Analisis Usability Website Program Studi PTI Unimuda Sorong Menggunakan Metode System Usability Scale untuk Meningkatkan Kunjungan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1167Kata Kunci:
Evaluasi Pengguna, Kunjungan Siswa, Usability, Website AkademikAbstrak
Tingkat kunjungan mahasiswa ke website Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) UNIMUDA Sorong masih tergolong rendah, dengan hanya 53,8% mahasiswa yang telah mengaksesnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kunjungan yang rendah dan mengevaluasi tingkat kegunaan situs web menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan survei berbasis kuesioner yang melibatkan 78 mahasiswa PTI yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis menggunakan IBM SPSS 29 dengan uji validitas, reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa lebih suka mencari informasi melalui media sosial 69,2% dan portal akademik universitas 50%. Faktor utama yang menyebabkan frekuensi kunjungan yang rendah adalah kemudahan akses ke informasi dari platform lain 56,4%, kurangnya promosi situs web 48,7%, dan jarang pembaruan konten 30,8%. Evaluasi kegunaan melalui metode SUS menghasilkan skor rata-rata 66,03, yang diklasifikasikan sebagai moderat mendekati ambang batas yang dapat diterima. Masalah utama termasuk antarmuka yang tidak menarik, navigasi yang tidak intuitif, dan pembaruan konten yang terbatas. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan desain visual, penyempurnaan struktur navigasi, dan pembaruan konten rutin sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Dampak dari perbaikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kepuasan pengguna, serta mendorong mahasiswa untuk lebih aktif menggunakan website sebagai sumber informasi akademik.
Unduhan
Referensi
I. Akbar, “Penerapan System Usability Scale dalam Pengukuran Kebergunaan Website SMKN 13 Bandung,” INTERNAL (Information System Journal), vol. 7, no. 1, hlm. 1–7, 2024, doi: 10.32627/internal.v7i1.865.
M. R. Cuhanazriansyah dan Y. Cahyaningrum, “Optimalisasi pengembangan website program studi pendidikan teknologi informasi dengan integrasi data center,” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), vol. 8, no. Vol. 8, No. 2, 2023, hlm. 217–220, hlm. 1–5, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/3472/1796
E. Nurlailah dan K. R. Nova Wardani, “Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Oleh-Oleh Khas Kota Pagaralam,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 8, no. 4, hlm. 1175–1185, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i4.4006.
R. Hardiyanto, N. Agustini, dan E. Rizal, “Hubungan kualitas Website UPI Central Library dengan kepuasan pengguna UPI Central Library ’ s Website quality relationship with user satisfaction Abstract dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan merubah sistem dan men,” vol. 1, no. April, hlm. 147–166, 2021.
F. Nurrohman, S. K. Hutabarat, dan S. T. Billa, “Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Program Studi Sistem Informasi di Universitas Pamulang,” Kohesi, vol. 5, no. 6, hlm. 31–40, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi
Zaafira, “Universitas Indonesia Perancangan User Interface Siak-Ng Dengan Metode Design Thinking Untuk Mendukung Integrasi Sistem Skripsi Naila Zaafira 1906354791 Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Depok Juni 2023,” 2023.
N. Sholeh, “Dalam Meningkatkan Pelayanan Akademik Di Institut Agama Islam ( Iai ) Al-Khairat Pamekasan,” no. December, hlm. 7–9, 2021.
T. K. Ahsyar, Husna, dan Syaifullah, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Seminar Nasional Teknologi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), vol. 11, no. November, hlm. 163–170, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/7953
N. Desmulyani dan S. Rianti Agustini, “Analisis Usability Website HSI AbdullahRoy Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM), vol. 4, no. 2, hlm. 1099, 2024, doi: 10.33998/jakakom.v4i2.
M. Sulaiman, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di Smk Al-Islah Kebagusan,” Promis, vol. 2, no. 2, hlm. 76–88, 2021, doi: 10.58410/promis.v2i2.545.
A. Wulansari, A. Faroqi, dan T. L. M. Suryanto, “Analisis Tingkat Usabilitas Website Perguruan Tinggi Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan, vol. 10, no. 2, hlm. 126–131, 2023, doi: 10.25047/jtit.v10i2.328.
N. Asnawi, R. Pamungkas, dan D. G. Prasetyo, “Analisis Usability Website Program Studi Sistem Informasi Unipma Menggunakan Metode System Usability Scale,” Fountain of Informatics Journal, vol. 8, no. 1, hlm. 21–25, 2023, doi: 10.21111/fij.v8i1.9408.
M. L. Nuriman dan N. Mayesti, “Evaluasi Ketergunaan Website Perpustakaan Universitas Indonesia Menggunakan System Usability Scale,” Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, vol. 41, no. 2, hlm. 253, 2020, doi: 10.14203/j.baca.v41i2.622.
H. Y. Madawara, D. Manongga, dan H. Hendry, “Evaluasi Ketergunaan Website Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 6, no. 2, hlm. 44–55, 2023, doi: 10.37792/jukanti.v6i2.933.
A. W. Cowley, “IUPS--a retrospective.,” Physiologist, vol. 49, no. 3, hlm. 171–173, 2006.
A. Fatmawati, “Evaluasi Usability pada Learning Management System OpenLearning Menggunakan System Usability Scale,” INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, vol. 6, no. 1, hlm. 120, 2021, doi: 10.35314/isi.v6i1.1881.
A. Farhan, @ DEMAFAHUINJKT DI KALANGAN MAHASISWA FAH UIN JAKARTA PERIODE 2022-2023 Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2023 M / 1445 H. 2023.
U. Ependi, A. Putra, dan F. Panjaitan, “Evaluasi tingkat kebergunaan aplikasi Administrasi Penduduk menggunakan teknik System Usability Scale,” vol. 5, no. 34, hlm. 63–76, 2019.
T. S. Tullis dan J. N. Stetson, “A Comparison of Questionnaires for Assessing Website Usability ABSTRACT?: Introduction,” Usability Professional Association Conference, no. June, hlm. 1–12, 2004, [Daring]. Tersedia pada: http://home.comcast.net/~tomtullis/publications/UPA2004TullisStetson.pdf
A. F. Suardi, “Tugas Akhir,” 175.45.187.195, hlm. 31124, 2022, [Daring]. Tersedia pada: ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf
Yunita dan Wiyanto, “Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Daring unytuk Mengukur Keterampilan Inkuiri Ilmiah Siswa pada Materi Suhu dan Kalor,” Unnes Physics Education Journal, vol. 10, no. 2, hlm. 106–113, 2021.










