Metode Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Waled

Penulis

  • Sri Junaeni SMAN 1 Waled, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.164

Kata Kunci:

Game, Metabolisme, Pembelajaran

Abstrak

Dalam pembelajar sudah seharusnya guru melakukan berbagai inovasi agar siswa tidak mengalami kejenuhan dalam pembelajaran di kelas, satu diantaranya adalah penggunaan metode pembelajaran. Banyak guru yang masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa kurang motivasi dalam belajar karena penyampaian materi yang hanya satu arah. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode Team Game Tournament dalam pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran Team Game Tournament merupakan sebuah metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam melakukan evaluasi hasil belajar siswa diakhir pembelajaran dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dengan anggota 3 sampai 5 siswa yang berbeda tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan latar belakangnya, kemudian siswa akan diarahkan untuk bekerja sama dalam kelompoknya. Dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar pada materi metabolisme dengan menggunakan Metode Team Game Tournament di SMA Negeri 1 Waled. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan menggunakan observasi dan tes secara tertulis serta permainan dalam Team Game Tournament sebagai metode pengumpulan data. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi di tiap siklusnya. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Waled yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan tingkat keberhasilan dalam penggunaan metode Team Game Tournament pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 75 dengan peresntase ketuntasan 51,6%; dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84 dengan presentase ketuntasan 90%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Rusman, Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada, 2011.

P. S. Rahmat, Strategi Belajar Mengajar. Pt. Scopindo Media Pustaka, 2019.

M. A. Setiawan, Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, 2017.

M. Z. Rosyid, M. Mansyur, S. IP, and A. R. Abdullah, Prestasi belajar. Literasi Nusantara, 2019.

M. Usman, Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan:: Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Deepublish, 2015.

R. Widhiastuti and F. Fachrurrozie, “Teams Games Tournament (Tgt) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar,” Din. Pendidik., vol. 9, no. 1, 2014.

N. Hasnunidah, “Metodologi Penelitian Pendidikan,” Yogyakarta media Akad., 2017.

D. Arikunto, Suharsimi, “Penelitian Tindakan Kelas,” Jakarta PT. Bumi Aksara, 2008.

Mu’alimin and R. A. H. Cahyadi, “Penelitian Tindakan Kelas Tori dan Praktik,” pp. 1–87, 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-25

Cara Mengutip

Junaeni, S. (2022). Metode Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Waled. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(4), 163-170. https://doi.org/10.52436/1.jpti.164