Implementasi Augmented Reality Dalam Melakukan Display Produk Device Pada Marketplace Menggunakan Android
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.318Kata Kunci:
Augmented Reality, Device, Marker Based, MDLCAbstrak
Augmented Reality (AR) telah menjadi teknologi yang semakin populer dalam konteks pemasaran produk. Marketplace saat ini belum memiliki display produk yang ditampilkan untuk customer, dimana marketplace hanya menyediakan gambar produk yang tidak dapat diinteraksi oleh customer interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan solusi AR yang memungkinkan pengguna melihat display produk device secara interaktif dan realistis serta memberikan informasi device yang ingin dibeli customer melalui perangkat mobile. Berdasarkan hasil pertanyaan customer marketplace, penggunaan Augmented Reality sangat dibutuhkan pada marketplace. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan pengembangan Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking. Berdasarkan hasil uji coba black box testing disimpulkan bahwa fitur – fitur yang tersedia pada aplikasi berjalan dengan baik sehingga customer marketplace dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat display produk secara 3D. aplikasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai produk device yang akan dibeli sehingga customer dapat mengetahui informasi seputar spesifikasi atau kegunaan dari device tersebut sebelum dibeli oleh customer.
Unduhan
Referensi
E. K. Anggraeni, Elok Nur Fauziyah, Atikah Adawiyyah, and Paramitha Nerisafitra, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI ANDROID UNTUK MEMPERLIHATKAN PRODUK KAKTUS,” Explore IT!?: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, 2020, doi: 10.35891/explorit.v12i1.2032.
F. I. Dinillah, J. Gunawan, and P. Sinansari, “Penggunaan Augmented Reality dan Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Kosmetik Selama Pandemi Covid-19,” Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 10, no. 1, 2021, doi: 10.12962/j23373520.v10i1.60520.
A. T. Ramadhan and H. Hardianto, “PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN BARET TNI BERBASIS ANDROID,” IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, vol. 8, no. 2, 2021, doi: 10.22303/it.8.2.2020.199-209.
Y. Djamain, R. Cahyaningtyas, Luqman, I. G. Bagus, and V. Vidyasthana, “The Augmented Reality Dengan Marker Based Tracking Untuk Pengenalan Hidroponik”, PETIR: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika doi: 10.33322/petir.v16i1.1935.
J. P. Ashidik, S. Waluyo, and I. Susanti, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK PADA HAUS COFFEE,” SKANIKA, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.36080/skanika.v4i1.1936.
A. Moerhamsa, “Rancang Bangun Augmented Reality Untuk Website Penjualan Sepatu,” MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 2020, doi: 10.54367/means.v5i1.601.
A. Kurniawan, “DISPLAY PRODUK KAWASAKI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 3, no. 2, 2019, doi: 10.36040/jati.v3i2.848.
D. Mastuti, W. Lestari, and Hasbullah, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Augmented Reality Berbasis Android,” in Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 2021.
N. Bahiyah, P. Sokibi, and I. Muttaqin, “Aplikasi Pengenalan Produk Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Marker,” Jurnal Sistem Cerdas, vol. 03, no. 02, 2020.
A. Suharso, J. Haerul Jaman, and A. Mulyana, “Brosur Digital untuk Fitur Eksterior Produk Otomotif berbasis Markerless Augmented Reality,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 6, no. 1, 2020, doi: 10.54914/jtt.v6i1.237.
P. Adi and G. Permana, “Penerapan Metode TAM (Technology Acceptance Model) dalam Implementasi Sistem Informasi Bazzar Banjar.”
A. Nurseptaji, “IMPLEMENTASI METODE WATERFALL PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN,” Jurnal Dialektika Informatika (Detika), vol. 1, no. 2, pp. 49–57, May 2021, doi: 10.24176/detika.v1i2.6101.
Y. R. Sari and E. Nurmiati, “Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta),” vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.30743/infotekjar.v5i2.3349.