Implementasi Pembelajaran Terpadu di SD Negeri Sarwiru Kabupaten Sumedang

Penulis

  • Jaja Sukma Raharja Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Adela Rizki Nur Atikah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Mega Adinda Eka Laksana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Wanty Cahyanti Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.117

Kata Kunci:

implementasi, pembelajaran terpadu, sekolah dasar

Abstrak

Pembelajaran terpadu sudah diterapkan di SDN Sarwiru yang ada di kabupaten Sumedang. Dalam penelitian ini bahwa SDN sarwiru memadukan antara 1 mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain, karena kita ketahui bahawa pembelajaran terpadu yaitu gabungan antara mata pelajaran 1 dengan yang lainnya. SDN Sarwiru juga terdapat kendala yang di alaminya, seperti mencari materi pelajaran 1 dengan mata pelajaran yg lain dalam satu tema dan kesulitan dalam merancang pembelajaran tematik yang sangat padu. Oleh karena itu penelitian ini sangat bermanfaat bagi penulis dan pembaca untuk mengetahui penerapan pembelajaran terpadu yg ada salah satunya di kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi Pembelajaran Terpadu Di SD Negeri Sarwiru Kabupaten Sumedang. Implementasi pembelajaran terpadu tersebut untuk mengetahui Implementasi sistem pembelajaran terpadu di SD negeri Sarwiru meliputi desain pembelajaran, proses belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran dan mengetahui kesulitan yang dialami dalam mengimpementaikan Pembelajaraan Terpadu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Sarwiru. Dengan melibatkan dua orang guru kelas untuk di wawancara. Teknik wawancara dilakukan melalui media sosial WhatsApp. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Negeri Sarwiru sebagian besar sudah mengetahui mengenai pembelajaran terpadu. Dengan demikian, implementasi pembelajaran terpadu di SD Negeri Sarwiru ini layak untuk dijadikan bahan penelitian kelompok kami.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Majid, Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosda, 2013.

Zamroni, “Pendidikan Populis Berbasis Budaya”. FIP Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Sugiyanto, Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

T. H. Subroto, Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2004.

O. Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

U. Saud, Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar: Konsep dan Model-Model Implementasinya. Bandung: Alfabeta, 2005.

Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CSTD, 2004.

S. Nasution, Berbagi Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Soemanto, Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

A. Majid, Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

W. Sundayana, Pembelajaran Berbasis Tema. Bandung: Erlangga, 2014.

I. Hajar, Panduan Lengkap Kurikulum Tematik Untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-24

Cara Mengutip

Raharja, J. S. ., Rizki Nur Atikah, A., Eka Laksana, M. A. ., Cahyanti, W. ., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Terpadu di SD Negeri Sarwiru Kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 7-11. https://doi.org/10.52436/1.jpti.117