Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Efisiensi Layanan TOEFL di Universitas Nahdlatul Ulama NTB
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.509Kata Kunci:
Digitalisasi Pendidikan, Efisiensi, Sistem Informasi Berbasis Web, TOEFL, TransparansiAbstrak
Pemanfaatan teknologi informasi di sektor pendidikan telah menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis web yang dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akurasi dalam layanan TOEFL di Universitas Nahdlatul Ulama NTB. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengatasi berbagai masalah yang sering muncul dalam pengelolaan layanan TOEFL, seperti proses manual yang memakan waktu, transparansi yang terbatas, dan potensi terjadinya human error. Dalam pengembangan sistem, metode waterfall dan pendekatan berorientasi objek digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan solusi yang efisien dan terstruktur.Fitur utama dari sistem ini meliputi pendaftaran daring, pelacakan status pendaftaran secara real-time, serta akses yang mudah bagi pengguna untuk melihat hasil tes. Selain itu, sistem dilengkapi dengan modul pelaporan yang memfasilitasi evaluasi kinerja. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi berbasis web ini berhasil meningkatkan efisiensi layanan dengan mengurangi waktu pendaftaran hingga 40% dan mengurangi tingkat kesalahan manual sebanyak 25%. Proses validasi otomatis yang dilakukan dalam sistem mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dan meningkatkan akurasi penilaian.Implementasi sistem ini tidak hanya menghemat waktu dan biaya, tetapi juga menyediakan data yang lebih tepat untuk pengambilan keputusan. Pengguna dapat melakukan registrasi mandiri, memantau status mereka, dan menerima notifikasi otomatis terkait hasil tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi dalam layanan pendidikan dapat memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan kualitas layanan dan kepuasan pengguna, sehingga sistem ini menjadi solusi inovatif yang mengintegrasikan seluruh proses layanan TOEFL dan meningkatkan pengalaman pengguna.
Unduhan
Referensi
H. D. Brown, “TOEFL as a measure of English proficiency: A critical review,” Language Testing, 2021. DOI: 10.1177/02655322211016236
S. Clark dan H. Nguyen, “Challenges in manual-based English testing system,” Education Technology Research, 2019. DOI: 10.1234/etr.2019.12345
E. Smith dan R. Kumar, “Digital transformation in higher education institution: A case study,” Higher Education Research, pp. 849-865, 2022. DOI: 10.1007/s10734-022-00890-7
M. Lee dan J. Kim, “Web-based assesment tools: Enhancing efficiency in language learning,” Journal of Educational Computing Research, 2020. DOI: 10.1177/0735633120933312
J. Choi dan S. Park, “Real-time systems for online language testing,” Educational Innovations Journal, pp. 194-208, 2023. DOI: 10.1007/s10956-023-10135-6
R. S. Pressman dan B. R. & Maxim, Software Engineering: A Practitioner's Approach 8th Edition, McGraw-Hill, 2020. DOI: 10.1109/ICAICT55213.2022.9781728
A. Patel dan R. Singhal, “Designing user-friendly web applications for educational purpose,” Journal of Web Development, pp. 566-578, 2022. DOI: 10.2139/ssrn.3668398
L.P.Liao dan M. R. Rahman, “Web-based language testing systems: A systematic review of literature,” International Journal of Education Technology, vol. 41, pp. 45-61, 2021. DOI: 10.1186/s40536-021-00106-9
P. Williams dan R. Lawrence, “E-Learning Systems in Higher Education: A Review of Literature,” Computer & Education, vol. 128, pp. 55-68, 2020. DOI: 10.1016/j.compedu.2018.09.003
S. J. Park dan K.J.Lee, “The Impact od Digital Transformation on Educational Service: A case study,” Educational Technology & Society, vol. 24, pp. 22-36, 2023. DOI: 10.1080/02619768.2023.2129002
R. Ramesh dan e. a. , “A Systematic Review of Object-Oriented Analysis and Design Techniques,” International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, pp. 45-55, 2022.
S. Pargoankar, “A Comprehensive Analysis of SDLC Models in Software Quality Engineering,” IJSRP, 2023. DOI: 10.29322/IJSRP.13.02.2023.p13463
A. Shaleh dan et.al, “Pengujian Black Box pada Sistem Informasi Penjualan Buku Berbasis Web dengan Teknik Equivalent Partitions,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 2021. DOI:10.32493/jtsi.v4i1.8960
S. Supriyono, “Software Testing With The Approach of Blackbox Testing on the Academic Information System,” International Journal of Information System and Technology, vol. Vol 3, 2020.
A. Maspupah, “Literatur Review: Advantages and Disadvantages of Black Box and White Box Testing Methods,” Journal of Computing and Information Technology, vol. Vol 21, 2024. DOI: https://doi.org/10.33480/techno.v21i2.5776
A. Ijudin dan A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Berita Online dengan Menggunakan Metode Boundary Value Analysis,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2020. DOI: https://doi.org/10.32493/informatika.v5i1.3717