Pengembangan Aplikasi First Person Shooter (Fps) Sebagai Simulasi Latihan Tembak Berbasis Virtual Reality
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.748Kata Kunci:
First Person Shooter (FPS), Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Pengembangan Game, Simulasi Militer, Virtual Reality (VR)Abstrak
Pelatihan menembak merupakan bagian penting dalam pengembangan keterampilan personel militer. Namun, penggunaan senjata asli dalam latihan memiliki risiko yang tinggi dan biaya operasional yang besar. Teknologi Virtual Reality (VR) menawarkan alternatif berupa simulasi pelatihan yang aman, efisien, dan imersif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi simulasi latihan tembak menggunakan pendekatan First Person Shooter (FPS) berbasis VR. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi yang dibangun menyediakan tiga level kesulitan (easy, normal, hard) dan diuji menggunakan metode black-box dengan partisipasi atlet tembak dan pengguna gamer. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi mampu menstimulasikan pengalaman latihan menembak secara realistis dan responsif. Penelitian ini berkontribusi dalam menyediakan alternatif pelatihan menembak yang adaptif dan berbiaya rendah, serta memiliki potensi untuk diterapkan dalam pelatihan militer atau olahraga tembak.
Unduhan
Referensi
S. Kounalakis, A. Karagiannis, dan I. Kostoulas, “Balance Training and Shooting Performance: The Role of Load and the Unstable Surface,” J Funct Morphol Kinesiol, vol. 9, no. 1, Mar 2024, doi: 10.3390/jfmk9010017.
A. Rizzo dkk., “Virtual reality goes to war: A brief review of the future of military behavioral healthcare,” J Clin Psychol Med Settings, vol. 18, no. 2, hlm. 176–187, Jun 2011, doi: 10.1007/s10880-011-9247-2.
K. Yao dan S. Huang, “Simulation Technology and Analysis of Military Simulation Training,” J Phys Conf Ser, vol. 1746, no. 1, hlm. 012020, Jan 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1746/1/012020.
D. J. Harris dkk., “Exploring the role of virtual reality in military decision training,” Front Virtual Real, vol. 4, Mar 2023, doi: 10.3389/frvir.2023.1165030.
A. Sudiarno dkk., “Analysis of Human Performance and Potential Application of Virtual Reality (VR) Shooting Games as a Shooting Training Simulator for Military Personnel,” International Journal of Technology, vol. 15, no. 1, hlm. 87, Jan 2024, doi: 10.14716/ijtech.v15i1.5303.
V. Tanwar, V. Anand, P. Aggarwal, M. Kumar, dan G. R. Kumar, “Revolutionizing Military Training: A Comprehensive Review of Tactical and Technical Training through Augmented Reality, Virtual Reality, and Haptics,” dalam 2024 IEEE 9th International Conference for Convergence in Technology, I2CT 2024, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2024. doi: 10.1109/I2CT61223.2024.10543615.
A. S. Rizzo, S. T. Koenig, dan B. O. Rothbaum, “Virtual Reality for Military Training: A Review of the Literature,” Military Psychology, vol. 32, no. 4, hlm. 432–439, 2020.
J. Ulmer, S. Braun, C.-T. Cheng, S. Dowey, dan J. Wollert, “Gamification of virtual reality assembly training: Effects of a combined point and level system on motivation and training results,” Int J Hum Comput Stud, vol. 165, hlm. 102854, Sep 2022, doi: 10.1016/j.ijhcs.2022.102854.
D. Aryani, N. Siti Fatonah, dan H. Akbar, “Implementation Of The Multimedia Development Life Cycle (MDLC) In Solar System Application Design,” International Journal of Science, 2024, doi: https://doi.org/10.46729/ijstm.v5i4.1123.
D. R. D. Putri, M. R. Fahlevi, dan F. A. Putri, “Implementasi Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Pada Website Pembelajaran Sistem Multimedia,” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK), vol. 8, hlm. 70–81, Feb 2023, doi: http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v8i1.543.
Di. Melanda, A. Surahman, dan T. Yulianti, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Kelas IV Berbasis Web (Studi Kasus?: SDN 02 Sumberejo),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 4, hlm. 28–33, 2023, doi: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2435.
K. Wayama, T. Yokogawa, S. Amasaki, H. Aman, dan K. Arimoto, “Verifying Game Logic in Unreal Engine 5 Blueprint Visual Scripting System Using Model Checking,” dalam Proceedings of the 37th IEEE/ACM International Conference on Automated Software Engineering, New York, NY, USA: ACM, Okt 2022, hlm. 1–8. doi: 10.1145/3551349.3560505.
I. S. Handayanto dan I. Nuryasin, “Pengujian Blackbox Decision Table pada Sistem Aplikasi Mobile Sharing Story App,” Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, vol. 13, no. 2, Apr 2024, doi: 10.30591/smartcomp.v13i2.6572.
Nur Cahyo Wibowo, Tri Lathif Mardi Suryanto, Mu’tasim Billah, dan Fajar Annas, “Evaluating the Usability of Virtual Tour Application Using the System Usability Scale (SUS) Method,” IJCONSIST JOURNALS, vol. 3, no. 2, hlm. 1–7, Jun 2022, doi: 10.33005/ijconsist.v3i2.65.
A. F. Reyhan, I. Aknuranda, dan R. I. Rokhmawati, “Pengujian Usability Untuk Aplikasi Silsilah Keluarga Myheritage Dalam Memenuhi Kebutuhan Umat Islam Dengan Pendekatan Kuantitatif,” 2020. [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id