunakan google colab menghasilkan skor 46,06 yang masuk ke dalam kategori Not Acceptable pada tingkat accaptablility, dengan grade F dan tingkat adjective rating masuk ke dalam tingkat poor. Berdasarkan evaluasi didapatkan 9 poin permasalahan yang dirasakan oleh pengguna Aplikasi mobile Tangkar untuk dilakukan sebuah perbaikan. Mengacu pada daftar masalah yang teridentifikasi, peneliti mengimplementasikan perbaikan design antarmuka pengguna selama fase producing design solution. Desain solusi dikembangkan melalui siklus pengulangan yang teratur, yang memungkinkan penyesuaian berkelanjutan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini menghasilkan prototype sebagai produk akhir yang kemudian diuji ulang oleh responden yang sebelumnya telah memberikan evaluasi. Skor yang didapatkan pada evaluasi akhir ini sebesar 70,62 yang tergolong dalam kategori Acceptable pada tingkat penerimaan, dengan perolehan nilai grade C dan tingkat penilaian deskriptif yang berada dalam kategori good. Analisis lebih lanjut menggunakan hierarchical clustering dengan Ward linkage mengonfirmasi perubahan signifikan dalam pengelompokan pengguna setelah perbaikan (ARI -0.039), mengindikasikan dampak positif perbaikan terhadap persepsi kegunaan meskipun area peningkatan lebih lanjut masih diperlukan. Penelitian ini menegaskan efektivitas pendekatan Human-Centered Design dalam meningkatkan kegunaan aplikasi mobile pemerintahan dan memberikan implikasi praktis untuk pengembangannya.
Unduhan
Referensi
T. Tukino, “Pendampingan Umkm Dalam Penggunaan Digital Marketing Pada Koperasi Di Kabupaten Karawang,” J. Abdimas Bsi J. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 5, No. 1, Pp. 137–142, 2023, Doi: 10.31294/Jabdimas.V5i1.11534.
S. Shofia Hilabi, A. Solehudin, And S. Susanto, “Application For Submission Of Research Recommendations And Practice Work Web Based,” Buana Inf. Technol. Comput. Sci. (Bit Cs), Vol. 2, No. 1, Pp. 22–25, 2021, Doi: 10.36805/Bit-Cs.V2i1.1262.
W. P. Ningrum, D. Kurniansyah, And D. N. Azijah, “Analisis Keberhasilan Aplikasi Tanggap Karawang Sebagai Perwujudan Ruang Pengaduan Publik Berbasis E-Government Di,” Vol. 10, Pp. 497–510, 2024.
D. Avriel, I. 1?, B. Huda, S. S. Hilabi, And B. Priyatna, “Penerapan Desain Ui/Ux Pada Sistem Penjualan Berbasis Web Dengan Metode Desain Thingking,” J. Soc. Sci. Res., Vol. 4, Pp. 5737–5748, 2024.
S. Ratnawati And W. D. Anandito, “Analisis Usability Pada Aplikasi Mobile Banking Bca Menggunakan System Usability Scale ( Sus ),” Vol. 6, Pp. 237–244, 2024.
B. Huda Et Al., “Analisis Sentimen E-Learning X Terhadap Antarmuka Pengguna Menggunakan Kombinasi Multinomial Naive Bayes Dan Pendekatan Design Thinking,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 11, No. 4, Pp. 895–902, 2024, Doi: 10.25126/Jtiik.1147686.
Muhammad Evirustandi, “Evaluasi Dan Perbaikan Desain User Interface Aplikasi Mall Kiniku Menggunakan Metode Usability Testing Dan Pendekatan Human Centered Design(Hcd),” Skripsi, Pp. I–123, 2023.
G. A. Sarjana, I. P. A. Swastika, I. G. Juliana, And E. Putra, “Perancangan User Interface Dan Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pada Startup Timbangin Menggunakan Metode Human Centered Design ( Hcd ),” Vol. 9, No. 2, Pp. 124–138, 2023.
