Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal di Pusat Olahraga Orion Purwokerto Berbasis Android

Penulis

  • Ihsan Puntadewa Informatika, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Andika Rustam Informatika, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Yogiek Indra Kurniawan Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.195

Kata Kunci:

Aplikasi, Android , Futsal, Reservasi, SDLC, Waterfall

Abstrak

Reservasi tempat secara offline atau langsung mendatangi lokasi pemesanan bisa dibilang sudah tidak efektif. Selain menghabiskan waktu sehari-hari, orang-orang juga butuh tenaga ekstra untuk mendatangi lokasi penyewaan. Hal ini membuat proses reservasi menjadi kurang efektif dan efisien. Pada saat ini, Orion Sport Centre Purwokerto masih menggunakan metode konvensional dalam proses penyewaan lapangannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah sistem reservasi lapangan di Orion Purwokerto berbasis android agar proses reservasi menjadi lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur seperti pilih lapangan, pilih waktu bermain, upload bukti pembayaran, serta data riwayat transaksi. Hasil dari uji Blackbox menunjukan bahwa pada semua menu yang dibuat sudah menunjukan hasil valid atau seperti yang diharapkan pengembang aplikasi. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian User Acceptance Testing, didapatkan rata rata dari setiap pertanyaan sebesar 86.33% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik sehingga menunjukan bahwa aplikasi penyewaan lapangan Orion layak untuk digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

B. Informatika, I. Yuniva, and Y. Nur Ikhsan, “PERANCANGAN APLIKASI WEB PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL (STUDI KASUS?: SUMBER JAYA FUTSAL TANGERANG),” vol. 8, no. 1, p. 2020.

A. Penyewaan et al., “Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika,” vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i2.2412.

R. K. Pratama and F. Piliang, “Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web,” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 144–157, 2019, doi: 10.31326/sistek.v1i2.676.

S. Swastika, Herningtyas and F. Khasanah, Nidaul, “Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Pada Futsal Corner Menggunakan Metode Waterfall,” J. Mhs. Bina Insa., vol. 1 No.2, no. 2, pp. 251–266, 2017.

R. Akraman, C. Candiwan, and Y. Priyadi, “Pengukuran Kesadaran Keamanan Informasi Dan Privasi Pada Pengguna Smartphone Android Di Indonesia,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 8, no. 2, p. 1, 2018, doi: 10.21456/vol8iss2pp1-8.

M. Y. Rambe, M. R. Tanjung, and A. Saleh, “Perancangan Aplikasi Game Cat Volly Berbasis Android,” J. Mhs. Fak. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, pp. 769–780, 2020.

E. Maiyana, “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa,” J. Sains dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 54–65, 2018, doi: 10.22216/jsi.v4i1.3409.

A. Ismawari, B. Sitepu1, D. Yani, and H. Tanjung2, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan dan Penjualan Berbasis Web dan Android pada Toko YT. Wall Interior,” J. FTIK, vol. 1, no. 1, pp. 816–828, 2020, [Online]. Available: http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FTIK/article/view/927.

R. Oktafianus, H. N. Palit, and L. P. Dewi, “Aplikasi Sistem Reservasi Fasilitas Olahraga Berbasis Android,” Petra, vol. 5, no. 2, pp. 214–218, 2017, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/download/5808/5304.

A. Fatkhudin and D. Wicaksana, “Sistem informasi penyewaan lapangan pada melati futsal comal berbasis android,” vol. 6, no. 1, 2019.

A. Bogdan-Alexandru, C. Andrei-Cosmin, G. Sorin-Catalin, and B. Costin-Anton, “a Study on Using Waterfall and Agile Methods in Software Project Management,” J. Inf. Syst. Oper. Manag., pp. 125–135, 2019.

Y. Firmansyah and U. Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.26905/jtmi.v4i1.1605.

W. S. Dharmawan, D. Purwaningtias, and D. Risdiansyah, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, pp. 159–167, 2018, doi: 10.31294/khatulistiwa.v6i2.160.

L. Siregar, “Review Pengujian Keamanan Perangkat Lunak dalam Software Development Life Cycle (SDLC),” J. Appl. Sci. Electr. Eng. Comput. Technol., vol. 1, no. 3, pp. 1–11, 2020, doi: 10.30871/aseect.v1i3.2380.

H. Eka Kartikawati and S. Chendra Wibawa, “Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Metode Q & a Menggunakan Aplikasi Crossword Puzzle Game Terhadap Penerimaan Pembelajaran Mahasiswa Dengan User Acceptance Test,” pp. 307–316, 2020.

N. Hasanah and M. N. Indriawan, “Rangcangan Aplikasi Batam Travel Menggunakan Metode Software Development Life Cycle (SDLC),” Conf. Manag. Business, Innov. Educ. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 925–938, 2021.

Y. I. Kurniawan and A. F. S. Kusuma, “Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Salat Bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 7–14, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202182182.

A. Ahmad and Y. I. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 101–108, 2020, doi: https://doi.org/10.20884/1.jutif.2020.1.2.14.

Y. I. Kurniawan and M. F. Rivaldi, “Game Edukasi Pengenalan dan Pembelajaran Berhitung untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 47–59, 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i1.4354.

Y. I. Kurniawan, D. P. Paramesvari, and W. H. Purnomo, “Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Penelit. Inov., vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2021, doi: 10.54082/jupin.6.

F. Y. Al Irsyadi, L. D. Susanti, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 2 di Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 43–54, 2021, doi: 10.54082/jiki.7.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Puntadewa, I., Rustam, A., & Kurniawan, Y. I. (2022). Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal di Pusat Olahraga Orion Purwokerto Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(7), 311-328. https://doi.org/10.52436/1.jpti.195