Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4

Penulis

  • Ani Nur Aeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Anissa Nur Nofriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Irsa Ayuni Fauziah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Irgi Ahmad Fauzi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.183

Kata Kunci:

Animasi, Islam, Renderforest

Abstrak

Perkembangan zaman di era teknologi saat ini membuat sebagian besar anak – anak yang duduk di Sekolah Dasar lebih tertarik menonton cerita edukasi di smartphone ketimbang membaca sebuah cerita dibuku. Maka dari itu menjadi sebuah tantangan bagi tenaga pendidik dalam membuat video pembelajaran berbasis teknologi. Kurangnya pemahaman tenaga pendidik pada teknologi membuat media pembelajaran kurang menarik sehingga motivasi anak akan menurun. Penelitian ini membantu para pendidik dalam membuat media pembelajaran berbentuk video animasi edukasi melalui aplikasi Renderforest agar terciptanya pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini mengunakan model Design and Development (D&D) yang dimana penelitian ini untuk mengetahui desain dan pengembangan media pembelajaran. Penilitian juga menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket di SDN Nagreg 05 khususnya kelas IV. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut hasil respon siswa pada produk video animasi ini dari rata-rata keseluruhan respons subjek coba diperluas adalah 34,1 dengan kategori “Sangat Baik “. Kemudian, dari hasil Uji coba respons guru di perluas pada penggunaan media video animasi dalam pembelajaran dikategori “Sangat Baik”. Dan terakhir Data Hasil penilaian kelayakan produk media video animasi oleh ahli materi mendapat skor total 65 dengan kategori “Sangat Baik”. Media pembelajaran berupa video animasi berbasis aplikasi Renderforest dikatagorikan sangatlah baik dapat membantu para pendidik dalam mengajar dan juga meningkatkan motivasi belajar siswa dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. A. Maulana, "Pengembangan media pembelajaran Culture View Virtual Reality untuk mata pelajaran IPS pada pokok bahasan keragaman Etnik dan Budaya: Studi Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Metode Design and Development," S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2017.

H. Y. Mutiara and S. I. Lubis, "Pengaruh Blended Learning Berbasis aplikasi Renderforest dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa MAS Yaspi Labuhan Deli," in Jurnal Education and development, vol.9, no.4, pp 123-127, 2021.

A. M. Iqbal, N. E. Hayawati, N. Azizah, K. Kasnun, and V. P. Cahyani, " Video Animasi 3-D sebagai Sarana Berpikir Konkret Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Pesawat Sederhana," PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, vol. 1, no. 1, pp. 134-142, dec. 2021.

E. Timothy, J. and Y. Levy, "A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods," In Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE), Vol.10, pp. 107-118, 2010, doi: 10.28945/1237.

W. Umi and B. Kartowagiran, "Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Siswa Sekolah Dasar," in Jurnal Pendidikan Karakter, vol 6, no. 2, pp. 232-245, 2016.

S. Heny and A. V. Zubaidah, "Uji Validitas Pengembangann Media Pembelajaran Video Berbasis Pendekatan Kontekstual Dengan Menggunakan Renderforest," Prosiding SNasPPM, Vol. 5, No. 2, 2021.

R. Ilmiyatur, S. Imamah, and A. Madjid, "Optimalisasi Aplikasi Renderforest Sebagai Media Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MTSN Pasuruan Kota Pasuruan, OSF Preprints, 2021, doi: 10.31219/osf.io/tfcr9.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

Nur Aeni , A., Nur Nofriani, A., Ayuni Fauziah , I. ., & Ahmad Fauzi , I. . (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 279-287. https://doi.org/10.52436/1.jpti.183