Evaluasi Penerimaan Fitur Chatgpt Berdasarkan Motivasi Intrinsik dengan Pendekatan Tam

Penulis

  • Putu Anggi Suryantari Fakultas Ilmu Komputer, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Arista Pratama Fakultas Ilmu Komputer, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Doddy Ridwandono doddyridwandono.si@upnjatim.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.810

Kata Kunci:

ChatGPT, TAM, Motivasi Intrinsik, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Niat Perilaku

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerimaan fitur ChatGPT di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang dimodifikasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh motivasi intrinsik dan persepsi kegunaan terhadap niat perilaku mahasiswa dalam mengadopsi teknologi ChatGPT sebagai alat bantu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 356 responden mahasiswa yang aktif menggunakan fitur ChatGPT dalam aktivitas akademik mereka. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan. Persepsi kegunaan terbukti memediasi hubungan antara motivasi intrinsik dan niat perilaku untuk menggunakan ChatGPT. Selain itu, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap persepsi kegunaan dan niat perilaku, meskipun tidak memiliki pengaruh langsung terhadap niat perilaku. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi ChatGPT, dengan menekankan pada pentingnya motivasi intrinsik dan persepsi kegunaan dalam mendukung adopsi teknologi ini di lingkungan pendidikan tinggi. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat membantu pengembang dan institusi pendidikan dalam merancang fitur-fitur ChatGPT yang lebih efektif dan mudah diakses oleh mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Suryanti, J. Jahidin, and M. Fadlil, “Artificial Intelligence in Education: Bibliometric and Systematic Literature Review from 2019 – 2024,” Int. Educ. Trend Issues, vol. 2, no. 2, pp. 231–255, 2024, doi: 10.56442/ieti.v2i2.647.

D. Setiawan, E. A. D. Karuniawati, and S. I. Janty, “Peran Chat Gpt (Generative Pre-Training Transformer) Dalam Implementasi Ditinjau Dari Dataset,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 3, pp. 9527–9539, 2023, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3286.

N. Rossetti et al., “Learning General Policies for Planning through GPT Models,” Proc. Int. Conf. Autom. Plan. Sched. ICAPS, vol. 34, no. Icaps, pp. 500–508, 2024, doi: 10.1609/icaps.v34i1.31510.

S. Assegaf, M. Qonitatillah, N. N. Prameswari, B. Kurniawan, and N. Ratnawati, “The impact of use of chatgpt on changes in students’ learning behavior,” vol. 2, no. 1, pp. 49–58, 2024.

J. Deng and Y. Lin, “The Benefits and Challenges of ChatGPT?: An Overview,” vol. 2, no. 2, pp. 81–83, 2022.

A. Z. Ifani, M. A. Abdullah, and N. Vega, “Analisis Ketergantungan Penggunaan Chat GPT di Kalangan Mahasiswa Menyebabkan Penurunan Kualitas Belajar,” vol. 3, no. 1, pp. 6–10, 2024.

S. Nita, K. Sussolaikah, and J. D. Aldida, “Multidisciplinary Sciences and Arts The Role of Artificial Intelligence-Based Technology with ChatGPT as an Educational Learning Media Innovation in Indonesia International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts,” vol. 2, no. 2, pp. 235–241, 2023.

A. Viorennita, L. Dewi, and C. Riyana, “The Role of ChatGPT AI in Student Learning Experience,” vol. 3, no. 2, pp. 445–452, 2023.

K. Marlin et al., “Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 6, pp. 5192–5201, 2023.

A. M. Khalili, “Artificial Intelligence: A Kalam and Sufi Perspective,” 2023, doi: 10.20944/preprints202306.0363.v5.

S. A. Jusak, A. Caroline, A. Gunawan, and Y. Pribadi, “Analysis of Factors Influencing Sustainable Intentions for The Use of Artificial Intelligence Technology in Indonesia?: Integration of The Technology Acceptance Model And Theory of Planned Behavior,” vol. 6, no. 4, 2025.

and Y. Indrawan, Asep, Metodologi Penelitian: Kuantitatif dan Kualitatif. Pustaka Cendekia, no. April 2023.

M. Husnaini and L. M. Madhani, “Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 3, pp. 2655–2664, 2024, doi: 10.37985/jer.v5i3.1047.

N. Hidayanti, T. I. Solihati, and R. Kania, “Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Sistem Informasi Pada Mata Kuliah Statistika Inferensial,” Nat. J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 992–1001, 2021, doi: 10.35568/naturalistic.v6i1.952.

M. Hakiki et al., “Exploring the impact of using Chat-GPT on student learning outcomes in technology learning: The comprehensive experiment,” Adv. Mob. Learn. Educ. Res., vol. 3, no. 2, pp. 859–872, 2023, doi: 10.25082/amler.2023.02.013.

Farida Gultom, Wita Clarisa Ginting, and M. Riswan, “Perancangan Web Dengan Chat GPT Untuk Meningkatkan Kualitas Akademik (Studi Kasus?: Universitas Efarina),” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 5589–5600, 2024.

A. Faiz and I. Kurniawaty, “Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 456–463, 2023, doi: 10.31004/edukatif.v5i1.4779.

H. Bagde, A. Dhopte, M. K. Alam, and R. Basri, “A systematic review and meta-analysis on ChatGPT and its utilization in medical and dental research,” Heliyon, vol. 9, no. 12, p. e23050, 2023, doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e23050.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-21

Cara Mengutip

Suryantari, P. A., Pratama, A., & Ridwandono, D. (2025). Evaluasi Penerimaan Fitur Chatgpt Berdasarkan Motivasi Intrinsik dengan Pendekatan Tam. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(7), 1951-1963. https://doi.org/10.52436/1.jpti.810