Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-IPS4 SMAN 1 Dukupuntang
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.156Kata Kunci:
Ekonomi, Make a Match, PembelajaranAbstrak
Dalam pembelajaran ekonomi di sekolah menengah atas masih ditemukan beberapa hambatan. Satu diantaranya yaitu penggunaan metode pembelajaran yang tetap (metode ceramah) menjadi kendala bagi peningkatan prestasi siswa. Dengan menggunakan metode yang tetap maka pengajaran menjadi kurang variatif dan menyebabkan peserta didik jenuh dalam proses belajar mengajar. Akibatnya, peserta didik kurang memahami apa yang telah mereka pelajari di kelas. Hal ini berpengaruh pada perkembangan prestasi peserta didik. Maka dari itu, diperlukan metode dan media pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi tersebut. Dengan harapan setelah diterapkannya metode dan media pembelajaran itu akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik, diantaranya ada model pembelaajran make a match. Berdasarkan pada uraian diatas maka penelitian ini akan difokuskan pada Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Kebutuhan Manusia Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Dukupuntang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan observasi, pengukuran hasil belajar, dan hasil catatan lapangan. Data yang digunakan merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari dua siklus yang diterapkan, dapat menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran make a match mampu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasilnya dapat dilihat dari peningkatan hasil pre test ke post test. Ada beberapa saran dari penelitian ini yang dapat digunakan untuk menjadi pertimbangan dalam menggunakan pembelajaran make a match untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Unduhan
Referensi
A. Suhaenah Suparno, “Membangun Kompetensi Belajar,” Jakarta Dirjen Pendidik. Tinggi Depdiknas, 2001.
O. Hamalik, “Proses belajar mengajar,” 2001.
A. Suprijono, Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar, 2009.
A. Lie, Cooperative Learning (Cover Baru). Grasindo, 2002.
Rusman, Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada, 2011.
W. Suyatno and B. Nurgiyantoro, “Menjelajah pembelajaran inovatif,” Masmedia Buana Pustaka. Sidoarjo, 2009.
dkk Sukwiaty, “Pengertian Ilmu Ekonomi - Kelas Pintar,” Jakarta: Rineka Cipta, 2009. https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/pengertian-ilmu-ekonomi-2179/
N. Sudjana, “Penilaian hasil dan proses belajar mengajar,” Bandung: rosda karya, vol. 180, 2011.
W. Sanjaya, Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana, 2015.
D. Sukidin and D. Suranto, “Manajemen Penelitian Tindakan Kelas,” Jakarta Insa. Cendekia, vol. 10, 2002.
D. Arikunto, Suharsimi, “Penelitian Tindakan Kelas,” Jakarta PT. Bumi Aksara, 2008.
A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,” Jakarta: Rineka Cipta, pp. 120–123, 2006.