Pengembangan Media Pop Up Book Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 SDN Wanasalam 1

Penulis

  • Wulandari Nur Islami Universitas Muhammadiyah Cirebon (Program Studi PGSD), Indonesia
  • Nugraha Permana Putra Universitas Muhammadiyah Cirebon (Program Studi PGSD), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.290

Kata Kunci:

IPS, Media Pembelajaran, pop Up Book, PPKn, Tema 7 Indahnya kergaman di Negeriku

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan pelajaran IPS dan PPKn yaitu minimnya penyampaian materi ajar dan penggunaan media pembelajaran terbatas pada gambar sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media Pop up book dan mengetahui kelayakan produk media Pop up book tema 7 subtema 2 pembelajaran 4. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan prosedur penelitian dan pengembangan dari Brog and Gall, karena kondisi yang tidak memugkinkan dalam penelitian langsung dilapangan dan keterbatasan waktu. Maka langkah-langkah tersebut disederhanakan menjadi 4 langkah pengembangan. Dengan langkah pengembangan, yaitu: 1) tahap pengumpulan informasi 2) tahap perencanaan produk 3) tahap pengembangan produk 4) tahap validasi ahli. Media pembelajaran pop up book ini divalidasi oleh validator ahli media dan validator ahli materi.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian media pembelajaran Pop Up Book ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut 1). pengembangan media Pop Up Book yang dirancang khusus tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku subtema 2 Indahnya Kergaman Budaya Negeriku Pembelajaran 4 dengan menggunakan pendekatan penelitian Brog and Gall dengan 4 tahap. 2). Kevalidan media Pop Up Book yang dinilai berdasarkan uji kevalidan yang dilakukan oleh validator, dengan rata-rata total ahli media 97,3% dalam kategori “sangat Valid” dan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 95,3% dalam kategori “Sangat Valid”. Dari hasil data di atas maka dapat ditarik keseimpulan media Pop Up Book pada tema 7 subtema 2 pembelajaran ke-4 memenuhi kriteria layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Tim Pengembangan MKDP, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Universitas Pendidikan Indonesia, 2012

A. Majid, and R. Chaerul, Pendidikan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

A. Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Handaruni, dkk., “Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponogoro”, JKTP, vol. 1, no. 3, September, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D, Bandung. Remaja Rosdakarya, 2011.

Sudaryono, Metode Penelitian dan pengembangan, Bandung: Alfabeta, 2017.

W. Sanjaya, Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013.

Sukmadinata, Metode penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

W. E. Putro, Tekni Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.

Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

D. Kurniawan, Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian), Bandung : ALFABETA, 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-14

Cara Mengutip

Islami, W. N. ., & Permana Putra, N. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 SDN Wanasalam 1. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(5), 215-221. https://doi.org/10.52436/1.jpti.290

Terbitan

Bagian

Artikel