Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter

Penulis

  • Mohammad Rudiyanto Program Pendidikan Studi Bahasa Inggris, FKIP
  • Ria Kasanova Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.43

Kata Kunci:

covid-19, pendidikan karakter

Abstrak

Wabah virus korona baru bernama  Covid-19 telah menewaskan banyak orang di hampir setiap negara di dunia. Peneliti meyakini virus tersebut berasal dari pasar tradisional di Wuhan, China. Pasar  tersebut menjual berbagai hewan segar dan lembab seperti kelelawar dan ikan, yang akhirnya menginfeksi manusia dengan virus. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi bahwa virus  Covid-19 menyebar melalui perilaku manusia ketika berbicara, bersin, dan batuk dari orang yang terinfeksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menyelidiki hubungan umum pengaruh covid terhadap perilaku karakter. Studi ini menemukan bahwa terdapat pengaruh  Covid-19 terhadap penggunaan pendidikan karakter. Kesimpulan ini dapat ditarik dari faktor-faktor yang mempengaruhi sebagian besar karakter yang ditemui selama wabah  Covid-19, seperti naluri, kebiasaan, kemauan, dan kebijaksanaan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. Mustikaningrum, L. Pramusinta, S. A. Muhtar Umar Buamona, E. Cahyadi, and W. Istiqomah, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19,” AULADUNA J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 7, no. 2, p. 154, Dec. 2020, doi: 10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020.

R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, Apr. 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, Apr. 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

A. M. Saifulloh and M. Darwis, “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19,” Bidayatuna J. Pendidik. Guru Mandrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 2, p. 285, Oct. 2020, doi: 10.36835/bidayatuna.v3i2.638.

R. Dwi Ariyanto, P. Studi Bimbingan dan Konseling, and U. Nusantara PGRI Kediri, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19: TANTANGAN DAN KONTRIBUSI Santy Andrianie Guruh Sukma Hanggara, vol. 1, no. 1. 2020.

D. Robandi and M. Mudjiran, “Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 3498–3502, Dec. 2020, doi: 10.31004/jptam.v4i3.878.

N. Jannah and K. Umam, “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19,” FALASIFA J. Stud. Keislam., vol. 12, no. 1, pp. 95–115, Mar. 2021, doi: 10.36835/falasifa.v12i1.460.

M. S. Mubin, “PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MASA PANDEMI,” J. REFORMA, vol. 9, no. 2, p. 114, Dec. 2020, doi: 10.30736/rf.v9i2.319.

I. P. Yoga Purandina and I. M. Astra Winaya, “Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 270–290, Jun. 2020, doi: 10.37329/cetta.v3i2.454.

Y. Karneli, “UPAYA GURU BK/KONSELOR UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING KREATIF DALAM BINGKAI MODIFIKASI KOGNITIF PERILAKU,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 18, no. 2, p. 32, Apr. 2019, doi: 10.24036/fip.100.v18i2.430.000-000.

L. N. Atiqoh, “RESPON ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19,” Thufuli J. Ilm. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, p. 45, Jul. 2020, doi: 10.33474/thufuli.v2i1.6925.

A. Abdusshomad, “Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam,” QALAMUNA J. Pendidikan, Sos. dan Agama, vol. 12, no. 2, 2020, doi: 10.37680/qalamuna.v12i2.407.

I. Wayan, E. Santika, P. Studi, P. Pancasila, and D. Kewarganegaraan, “Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring,” IVCEJ, vol. 3, no. 1, pp. 8–19, Aug. 2020, Accessed: May 26, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/27830.

P. Panoyo, Y. Riyanto, and W. Handayaningrum, “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 2, p. 111, Jan. 2020, doi: 10.21070/halaqa.v3i2.2714.

C. F. Pasani, E. Kusumawati, and D. Imanisa, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN SISWA,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, Dec. 2018, doi: 10.20527/edumat.v6i2.5682.

F. T. Nafisah and A. A. Zafi, “Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19,” Ta’allum J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.21274/taalum.2020.8.1.1-20.

J. Rihlah, U. Kamilah, and D. Shari, “Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19,” PAUD Lect. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 01, pp. 51–61, Sep. 2020, doi: 10.31849/paud-lectura.v4i01.4878.

M. Z. Ahmadi, H. Haris, and M. Akbal, “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah,” Phinisi Integr. Rev., vol. 3, no. 2, p. 305, Sep. 2020, doi: 10.26858/pir.v3i2.14971.

S. Islam, “KARAKTERISTIK PENDIDIKAN KARAKTER; MENJAWAB TANTANGAN MULTIDIMENSIONAL MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013,” EDURELIGIA; J. Pendidik. AGAMA Islam, vol. 1, no. 2, pp. 89–100, Feb. 2017, doi: 10.33650/edureligia.v1i2.50.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-28

Cara Mengutip

Rudiyanto, M., & Kasanova, R. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(5), 209-213. https://doi.org/10.52436/1.jpti.43

Terbitan

Bagian

Artikel