Penerapan Augmented Reality dan Game Family 100 untuk Meningkatkan Pemahaman Murid pada Materi Fikih Ibadah SMPN 1 Proppo
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1162Kata Kunci:
Augmented Reality, Fikih Ibadah, Game Family 100, PemahamanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman murid pada materi fikih ibadah melalui penerapan augmented reality dan game family 100. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang melibatkan murid kelas VII C SMPN 1 Proppo Tahun Pembelajaran 2024/2025 yang berjumlah 23 murid terdiri dari 12 murid Perempuan dan 11 murid laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap akhir pertemuan dilakukan evaluasi berupa post-test untuk mengukur pemahaman murid. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebelum dan sesudah menerapkan augmented reality dan game family 100. Sebelum diterapkannya augmented reality dan game family 100 pemahaman murid pada tahap pra-tindakan yaitu 43% yang tuntas dan 57% tidak tuntas. Sesudah diterapkannya augmented reality dan game family 100 pada siklus I meningkat menjadi 83% murid tuntas dan 17% murid tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II pemahaman murid semakin meningkat menjadi 96% murid tuntas dan 4% murid tidak tuntas.
Unduhan
Referensi
A. R. BP, S. A. Munandar, andi Fitriani, Y. Karlina, dan Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa, vol. 2, no. 1, hlm. 1–8, 2022, doi: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul.
T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Misykat, vol. 03, no. 01, hlm. 174, 2018, doi: https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52.
N. Jalinus dan Ambiyar, Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2016.
Asari, “Implementasi Media Augmented Reality Pada Pembelajaran Fiqih Di MTS Assa’id Blado Kabupaten Batang,” Thesis Magister, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pekalongan, 2024.
E. P. Sari, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Augmented Reality Materi Sistem Tata Surya Dalam Pembelajaran IPA Kelas VI MI Al-Mursyidiyyah,” Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2020.
A. Santika, “Pengembangan Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pembelajaran IPA SMP/MTS Pada Materi Sistem Pencernaan,” Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, Pekanbaru, 2023.
S. Abdullah dan I. Noor, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Agama Islam,” J. Masharif Al-Syariah J. Ekon. Dan Perbank. Syariah, vol. 9, no. 3, hlm. 1851–1862, 2024, doi: https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.22684.
A. Latifah, R. Setiawan, dan A. Muharram, “Augmented Reality dalam Media Pembelajaran Tata Cara Berwudhu dan Tayamum,” Janapati, vol. 10, no. 3, hlm. 167–176, 2021, doi: https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40869.
Resnawati, S. Derta, L. Efriyanti, dan Supriyanti, “Perancangan Media Pembelajaran Fikih Berbasis Augmented Reality di MTSN 06 Agam,” KOLONI J. Multidisplin Ilmu, vol. 1, no. 4, hlm. 192–198, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.295.
S. Wardani, “Pemanfaatan teknologi augmented reality (AR) untuk pengenalan aksara jawa pada anak,” J. Teknol., vol. 8, no. 2, hlm. 104–111, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.32493/informatika.v9i1.39598.
M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, hlm. 2896–2910, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187.
S. D. H. Simanjuntak, S. Wahyuni, dan A. Atika, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar,” CERDAS J. Pendidik., vol. 2, no. 1, hlm. 23–34, 2023, doi: https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.174.
Mu’alimin dan R. A. H. Cahyadi, Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Pasuruan: t.p., 2014.
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
A. Noorisa, E. A. Ismaya, dan M. Roysa, “Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Educ., vol. 02, no. 04, hlm. 334–335, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.327.
N. Sugrah, “Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains,” Humanika, vol. 19, no. 2, hlm. 121–138, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274.
E. Rusnandi, H. Sujadi, dan E. F. N. Fauzy, “Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Infotech J., hlm. 24–31, 2016, doi: https://doi.org/10.31949/inf.v1i2.40.
M. Suradji, “Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Materi,” Talim J. Studi Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, hlm. 106–107, 2021, doi: https://doi.org/10.52166/talim.v4i1.2490.
N. Septiana dan A. R. A. Athok, “Implementasi Pembelajaran Berbasis Game Family 100 Yang Edukatif Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Malang,” J. Inov. Teknol. Dan Edukasi Tek., vol. 4, no. 1, hlm. 1–5, 2024, doi: https://doi.org/10.17977/um068.v4.i1.2024.4.
A. Saputra dan L. Suryandi, “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Perspektif Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran,” J. Pemikir. Dan Penelit. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, hlm. 198–206, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582.
I. Z. Rahmah dan F. Amalina, “Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas IV SD Inpres Mariso II Kota Makassar,” J. Ilm. PGSD SKTIP Subang, vol. 11, no. 1, hlm. 145–154, 2025, doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5557.
L. Puspitasari, P. H. Pradana, dan H. Hasanah, “Penerapan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Kumara Cendekia, vol. 12, no. 2, hlm. 115–126, 2024, doi: https://doi.org/10.20961/kc.v12i2.86044.










