Desain User Experience Pada Sistem Pendaftaran Siswa Baru Dengan Metode User Centered Design (UCD) pada SMA PGRI
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1188Kata Kunci:
Antarmuka, Desain, Pendaftaran, Pengguna, Sistem, User Centered Design, User ExperienceAbstrak
Pendaftaran siswa baru merupakan salah satu proses penting dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah menengah. Namun, seringkali sistem yang dibangun belum sepenuhnya memperhatikan aspek user experience (UX), sehingga menyebabkan pengguna mengalami kesulitan, kebingungan, atau ketidakpuasan saat menggunakan sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain user experience pada sistem pendaftaran siswa baru di SMA PGRI dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD) memiliki empat tahapan utama: memahami konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi, membuat desain solusi, dan mengevaluasi desain. Pendekatan UCD dipilih karena memberikan fokus utama pada kebutuhan, harapan, dan pengalaman pengguna selama proses perancangan dan pengembangan sistem.Pengujian usability juga membuktikan bahwa pengguna dapat menyelesaikan tugas pendaftaran dengan hasil pengujian UEQ sebesar 95,99 % dimana skor tersebut sudah meraih standar nilai sangat baik. Dengan demikian, penerapan pendekatan User Centered Design berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan sistem pendaftaran yang tidak hanya berfungsi baik secara teknis, tetapi juga memberikan pengalaman yang positif dan menyenangkan bagi pengguna.
Unduhan
Referensi
R. A. Sianturi, “Penerapan user Experience Design Pada Pengembangan Aplikasi Mobile Markopi,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 4, p. 703, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021842840.
A. Arman, I. Tri Maulana, S. Sotar, and N. Sari, “Perancangan User Interface Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Pada Bimbel Intensif Sbmptn Nurul Fikri Berbasis Web,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 22–33, 2020, doi: 10.31849/zn.v2i1.3739.
N. Putu et al., “Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS Modul Akuntansi Keuangan,” vol. 1, no. 2, 2020.
Y. A. Puteri, D. Aulia, A. Alya, and K. Sari, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Online Course,” J. Siliwangi Saints Teknol., vol. 8, no. 2, p. 2022, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jssainstek/article/view/6280/2499
F. Shabri Irawan, F. Azhar Basthomi, M. Nurul Qolbi, and A. Fikri Mubarak, “Evaluasi User Experience Pada Website Program Studi Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Uin Malang Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” J. Mnemon., vol. 7, no. 1, pp. 99–107, 2024, doi: 10.36040/mnemonic.v7i1.8874.
R. R. Putri, A. Sodik, and A. Pakarbudi, “Perancangan User Experience Aplikasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Human-Centered Design,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. VIII, no. x, pp. 83–92, 2020. doi: 10.25126/jtiik.2021842840.
W. K. Oktoeberza, R. Epana, R. N. Turrahma, and M. A. Fachriansyah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru di Sekolah Highscope Kota Bengkulu,” Med. Tek. J. Tek. Elektromedik Indones., vol. 4, no. 1, pp. 11–23, 2022, doi: 10.18196/mt.v4i1.15132.
M. Jidan Narizki et al., “Perancangan UI/UX Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Perangkat Mobile dengan Metode Design Thinking,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1127–1135, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3652.
H. Ajie, M. Zulfikar, and V. Oktaviani, “Penerapan Konsep User Experience (UX) Pada Perancangan Dashboard Profil Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta,” PINTER J. Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 2, pp. 88–97, 2021, doi: 10.21009/pinter.3.2.2.
M. S. Putra and U. Darusalam, “Perancangan Sistem Informasi Kontes Cupang Berbasis Web dengan Metode User Centered Design,” JUSTIN (Jurnal Sist. dan Teknol. Inf. …, vol. 11, no. 1, pp. 28–34, 2023, doi: 10.26418/justin.v11i1.53152.
A. D. Wahyudi and A. R. Isnain, “Penerapan Metode TOPSIS untuk Pemilihan Distributor Terbaik,” JAITI, vol. 1, no. 2, pp. 59–70, 2023, doi: 10.58602/jaiti.v1i2.41.
Z. Abdussamad, Metodologi Penelitian Kualitatif. Makasar: CV. syakir Media Press, 2021.
Hardani, Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020.
S. Slamet and Mukhamad, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web dengan Pemanfaatan Barcode Scanner di MI Nurul Huda Argopeni,” JURISTIK (Jurnal Ris. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 1, no. 01, pp. 1–7, 2021, doi: 10.53863/juristik.v1i01.262.
I. Ahmad, A. Anantama, A. Wantoro, A. S. Puspaningrum, L. P. Deviana, and M. B. Maharani, “Implementasi Metode Fuzzy Pada Sistem Sirkulasi Udara Berbasis Internet Of Things,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 9, no. 2, pp. 1–11, 2021, doi: 10.33365/jtikom.v4i1.
I. Ahmad, R. D. Gunawan, and R. Satria, “Rancang Bangun E-Marketplace Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Pelayanan Penjualan,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 4, no. 1, pp. 89–95, 2023, doi: 10.33365/jatika.v4i1.2457.
Sugiyono, Buku Metode Penelitian. In Metode Penelitian, 2020.
W. M. Huda, P. Sukmasetya, and E. U. Artha, “Implementasi User Centered Design Pada Rancangan Pengembangan UX Aplikasi Pendataan Kegiatan Marketing,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 6, p. 1779, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i6.5085.
D. Karlina and D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 580–596, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i3.5412.










