Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Kegiatan Kedisiplinan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.390Kata Kunci:
Kedisiplinan, Mutu, StrategiAbstrak
Sebagai lembaga pendidikan yang diakui, sekolah bertugas membantu siswa berkembang menjadi manusia unik dan meningkatkan potensi intelektualnya dalam upaya meningkatkan tingkat kecerdasan umum di negara tersebut. Kedudukan kepemimpinan kepala sekolah sangat penting dalam membantu mendampingi para staf dan guru. Kapasitas seorang administrator sekolah untuk menanamkan disiplin di antara para pengajar atau stafnya sangat penting dalam upaya meningkatkan standar pendidikan. Beberapa tantangan kedisiplinan antara lain adalah perbedaan pemahaman tentang konsep kedisiplinan, kurangnya konsistensi dalam penerapan aturan, serta kurangnya dukungan dan pengawasan yang memadai dari pihak kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan tindakan yang dilakukan kepala sekolah MA Plus Informatika El Jasmeen untuk meningkatkan standar kualitas guru dengan menegakkan disiplin. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus serta menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Analisis yang dilakukan peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mendeskripsikan hasil penelitian yang ada di lapangan. Wakil kepala sekolah, Tim pengembang madrasah, guru dan kepala sekolah termasuk di antara peserta penelitian. Studi ini menunjukkan bahwa MA Plus Informatika El Jasmeen berhasil menerapkan praktik manajemen peningkatan kualitas melalui disiplin yang dipimpin oleh kepala sekolah. Pendekatan disiplin guru fokus pada kebijakan dan komunikasi keputusan oleh kepala sekolah. Model PDCA digunakan dalam analisis hasil, menunjukkan bahwa total quality management dan disiplin guru secara positif memengaruhi kinerja guru. Kepala sekolah diharapkan terus menerapkan faktor-faktor ini untuk meningkatkan kinerja guru.
Unduhan
Referensi
D. Anggraini, “Upaya Peningkatan Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Melalui Pembinaan Indivindu,” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, vol. 10, no. 1, 2016.
S. F. N. Fitri, “Problematika kualitas pendidikan di indonesia,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1617–1620, 2021.
S. Asyari, “Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru,” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, vol. 2, no. 1, pp. 27–40, 2020, doi: 10.35719/jieman.v2i1.14.
D. Djumardin and W. Utari, “Peningkatan Disiplin Kerja Guru Di SMK Nusantara Balikpapan Kalimantan Timur,” Jurnal Manajerial Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 169–181, 2022, doi: 10.37504/jmb.v5i3.459.
M. Uriatman, “Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru,” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, vol. 9, no. 6, 2015.
N. Asiah, M. A. Tiro, and E. Apriyanti, “Strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di smks yapta takalar,” Jurnal Education and Development, vol. 9, no. 4, pp. 211–217, 2021, doi: 10.37081/ed.v9i4.3124.
J. L. Gaol and S. Sinaga, “Sosialisasi Disiplin Kerja dan Sikap Inovatif dengan Kinerja Guru SMA Negeri 14 Medan,” PKM Maju Uda, vol. 1, no. 1, pp. 25–30, 2020.
A. Nuryadin and A. Irwan, “Pengaruh Kedisiplinan, Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri Wilayah III Kecamatan Mambi di Sulawesi Barat,” Jurnal Online Manajemen ELPEI, vol. 3, no. 1, pp. 548–559, 2023, doi: 10.58191/jomel.v3i1.122.
I. Andesmiyanti and O. Juarsa, “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru,” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, vol. 13, no. 3, pp. 260–264, 2019, doi: 10.33369/mapen.v13i3.10175.
A. F. Wicaksono, “Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di SMK Taman Siswa 1 Imogiri Yogyakarta,” Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, vol. 3, no. 1, pp. 53–71, 2019.
R. K. Meirani, A. Supriyanto, and A. Imron, “Implementasi Total Quality Management melalui Penjaminan Mutu dan Pelibatan Stakeholder dalam Penyusunan Kurikulum SMK PK,” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 10, no. 2, pp. 115–131, 2023, doi: 10.24246/j.jk.2023.v10.i2.p115-131.
I. Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara, 2022.
A. Hambali and S. Andarini, “Formulasi strategi pengembangan bisnis menggunakan pendekatan business model canvas (BMC) dan SWOT analysis dalam upaya meningkatkan daya saing pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya,” Journal of Applied Business Administration, vol. 5, no. 2, pp. 131–142, 2021.
J. Purwohandoyo, B. T. Lubis, and O. F. Saputra, “Aplikasi Analisis Swot Kuantitatif Untuk Formulasi Strategi Pengembangan Pariwisata Perdesaan Di Kawasan Lereng Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta,” Jurnal Nasional Pariwisata, vol. 9, no. 1, pp. 66–81, 2020, doi: 10.22146/jnp.59458.
M. Mayasari, “Laporan Dan Evaluasi Penelitian,” ALACRITY: Journal of Education, pp. 30–38, 2021, doi: 10.52121/alacrity.v1i2.24.
E. Yusuf and A. Nata, “Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 01, 2023, doi: 10.30868/ei.v12i01.2868.
S. Hartati, “Evaluasi kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam nenerapkan konsep manajemen mutu, sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, pp. 13422–13433, 2022, doi: 10.31004/jpdk.v4i6.13559.
A. Alfiandrizal, Z. Sesmiarni, I. Devi, A. Syafitri, and A. M. Y. Simbolon, “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam,” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 2, pp. 14386–14397, 2023, doi: 10.31004/innovative.v3i2.2063.
Y. Setyaningrum, R. Rais, and E. S. Setianingsih, “Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, vol. 3, no. 3, pp. 520–526, 2020, doi: 10.23887/jippg.v3i3.29752.
L. Huriyah, “Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Peningkatan Mutu Layanan Publik UIN Sunan Ampel Surabaya,” Journal of Islamic Education Studies, vol. 1, no. 2, pp. 303–332, 2016.
E. T. Putra, C. S. Mantauv, and D. Melati, “Pengaruh Total Quality Management (TQM) dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja,” Jurnal Ekobistek, pp. 296–301, 2022, doi: 10.35134/ekobistek.v11i4.414.
D. A. Rahim, “Pengaruh Disiplin dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Total Quality Management (TQM) sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank BCA Kantor Cabang Bogor),” ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.24269/asset.v6i1.6833.
N. W. Powa, W. Tambunan, and M. Limbong, “Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Smk Santa Maria Jakarta,” Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 10, no. 2, pp. 100–111, 2021.
S. Hadi, “Model pengembangan mutu di lembaga pendidikan,” Pensa, vol. 2, no. 3, pp. 321–347, 2020.
D. Veronika, Z. Achmar, F. Salahuddin, and A. B. Citta, “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi Berbasis Total Quality Management Pada Politeknik Maritim AMI Makassar,” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 4, pp. 6331–6342, 2023, doi: 0.31004/innovative.v3i4.4182.
N. F. Islami, E. Oktrifianty, and I. Magdalena, “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar di SDN Cipondoh 1 Kota Tangerang,” EDISI, vol. 3, no. 3, pp. 500–518, 2021.
M. Mahfud, “Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru sma negeri se-kota bima,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, pp. 1–17, 2020, doi: 10.38035/jmpis.v2i1.359