Penggunaan Thik-Pair-Share untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Waled
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.169Kata Kunci:
Introducing, Pair, Share, thinkAbstrak
Pembelajaran Bahasa Inggris dalam praktiknya memiliki empat keterampilan berupa keterampilan berbicara, kemampuan menulis, kemempuan membaca, dan kemampuan menyimak. Keterampilan menulis merupakan bentuk tranformasi dari pemikiran yang dimiliki seseorang ke dalam sebuah bentu bahasa. Dalam kegiatan menulis, ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan, seperti menyusun kalimat, menusun paragraf, dan menyusun wacana. Akan, tetapi, siswa akan merasa bosan jika guru selalu menggunakan metode yang sama dalam penyampaian pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam manulis teks Bahasa Inggris, mengembangkan metiode pembelajaran, dan membantu siswa agar aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan metode think-pair-share di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Waled, Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I dan siklus II sama-sama menggunakan langkah-langkah persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum menerapkan metode think-pair-share pada siklus I dan II, sebelumnya telah dilaksanakan pembelajaran dengan metode yang biasa dilakukan untuk menjadi acuan dalam penerapan metode penelitian tindakan kelas ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebelum di gunakannya metode think-pair-share pada pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi menulis E-mail nilai rata-rata siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Waled sebesar 64 dengan persentase ketuntasan hanya 13,15% dari total 38 siswa di kelas tersebut. Namun setelah dilakukan tindakan Siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73% dengan persentase ketuntasan 57,89%. Pada Siklus I peningkatan masih belum signifikan, akhirnya dilakukan tindakan Siklus II dengan kembali mengalami kenikan pada nilai rata-rata menjadi 80,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,47%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam manulis teks Bahasa Inggris, mengembangkan metiode pembelajaran, dan membantu siswa agar aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan metode think-pair-share di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Waled, Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I dan siklus II sama-sama menggunakan langkah-langkah persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum menerapkan metode think-pair-share pada siklus I dan II, sebelumnya telah dilaksanakan pembelajaran dengan metode yang biasa dilakukan untuk menjadi acuan dalam penerapan metode penelitian tindakan kelas ini.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebelum di gunakannya metode think-pair-share pada pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi menulis E-mail nilai rata-rata siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Waled sebesar 64 dengan persentase ketuntasan hanya 13,15% dari total 38 siswa di kelas tersebut. Namun setelah dilakukan tindakan Siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73% dengan persentase ketuntasan 57,89%. Pada Siklus I peningkatan masih belum signifikan, akhirnya dilakukan tindakan Siklus II dengan kembali mengalami kenikan pada nilai rata-rata menjadi 80,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,47%.
Unduhan
Referensi
N. P. Lindawati, R. Asriyani, and I. W. A. Anggayana, “Model Kooperatif Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dialog Bahasa Inggris Mahasiswa Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia,” LITERA J. Litera Bhs. Dan Sastra, vol. 4, no. 1, 2019.
A. Susanto, “Teori belajar dan pembelajaran,” Jakarta Prenadamedia Gr., 2013.
Rusman, Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada, 2011.
N. A. Lubis and H. Harahap, “Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw,” J. As-Salam, vol. 1, no. 1, pp. 96–102, 2016.
J. M. Asmani, Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press, 2016.
S. Akhiruddin, H. Atmowardoyo, and H. Nurhikmah, “Belajar dan Pembelajaran,” Gowa Cahaya Bintang Cemerlang, 2019.
A. Ahdar and W. Wardana, “Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.” CV. Kaaffah Learning Center, 2019.
A. M. Husein and R. K. Dewi, “Peningkatan Kemampuan Pragmatis Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Guru di MTs. Jauharul Ulum Desa Locancang Panarukan Situbondo,” Dedication J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 39–44, 2019.
M. Mualimin and R. A. H. Cahyadi, “Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik,” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2014.
N. Kurniawan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish, 2017.
D. R. H. W. Sanjaya, Penelitian tindakan kelas. Prenada Media, 2016.
N. Hasnunidah, “Metodologi Penelitian Pendidikan,” Yogyakarta media Akad., 2017.