Implementasi Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.127Kata Kunci:
Implementasi, Karakter, Pembelajaran TerpaduAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai strategi yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan karakter siswa dalam pembelajaran terpadu di sekolah dasar penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan angket survey. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan subjek guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Kualitatif yaitu mendeskripsikan, menguraikan, serta menggambarkan upaya guru dalam melaksanakan implementasi karakter siswa dalam pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui survey kuesioner yang disebarluaskan kepada beberapa guru di sekolah dasar. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah survey kuesioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah baik dalam memahami pembelajaran terpadu dan karakteristik dari peserta didik yang diwujudkan dalam pengimplementasian dari pembelajaran terpadu terhadap karakteristik peserta didik, baik melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan, budaya sekolah, dan lain-lain.
Unduhan
Referensi
D. Salma, “Manajemen Majelis Taklim Sebagai Wadah Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pendidikan Karakter (Studi Terhadap Model Pengelolaan Majelis Taklim Di Sulawesi Utara),” vol. 22, no. 2, pp. 184–206, 2009.
N. Sari, “Guru yang Berwawasan Luas menjadi Pembentuk Karakter Peserta Didik,” Osfpreprints, pp. 1–6, 2021.
Y. Z. Ansori, “Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 6, no. 1, pp. 177–186, 2020. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/308/202.
N. Istiqomah, "Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara Implikasinya Terhadap Karakter Disiplin Belajar Siswa", vol. 9. 2015.
M. Anisa, “Analisis Metode Kepramukaan Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka,” Jakarta FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54673.
Y. Z. Ansori, “Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar,” J. Educ., vol. 7, no. 3, pp. 599–605, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i3.1120.
Y. Z. Ansori, “Menumbuhkan Karakter Baik Melalui Peranan Guru Di Sekolah,” J. Cakrawala Pendas, vol. 4, no. 2, 2018, doi: 10.31949/jcp.v4i2.1497.
R. Desti, S. Narimo, A. Fathoni, L. E. Rahmawati, and C. Widiyasari, “Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar,” ELSE (Elementary Sch. Educ. Journal), vol. 4, no. 1, pp. 109–118, 2020.
P. I. A. Dewi, “Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Pembentukan Karakter Siswa yang Berorientasi Higher Order Thinking (HOTS) di Sekolah Dasar,” Edukasi J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 173–178, 2020, http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/922.
L. Ersi, “Gambaran Pendidikan Karakter oleh Guru Sejarah dalam Menanamkan Nasionalisme Peserta Didik,” vol. 4, pp. 1299–1308, 2020.
I. Agama and I. Negeri, “Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Purwokerto Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (Ftik) Pur,” 2020.
Y. Nurmalasari and R. Erdiantoro, “Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier,” Quanta, vol. 4, no. 1, pp. 44–51, 2020, doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497