Penggunaan Aplikasi Jafian untuk Meneladani Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar

Penulis

  • Delia Oktavia Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Siti Annisa Nurhayati Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Windi Gustiani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.168

Kata Kunci:

Aplikasi, Islam, Kepemimpinan, Khulafaur Rasyidin

Abstrak

Saat ini, sejarah keislaman khususnya mengenai kepemimpinan sahabat Nabi atau Khulafaur Rasyidin sudah terdengar asing di telinga siswa Sekolah Dasar. Mereka tidak akan mempelajari materi tersebut terkecuali saat bersekolah. Namun, pada pembelajaran di sekolah penyampaian materi tersebut sering dibawakan dengan metode ceramah, padahal alangkah baiknya jika guru bisa memilih media yang cocok dalam menyampaikan materi tersebut, bahkan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Oleh karena itu, diadakannya penelitian ini bertujuan agar mengetahui kelayakan menggunakan aplikasi Jafian dalam pelajaran PAI kelas 6 Sekolah Dasar pada materi kepemimpinan dalam mengambil tema tokoh Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini menggunakan metode D&D tahapannya yaitu mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi serta penyebaran angket melalui google form. Teknik analisisnya menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi Jafian dapat digunakan dalam pembelajaran PAI pada materi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya komentar dari guru sebanyak 84% dalam kategori baik serta komentar dari siswa sebanyak 90,3% dalam kategori sangat baik. Dengan adanya aplikasi Jafian, diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar dan meneladani kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Nasution, “Rasulullah SAW sebagai Shahibu ad-Dakwah (Analisis Sejarah Dakwah pada Masa Rasulullah SAW),” HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, vol. 7, no. 1, pp 136–156, 2013.

A. I. Rianawati, S. M. Lestari, E. Yuningsih, C. Amelia, and A. Nuraeni, “Penyuluhan Meneladani Gaya Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin,” Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 10–125, 2022.

N. Aminah, “Pola Pendidikan Islam Periode Khulafaur Rasyidin,” Jurnal Tarbiya, vol. 1, no. 1, pp. 31–46, 2015.

A. N. Aeni, Pembelajaran Nilai Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI Press, 2014.

A. N. Aeni, “Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam,” Mimbar Sekolah Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 50–58, 2014, doi: 10.17509/mimbar-sd.v1i1.863.

B. K. Sari, “Edugame Sejarah Islam Pada Masa Pemerintahan Khulafaurrasyidin Berbasis Multi Platform,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

H. Hifza, M. Suhardi, A. Aslan, and S. Ekasari, “Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Perspektif Interdisipliner,” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5 no. 1, pp. 46-61, 2020, doi: 10.31538/ndh.v5i1.518.

L. Muhayanah, “Kepemimpinan Islam dalam Permasalahan Pendidikan Era Milenial,” Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum, dan Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 183-198, 2020.

C. Mahardika, and A. A. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar,” JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 1, no 1, pp 39–50, 2021, doi: 10.51574/judikdas.v1i1.184.

M. I. Ammatulloh, N. Permana, R. Firmansya, L. N. Sha’adah, Z. I. Izzatunnis, and D. I. Muthaqin, “Civics Caring Apps: Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 8, pp. 1408–1419, 2021, doi: 10.36418/japendi.v2i8.266.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-28

Cara Mengutip

Oktavia, D., Nurhayati, S. A., Gustiani, W., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Aplikasi Jafian untuk Meneladani Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(5), 209-217. https://doi.org/10.52436/1.jpti.168

Terbitan

Bagian

Artikel