Efektivitas E-Modul TPS Berbantuan Multimedia Interaktif dalam Mencegah Miskonsepsi pada Materi Kesetimbangan Kimia
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1173Kata Kunci:
E-Modul Interaktif, Kesetimbangan, Kooperatif TPS, MiskonsepsiAbstrak
Kimia merupakan ilmu multidimensi yang menggabungkan konsep konkret dan abstrak, sehingga sering menimbulkan miskonsepsi pada peserta didik, khususnya dalam materi kesetimbangan kimia. Untuk mengatasi hal ini, penelitian mengembangkan e-modul berbasis model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share), yang menggabungkan diskusi berpasangan, refleksi mandiri, dan berbagi dalam forum. E-modul ini dilengkapi multimedia interaktif dan representasi tiga level kimia: makroskopik, mikroskopik, dan simbolik. Fitur interaktif seperti animasi reaksi kimia, simulasi kesetimbangan dinamis, dan video eksperimen virtual terkait prinsip Le Chatelier memungkinkan peserta didik mengeksplorasi keterkaitan antar level dengan cara yang tidak dapat dicapai melalui metode konvensional. Penelitian menggunakan model ADDIE dan melibatkan 35 peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 3 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi perangkat, observasi, serta pretest dan posttest dengan ranah kognitif four-tier-test. Hasil utama menunjukkan peningkatan pemahaman konsep peserta didik dari tidak paham konsep (TPK) menjadi paham konsep (PK) sebesar 98,09%.
Unduhan
Referensi
P. Kualitas, P. Di, S. Roos, M. S. Tuerah, dan J. M. Tuerah, “Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, vol. 2023, no. 19, hlm. 979–988, doi: 10.5281/zenodo.10047903.
R. Alfitrah dan R. Y. Pratiwi, “ADOBE FLASH PROFFESIONAL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KIMIA LARUTAN,” Orbital: Jurnal.Pendidikan.Kimia, vol. 5, no. 1, hlm. 80, 2021.
D. N. Sipayung dan J. Purba, “Pengembangan e-Modul Pembelajaran Berbasis Chemo-Edutainment pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur,” Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, vol. 9, no. 1, hlm. 85–98, Apr 2024, doi: 10.36709/jpkim.v9i1.80.
M. Bhrizda Permatasari dkk., “Identifikasi Miskonsepsi Materi Kesetimbangan Kimia Pada Siswa SMA Menggunakan Tes Three Tier Berbasis Web,” 2022. [Daring]. Tersedia pada: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK
M. Rohmah, S. Priyono, D. Resti, dan S. Sari, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA,” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, vol. 7, no. 2, hlm. 39–47, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.unuha.ac.id/index.php/utility
R. Isminiarti Izza dan P. Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP, “ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK ESAI BERBANTUAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA,” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, vol. 5, no. 1, hlm. 55–63, 2021.
Muallifah, ) Suyono, dan ) Yuanita, “Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Mencegah Miskonsepsi Siswa Pada Kesetimbangan Kimia Menggunakan Model Inkuiri Terbuka Dan Remediasi Menggunakan Strategi Conceptual Change MENCEGAH MISKONSEPSI SISWA PADA KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBUKA DAN REMEDIASI MENGGUNAKAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE,” 2013.
K. Bastomi dan E. Purwaningsih, SEMINAR NASIONAL FISIKA DAN PEMBELAJARANNYA 2017 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI.
P. W. Santhalia dan E. C. Sampebatu, “Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 6, no. 2, Okt 2020, doi: 10.21831/jipi.v6i2.31985.
N. Lestari, L. Sutrisno, E. Oktavianty, P. Studi, P. Fisika, dan F. Untan, “REMEDIASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GUIDED DISCOVERY PADA TEKANAN ZAT CAIR SISWA SMP.”
N. Maghfiroh dan D. Sukarmin, “Pengembangan Media Interaktif Misabas Untuk Mendeteksi Dan Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Asam Basa Melalui Strategi Conceptual Change Text,” vol. 6, no. 1, hlm. 17–33, 2021, doi: 10.32832/educate.v6i1.3942.
I. Sriwahyuni, E. Risdianto, dan H. Johan, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA,” Jurnal Kumparan Fisika, vol. 2, no. 3, hlm. 145–152, Des 2019, doi: 10.33369/jkf.2.3.145-152.
K. D. Tambunan, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Javalab Science Simulations Pada Materi Ikatan Kimia,” CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, vol. 9, no. 1, 2025, doi: 10.30743/cheds.v7i1.10944.
K. Dwi Rahmawati, M. Alim Marhadi, dan P. Studi Pend Kimia FKIP UHO, “Meningkatkan Hasil Belajar Kimia melalui Pembiasaan Literasi dan Strategi Think Pair Share (TPS) pada Materi Sistem Koloid di Kelas XI MIPA,” Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, vol. 8, no. 1, 2023, doi: 10.36709/jpkim.v8i1.11.
Putri suci anugrah, “PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI DI KELAS X SMA/MA,” JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, vol. 12, no. 1, hlm. 20–24, Jul 2022, doi: 10.21009/jrpk.121.03.
N. A. Nurrahmah dan Sukarmin, “Pengembangan E-flipbook Interaktif dengan Strategi Conceptual Change sebagai Media Reduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi,” PENDIPA Journal of Science Education, vol. 7, no. 2, hlm. 185–194, Jun 2023, doi: 10.33369/pendipa.7.2.185-194.










