Arsitektur Rumah Limas Palembang Sebagai Warisan Budaya

Authors

  • Ahmad Zamhari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Imam Al Jundi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Helti Hepiani Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Dwi Agusutia Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Putri Nirwana Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.296

Keywords:

Palembang, Rumah Limas, Warisan Budaya

Abstract

Rumah Limas Palembang adalah rumah adat yang memiliki nilai filosofis yang tinggi. Dalam pembangunannya, rumah ini mengedepankan nilai-nilai religius, kearifan lokal, dan pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha. Rumah Limas bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai cerminan dari kehidupan sosial dan adat istiadat masyarakat Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk melacak jejak warisan budaya Rumah Limas Palembang dari masa lalu hingga masa kini serta menganalisis makna-makna yang terkait dengan rumah tradisional ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur Rumah Limas mencerminkan kebudayaan Palembang dalam berbagai aspek. Rumah Limas memiliki nilai-nilai filosofis, religius, dan simbol status sosial. Selain itu, rumah ini juga berperan dalam pelestarian identitas budaya dan penghormatan terhadap warisan nenek moyang. Rumah Limas memiliki keanggunan dalam desainnya dan dihiasi dengan ukiran dan hiasan bunga-bungaan. Nilai-nilai budaya dan kehidupan masyarakat Palembang tercermin dalam simbol-simbol yang terdapat dalam rumah ini. Rumah Limas juga memiliki alasan-alasan tertentu dalam pembangunannya, seperti mencegah serangan binatang buas, kondisi alam yang sering digenangi air, dan menjaga keserasian dan kesehatan penghuni rumah. Meskipun Rumah Limas Palembang telah mengalami transformasi seiring dengan perubahan zaman, upaya pelestarian rumah tradisional ini penting untuk menjaga identitas budaya dan menghargai warisan sejarah. Pelestarian dapat melibatkan pemerintah, masyarakat, dan lembaga budaya, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kekayaan budaya yang dimiliki. Rumah Limas Palembang memiliki nilai-nilai yang kaya dan mendalam, dan menjadi salah satu ciri khas kota Palembang yang patut dilestarikan untuk generasi mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Asmendo dan S. I. Ishar, “Studi Komparasi Tipologi Arsitektur Rumah Limas di Provinsi Lampung dengan Rumah Limas di Sumatera Selatan,” Jurnal Arsitektur, vol. 10, pp. 95-106, 2020.

F. Hidayad dan D. Kunian, “Makna Simnolik Ragam Hias Pada Rumah Limas Palembang,” Jurnal Pendidikan Seni dan Seni Budaya, vol. 5, 2020.

R. A. Hidayat, I. Fajri, Supriyanto dan Syarifudin, “Hierarki Pada Rumah Limas Palembang Hasyim Ning,” Journal Of Indonesian History, vol. 2, 2021.

R. Luciana dan E. Malihah, “Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Rumah Limas Di Sumatera Selatan,” IJSED, vol. 2, pp. 11-18, 2020.

Y. Pratama, “Rumah Limas: Refleksi Sejarah Akulturasi Kebudayaan Masyarakat Sumatera Selatan,” JHCJ, vol. 1, no. 1, 2019.

A. Rakhman dan Dharsono, “Arti Simbolik Dibalik Ornamen Rumah Limas Palembang”.

R. K. Sary, “Rumah Limas Palembang "Warisan Budaya Yang Hampir Punah",” vol. 5, no. 2, 2015.

T. Wulandari, “Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Rumah Limas Palembang,” 2018.

M. L. Tondi dan S. Y. Iryani, “Nilai dan Makna Kearifan Lokal Rumah Tradisional Limas Palembang Sebagai Kriteria Masyarakat Melayu,” Langkau Betang, vol. 5, no. 1, 2018.

R. Herlina, Somakim dan Y. Hartono, “Etnomatematika Dalam Budaya Rumah Adat Palembang”.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 2017

I. Indriani, M. R. Ratna dan A. Budioarto, “Pengaruh Gaya Arsitektur Melayu Pada Elemen Tampak Bangunan Rumah Limas Palembang,” Tesa Arsitektur, vol. 17, no. 1, 2019.

Published

2023-06-30

How to Cite

Zamhari, A. ., Al Jundi, I., Hepiani, H. ., Agusutia, D. ., & Nirwana, P. . (2023). Arsitektur Rumah Limas Palembang Sebagai Warisan Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(6), 241-247. https://doi.org/10.52436/1.jpti.296