D. A. Fatah, “Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing Dengan Pendekatan Human-Centered Design (Hcd),” Rekayasa, Vol. 13, No. 2, Pp. 130–143, 2020, Doi: 10.21107/Rekayasa.V13i2.6584.
D. K. Achmadi, S. P. Rahayu, And Y. I. Kurniawan, “Implementation Of User Interface And User Experience Car Wash Service Provider Android Based Application ‘Spotless’ Using Design Thinking Method,” J. Tek. Inform., Vol. 3, No. 6, Pp. 1825–1836, 2022, Doi: 10.20884/1.Jutif.2022.3.6.283.
M. I. Nugraha, B. T. Hanggara, And B. S. Prakoso, “Evaluasi Dan Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Lumajang Bersahabat Menggunakan Metode Usability Testing Dan Pendekatan Human Centered Design (Hcd),” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 6, No. 8, Pp. 3847–3856, 2022, [Online]. Available: Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id
S. S. Hilabi, H. Prabowo, H. L. H. S. Warnars, And T. N. Mursitama, “Recommendation System Model For Political Communication Through Social Media Using Content Based Filtering Method,” Int. J. Appl. Eng. Technol., Vol. 4, No. 1, Pp. 34–39, 2022.
R. Ridwan, B. Bustami, And M. Maulidi, “Penerapan Human Centered Design Dan Usability Melalui User Experience Questionnaire Pada Aplikasi Petani Aceh Smart,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 11, No. 2, Pp. 297–306, 2024, Doi: 10.25126/Jtiik.20241127930.
K. P. Susanto, S. H. Wijoyo, And R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Usability Pada Website Sekolahkoding.Com Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan Human Centered Design,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 5, No. 7, Pp. 2809–2818, 2021, [Online]. Available: Https://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/J-Ptiik/Article/View/9434
A. D. Prabandani, H. Tolle, And R. I. Rokhmawati, “Perancangan User Experience Portal Media Interaksi Komunitas Kampus Dengan Pendekatan Social Media Platform,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 9, No. 7, Pp. 1633–1640, 2022, Doi: 10.25126/Jtiik.2022976760.
S. Karidina, A. P. Kharisma, And F. Al Huda, “Perancangan User Experience Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human-Centered Design ( Studi Kasus?: Sdn Latsari I ),” Vol. 6, No. 6, 2022.
B. Huda Et Al., “Implementation Of Ui/Ux The Design Thinking Approach Method In Inventory Information System,” E3s Web Conf., Vol. 448, 2023, Doi: 10.1051/E3sconf/202344802005.
M. A. Azis, H. Muslimah Az-Zahra, And L. Fanani, “Evaluasi Dan Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Layanan Pengaduan Masyarakat Online Menggunakan Human-Centered Design,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 3, No. 1, Pp. 529–537, 2019, [Online]. Available: Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id
V. Manik, “Evaluasi Usabilitypada Aplikasi Mobileacc.Onemenggunakansystem Usability Scale(Sus)Dan Usability Testing,” Veni Manik, P. 2, 2020.
N. Fikriyah And D. Az-Zahra, H M, “Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Dengan Metode Human Centered Design (Studi …,” … Teknol. Inf. Dan …, Vol. 5, No. 12, 2021, [Online]. Available: Https://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/J-Ptiik/Article/View/10201%0ahttp://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/J-Ptiik/Article/Download/10201/4544
A. Fauzi, Y. T. Mursityo, And H. M. Az-Zahra, “Evaluasi Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Indah Bordir Menggunakan Pendekatan Human Centered Design ( Hcd ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, Vol. 4, No. 4, Pp. 1064–1074, 2020.
K. Pratama Simanjuntak And U. Khaira, “Hotspot Clustering In Jambi Province Using Agglomerative Hierarchical Clustering Algorithm,” Malcom Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., Vol. 1, No. 1, Pp. 7–16, 2021.