Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Moral Bagi Anak Bangsa

Penulis

  • Lisna Amelia Program Studi Perguruan Tinggi Selolah Dasar, Fakultas PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Program Studi Perguruan Tinggi Selolah Dasar, Fakultas PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.41

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam dengan mencari relevansi dan teori-teori mengenai implementasi nilai pancasila sebagai pendidikan moral bagi anak bangsa. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, perilaku moral anak bangsa merupakan salah satu hal yang sangat penting yang perlu ditingkatkan dan perlu untuk selalu mendapat perhatian. Dapat dilihat pada masa perkambangan teknologi yang semakin pesat dan banyaknya sebuah perubahan, krisisnya perkembangan moral anak bangsa semakin lama semakin buruk dan banyaknya kasus penyimpangan moral pada anak bangsa. Agar anak bangsa memiliki kepribadian yang mandiri, menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab, mampu mengenal nilai-nilai moral, memiliki komitmen moral terhadap perilaku yang konsisten dengan nilai-nilai moral serta memahami nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau pendekatan secara deskriptif dimana teori ataupun dasar pembahasannya diperoleh dari hasil studi kepustakaan dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan buku. Pendidikan moral mencakup pada pendekatan dan metode yang mengajarkan pada anak bangsa tentang pengetahuan, bersikap, keteramilan, keyakinan, dan tingkah laku moral yang baik, adil, benar, jujur, peduli terhadap sesama dan lain-lain

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Syaparuddin, S. Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 2019, pp 173-186.

Ibda, F., Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKN Dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah Didaktika, XII (2), 2012, pp. 338-347.

Gumilang, G. S., N.D., Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 2016, pp 144-159.

Damanhuri Damanhuri, F. A. B. W. H. L. I. N. R., Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal (UCEJ), 1(2), , 2016, Pp. 186.

Asmaroini, A. P. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 2016

Salimah, Krisis Moral Yang Dialami Anak Muda Di Era Milenial. Puspensos, 2020.

Ahmad Nawawi, Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Muda. Jurnal Insania, 16(2), 2011, pp. 131.

Daroeso, Bambang. Dasar Dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu, 1986.

Haricahyono, Cheppy. Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang: Ikip Semarang Press, 1995.

Ida Bagus Gede Bhaskara Manuaba, Y. K. H., Sosialisasi Moral Pada Anak-Anak Melalui Maplalian. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 2017

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-14

Cara Mengutip

Amelia, L., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Moral Bagi Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(5), 193 - 197. https://doi.org/10.52436/1.jpti.41

Terbitan

Bagian

Artikel