Peningkatan Tanggung Jawab dan Keterampilan Proses IPA Melalui Model CTL Berbasis Daring Siswa Kelas IV SDN Cangkringan 1

Penulis

  • Yohana Fransiska Lintang Natalia Program Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia.
  • Andri Anugrahana Program Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia.
  • Ehsan Zaini Program Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.65

Kata Kunci:

CTL, keterampilan proses IPA, pembelajaran daring, tanggung jawab

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab dan keterampilan proses IPA melalui model pembelajaran CTL berbasis pembelajaran daring pada siswa kelas IV SDN Cangkringan 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cangkringan 1 yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Validitas data yang digunakan adalah expert judgment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL berbasis pembelajaran daring dapat meningkatkan tanggung jawab dan keterampilan proses IPA siswa kelas IV SDN Cangkringan 1. Perolehan skor rerata tanggung jawab siswa pada siklus I adalah 64 dan siklus II rerata meningkat menjadi 74,07. Rerata tanggung jawab termasuk kategori bertanggung jawab. Perolehan skor rerata keterampilan proses IPA pada siklus I adalah 56,67 dan rerata meningkat menjadi 71,11 dan termasuk kategori baik. Penelitian secara daring ini menggunakan aplikasi Whatsapp Group dan Google meet.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas, Undang-undang RI No.20 tahun 2003: Tentang sistem Pendidikan nasional, Jakarta: Depdiknas, 2003.

Kemendikbud, Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kemendikbud, 2016,.

I. Muna, . Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA. Jurnal Studi Agama Vol 5 Nomor 1, 2017.

Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2014.

Kemendikbud, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs IPA. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Jakarta, 2013.

Patta, Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalamPembelajaran Sains. Jakarta : Depdiknas, 2006.

Y. Pujilestari, Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1), 2020, 49-56.

Shoimin, A, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media, 2014.

S. Arikunto, dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Sanjaya, Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

A. Haryono, Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-27

Cara Mengutip

Natalia, Y. F. L. ., Anugrahana, A., & Zaini, E. (2021). Peningkatan Tanggung Jawab dan Keterampilan Proses IPA Melalui Model CTL Berbasis Daring Siswa Kelas IV SDN Cangkringan 1. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(8), 309-314. https://doi.org/10.52436/1.jpti.65