Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Online Siswa SD Di Masa Pandemi COVID-19 (Analisis Validitas Dan Reliabilitas Instrumen)

Penulis

  • Rochyani Lestiyanawati Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia
  • Nugroho Prasetya Adi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.59

Kata Kunci:

Persepsi Orang Tua, Pembelajaran Online, Pandemi Covid-19

Abstrak

Penyebaran virus covid-19 di Indonesia memberikan dampak yang signifikan, salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Dimana gelombang pembelajaran daring/ online sangat masif penyebaran nya. Perubahan proses pembelajaran dari tatap muka langsung menjadi daring/ online merupakan salah satu cara yang dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memutus penyebaran virus covid-19. Namun, belum siapnya sumber daya manusia untuk melaksanakan pembelajaran daring/ online di era pandemi memunculkan problematika baru. Salah satunya adalah faktor orang tua siswa, dimana kebanyakan orang tua siswa belum siap dan belum mampu sepenuhnya menggantikan peran guru pada proses pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survei yang dilakukan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument persepsi orang tua siswa, serta untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring/ online di era pandemi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket yang telah divalidasi, baik validasi isi, keterbacaan, maupun validasi empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen angket persepsi orang tua bernilai valid dan reliabel berdasarkan validasi isi oleh ahli, serta bernilai valid dan reliabel berdasarkan validasi empiris dengan bantuan program Quest.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Handarini, O. I. & Wulandari, S. S. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 2020. Vol 8, No 3. Pp 496-503

Cahyati, N. & Kusumah, R. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age. 2020. Vol 4, No. 1. Pp.152-159.

Anugrahana, A. “Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Vol 10, No. 3. Pp 282-289.

Khasanah, et al. “Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Sinestesia. 2020. Vol 10, No 1. pp 41-48.

Goldschmidt, K. & Msn, P. D. “The Covid-19 pandemic. Technology use to support the wellbeing of children”. Journal of Pediatric Nursing. 2020. Xxx, 3-5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013.

Herliandry, et al. “Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2020. Vol 22 No 1. pp 65-70.

Winingsih, E. “Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020”. 2020. Poskita.co: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalampembelajaran-jarak-jauh/ (Accessed, Juni 2021)

Lailiyatul, S., & Mariyana, F. “Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19”. Journal of Chilhood Education. 2020. Vol 4, No 2. Pp. 71-81.

Roshonah, A. F. et al. “Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah”. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. 2020. pp 1-8

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. 2012. Bandung: Alfabeta

Bashooir, K., & Supahar. “Validitas dan Reabilitas Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2018. Vol 22, No 2. Pp. 219-230.

Aiken, L. R. “Three Coefficient for Analyzing the Reability and Validity of Rating”. Jurnal Educational and Psycological Measurement. 1985. Vol 45, No1. pp 131-142.

Azwar, S. “Reabilitas dan Validitas (4th ed)”. 2012. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lawshe, C. H. “A Quantitative Approach to Content Validity”. Jurnal Personnel Psycology. 1975. Vol 28, No 4. pp 563-575.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. “Aplikasi Pemodelan RASCH pada Assesment Pendidikan”. 2015. Cimahi: Tim Komunikata Publishing House.

Retnawati, H. “Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir”. 2016. Yogyakarta: Parama Publishing.

Adi, N. P. & Faisal, V. I. A. “Development of PIAUD Science Learning Media (PSLM) Based on Wonosobo Local Wisdom”. 2021. In Proceeding of the 6th International Seminar on Science Education, Atlantis Press, pp. 648-654.

Adi, N. P. & Faisal, V. I. A. “Analisis Kelayakan Materi PIAUD Science Learning Media (PSLM) Berbasis Wonosobo Local Wisdom”. Jurnal Golden Age. 2020. Vol 4, No.1. pp 59-68.

Subali, B. & Suyata, P. “Pengembangan Instrumen Tes Konvergen dan Divergen: Penyelidikan Validitasnya Secara Empiris”. 2012. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-27

Cara Mengutip

Lestiyanawati, R., & Adi, N. P. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Online Siswa SD Di Masa Pandemi COVID-19 (Analisis Validitas Dan Reliabilitas Instrumen). Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(7), 275-279. https://doi.org/10.52436/1.jpti.59