Pengembangan Video BM21 (Bersosial Media Yang Baik Menurut Islam) untuk Meningkatkan Pengetahuan di Kalangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.172Kata Kunci:
Pengetahuan, Teknologi, Video AnimasiAbstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia berkembang pesat. Salah satunya adalah dengan media pembelajaran berupa video animasi. Video animasi merupakan perpaduan antara media audio dan visual yang menarik perhatian mahasiswa dan dapat menyajikan objek secara detail untuk membantu mereka memahami pelajaran yang sulit. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan untuk menggali, memahami, dan menggambarkan suatu obyek penelitian dengan cara deskriptif berupa kata- kata dan bahasa. Teknik pengumpulan data dapat penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner yang disebarkan kepada mahasiswa/mahasiswi aktif yang beragama Islam seabanyak 33 orang dan berasal dari universitas yang berbeda-beda di wilayah Sumedang. Uji produk oleh kalangan mahasiswa dengan hasil 100% menyatakan perlu untuk teknologi yang sangat diperlukan untuk memberi tahu cara berosial media yang baik menurut islam. Dan dikuatkan juga oleh 99,97% respondem bahwa pemanfaatan video animasi ini efektif untuk memberi tahu bagaimana cara bersosial media yang baik menurut islam. 96,97% dari data yang kami dapat bahwa setelah menonton video animasi yang dibuat, dapat bermanfaat dan juga menambah pengetahuan pada responden.
Unduhan
Referensi
T. Liedfray, “Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara,” Jurnal Ilmiah Society, Vol. 2 No. 1, 2022, https://jurnal.nusaputra.ac.id/rekayasa/uploads/paper/d815c-edisi-vi-jurnal-rekayasateknologinusaputra-muhamad-muslih.pdf
J. Juminem, “Adab Bersosial Media Dalam Pandangan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam,” vol. 6, no. 1, 2019, doi: 10.32678/geneologipai.v6i1.1799
S. Maulani, N. Nuraisyah, D. Zarina, I. Velinda, A. N. Aeni, “Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 539-546, doi: 10.52436/1.jpti.134
L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (1st ed.). Alfabeta CV, 2016
M. Kaniawati dkk, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book dalam Pengenalan Huruf Siswa Kelas I Sekolah Dasar,” Jurnal Of Multilitcracies, https://ejournal.multiliterasi.com/index.php/journal-multiliterasi
J. T. Ellis and Y. Levy, “A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods,” Proceedings of Informing Science & IT Education Conference (InSITE), 2010.
G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 2, no. 1, 2017, https://media.neliti.com/media/publications/101354-ID-penerapan-metode-waterfall-pada-desain-s.pdf