Pengaruh Integrasi Modul Gamelan dalam Pembelajaran “Supervisor Development Program” terhadap Hasil Belajar Supervisor di Pusdiklat PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1407Kata Kunci:
Integrasi, Modul Gamelan, Hasil Belajar, supervisorAbstrak
Pelatihan kepemimpinan memerlukan strategi inovatif agar mampu meningkatkan kompetensi peserta secara optimal. Integrasi kearifan lokal dalam modul pelatihan dipandang relevan untuk memperkuat keterlibatan peserta sekaligus menjaga identitas budaya. Penelitian ini berangkat dari permasalahan kurangnya variasi pendekatan kontekstual dalam Supervisor Development Program di Pusdiklat Krakatau Steel, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas integrasi gamelan sebagai kearifan lokal dalam meningkatkan hasil belajar peserta pelatihan. Penelitian menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain pretest–posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari 44 peserta yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen (dengan modul gamelan) dan kelompok kontrol (tanpa gamelan), masing-masing berjumlah 22 orang. Instrumen berupa tes hasil belajar dengan skala 0–100. Analisis data dilakukan dengan uji-t berpasangan, uji-t independen, dan perhitungan ukuran efek (Cohen’s d). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kelompok eksperimen maupun kontrol mengalami peningkatan signifikan dari pretest ke posttest (p < 0,001). Namun, skor posttest kelompok eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibanding kontrol (t = 4,27; p < 0,001). Perhitungan ukuran efek menghasilkan Cohen’s d = 1,28, yang termasuk kategori besar. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa integrasi gamelan sebagai kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta Supervisor Development Program dengan pengaruh yang kuat. Temuan ini merekomendasikan penerapan kearifan lokal dalam desain pelatihan sebagai strategi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan industri maupun pendidikan vokasi.
Unduhan
Referensi
M. A. Subroto, H. F. D. W. Y. Adiguna, dan T. M. Hidayat, "Relevansi Pelatihan Kepemimpinan Dalam Organisasi Pendidikan Dengan Kebutuhan di Era Modern," Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi, vol. 16, no. 1, pp. 29–38, 2024
M. Setyawan, S. Susilowati, dan S. Suharyanto, "Tantangan Kepemimpinan Pendidikan Di Era Revolusi INDUSTRI 4.0," Jurnal Administrasi Pendidikan, vol. 18, no. 1, pp. 1–15, 2023
H. A. A. N. Dwi Putra dan S. E. I. S. S. Adiwibowo, "Kepemimpinan Digital, Manajemen Inovasi dan Daya Saing di Era Revolusi Industri 4.0: Peran Mediasi dari Quality Management," Jurnal Manajemen Bisnis Terapan, vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2022
A. N. V. Sari, "Strategi Peningkatan Efektifitas Pelatihan Kepemimpinan: Telaah Teoretis dan Empiris," Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 88–101, 2023
D. A. Saputra, "Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kinerja Kewirausahaan Berdasarkan Kearifan Lokal di Pesantren," Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 9, no. 3, pp. 2450–2460, 2023.
R. P. Erawati, "Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah," Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2022..
E. Sulistyaningrum, "Pelaksanaan Budaya Organisasi Dan Pendekatan Kepemimpinan Terhadap Meningkatkan Produktivitas Karyawan," Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ekonomi Bisnis Terapan, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2022
B. K. Putra dan M. H. Sari, "Pentingnya Pelatihan Keterampilan Abad 21 dalam Mengembangkan Potensi Karyawan di Era Industri Modern," Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, vol. 15, no. 1, pp. 32–45, 2024
M. Z. Abidin, "Praktik Bermain Gamelan Jawa Sebagai Upaya Pengembangan Pendidikan Apresiasi Musik Tradisional di SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarta," Jurnal Pendidikan Seni dan Bahasa, vol. 12, no. 2, pp. 123–135, 2023
A. R. Susanto, "Pengamatan Peran Gamelan dalam Pembentukan Perilaku dan Pengembangan Kemampuan Dasar Anak Usia Prasek," Jurnal Psikologi Anak, vol. 5, no. 1, pp. 22–30, 2022
S. Widodo, "Pengembangan Media Gamelan Digital untuk Pembentukkan Karakter 5T pada Siswa," Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 8, no. 2, pp. 150–165, 2023
M. Wibowo, "mendidik karakter anak dengan media kesenian karawitan," Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 55–68, 2022
H. P. A. B. Purwanto, "Learning and Transfer of Training: a Quasi-Experiment with Longitudinal Design," Journal of Training and Development, vol. 12, no. 1, pp. 1–15, 2024
M. C. J. Santoso, "The Effectiveness of Basic Life Support Training Program for Knowledge and Skills of Primary School Teachers: A Quasi-experimental Study," Journal of Health Sciences, vol. 15, no. 2, pp. 45–58, 2023
R. A. F. Syahputra, "Effectiveness of a standard clinical training program in new graduate nurses' competencies in Vietnam: A quasi-experimental longitudinal study with a difference-in-differences design," Journal of Nursing Research, vol. 22, no. 3, pp. 201–215, 2024










