Peningkatan Ketelitian dan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran PBL Secara Daring Siswa Kelas V SDN Cangkringan 1
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.44Kata Kunci:
ketelitian, keterampilan menulis, model pembelajaran PBLAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketelitian dan keterampilan menulis siswa kelas V SDN Cangkringan 1 dalam pembelajaran bahasa indonesia materi teks eksplanasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cangkringan 1 pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Kelas tersebut berjumlah 9 siswa yaitu 4 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring dapat meningkatkan ketelitian dan keterampilan menulis siswa kelas V SDN Cangkringan 1 dalam pembelajaran bahasa indonesia materi teks eksplanasi. Peningkatan ketelitian siswa dari kondisi awal rata-rata nilai 41,1 dengan kategori kurang teliti menjadi 75,5 dengan kategori teliti. Peningkatan terjadi juga pada variabel keterampilan menulis dari kondisi awal rata-rata nilai 59, meningkat menjadi 76,5. Sedangkan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara daring dilakukan melalui langkah berikut: 1) Orientasi peserta didik pada masalah, 2) Mengorganisasi peserta didik untuk belajar, 3) Memandu penyelidikan secara mandiri atau kelompok, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja, 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi google meet dan whatsapp.
Unduhan
Referensi
D. Nurjamal, dkk, Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta, 2011.
Z. Musaba, Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo, 2012.
R. Imron, Ayo Senang Menulis Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Media Pustaka, 2014.
D Nurjamal, W Sumirat, R Darwis, Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta, 2011.
E.T Priyatni, Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kuirikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya Pessindo, 2012.
S. Kurniasih, Strategi-strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2014.
A. Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2014.
N. Wedyawati dan Y. Lisa, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
A. F. Hidayat, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UP, 2013.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
W. Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, 2011.
F. Hikmawati, Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2017.
Saukardjo, Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY, 2018.
A. G. Chrisna, "Penggunaan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman, Ketelitian, dan Keterampilan Menulis
Deskripsi Siswa Kelas 1 SD", 3 September 2015. [Online]. Tersedia: https://repository.usd.ac.id/722/ [Diakses 10 Februari 2021].
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Fadila Priyanasari, Andri Anugrahana, Ehsan Zaini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.