Upaya Pemanfaatan Fasilitas Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Muhammad Nuzli Dosen Tetap, Program Studi PAI IAI SMQ Bangko, Indonesia
  • Pitonah Ismiah Mahasiswa Program Studi PAI IAI SMQ Bangko, Indonesia
  • Sri Wahyuni Mahasiswa Program Studi PAI IAI SMQ Bangko, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.140

Kata Kunci:

Fasilitas Teknologi Pendidikan, Kinerja Guru PAI

Abstrak

Upaya pemanfaatan fasilitas pembelajaran yang digunakan seorang guru di lembaga pendidikan guna meningkatkan kinerja guru merupakan hasil kerja yang telah dan akan di capai seorang guru melalui suatu lembaga pendidikan baik secara umum maupun sebaliknya dan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dari seorang guru, sehingga siswa memahami kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Temuan awal peneliti pada siswa kelas IV di SDIT Nurul Balad Desa Mentawak sebelum masuk dalam proses penelitian ditemukan bahwa peserta didik di Kelas IV ini masih banyak yang kurang memahami materi pembelajaran dan beberapa siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran PAI dan proses pembelajaran terkesan sudah terbiasa dengan kegiatan belajar mengajar yang monoton pada aktivitas guru dan masih minim pemanfaatan fasilitas teknologi dalam pembelajaran guna sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan tentang upaya pemanfaatan fasilitas teknologi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru PAI dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta data yang diperoleh dianalisis melalui menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang temukan bahwa kinerja seorang guru PAI pada siswa Kelas IV di SDIT Nurul Balad Desa Mentawak dalam menggunakan fasilitas teknologi dalam pembelajaran sudah digunakan, akan tetapi belum dilakukan kepada peserta didik secara maksimal. Seperti ada kendala dari fasilitas yang di berikan sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan upaya persiapan yang dilakukan guru dalam memfasilitasi siswa kelas IV dalam proses pembelajaran PAI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Nurdiansyah, Inovasi Teknologi Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia LC, 2015.

M. Nuzli, Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran, Makassar: Penerbit Yayasan Barcode, 2021.

E. Siregar, Pelangi Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004.

Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

M. Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta., 2009.

L. Perdana, Ayu, Suharni, “Analisis Adopsi Inovasi Teknologi Informasi Menggunakan Innovation and Diffusion Theory (IDT)Pada PPDB Online SMKN 3 Gowa,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), vol. 1, p. 270, 2021.

A. Jasmani, M. Syaifu, Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Medi, 2013.

N. Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nopriza, Interviewee, Guru Pendidikan Agama Islam SDIT Nurul Balad. [Wawancara]. 5 May 2021.

Rapiqoh, Interviewee, Wali Kelas IV SD IT Nurul Balad. [Wawancara]. 5 May 2021.

A. Kholik, Interviewee, Ketua Yayasan Nurul Balad. [Wawancara]. 4 May 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-24

Cara Mengutip

Nuzli, M., Ismiah, P., & Wahyuni, S. (2022). Upaya Pemanfaatan Fasilitas Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(3), 101-108. https://doi.org/10.52436/1.jpti.140