Efektivitas Lembar Aktivitas Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Inkuiri

Penulis

  • Dewi Aisyah Ramadhani Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Suyono Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1146

Kata Kunci:

Efektif, Inkuiri, Kreatif, Laju Reaksi, LAPD

Abstrak

Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting dalam pembelajaran abad ke-21, khususnya pada pembelajaran sains. Namun, pada kenyataannya kemampuan ini masih tergolong rendah, terutama dalam memahami konsep faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Lembar Aktivitas Peserta Didik (LAPD) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi dengan model pembelajaran inkuiri. Pada penelitian ini digunakan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Surabaya yang berjumlah 35 orang. Data dikumpulkan melalui soal uraian pretest dan posttest yang telah disusun berdasarkan empat indikator berpikir kreatif, yakni fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, dengan peningkatan skor rata-rata pada masing-masing indikator, yakni fluency, flexibility, originality, dan elaboration mencapai 91,2%, 90,7%, 86,4%, dan 90,9%. Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai p-value sebesar 0,000. Penelitian ini menunjukkan bahwa LAPD kemampuan berpikir kreatif ini memiliki potensi kuat untuk diterapkan dalam pembelajaran kimia dengan model pembelajaran inkuiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Mustapha, Sadrina, I. M. Nashir, M. N. A. Azman, and K. A. Hasnan, “Assessing the implementation of the project-based learning (PJBL) in the department of mechanical engineering at a Malaysian polytechnic,” J. Tech. Educ. Train., vol. 12, no. 1 Special Issue, pp. 100–118, 2020, doi: 10.30880/jtet.2020.12.01.011.

A. P. Ananda and H. Hudaidah, “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa,” SINDANG J. Pendidik. Sej. dan Kaji. Sej., vol. 3, no. 2, pp. 102–108, 2021, doi: 10.31540/sindang.v3i2.1192.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Y. T. Satura, A. Abdullah, and R. U. Rery, “Pengembangan LKPD Aplikatif Integratif Berbasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia,” J. Pijar Mipa, vol. 16, no. 1, pp. 64–67, 2021, doi: 10.29303/jpm.v16i1.1647.

U. Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

A. Sholihah, “Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Laju Reaksi di MA Darul Hikam,” Semarang, 2022.

Y. S. Putri and H. Alberida, “Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Pariaman,” Biodik, vol. 8, no. 2, pp. 112–117, 2022, doi: 10.22437/bio.v8i2.17356.

L. Ivana, M. Hutasoit, Z. Azis, and H. Sitorus, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Interaktif Google Sites,” J. EduTech, vol. 10, no. 2, pp. 2442–7063, 2024.

Arends, Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 1997.

N. A. Fitri and A. Lutfi, “Interactive Website Media to Improve Learning Outcomes of Chemical Bonding Materials,” J. Inov. Pembelajaran Kim., vol. 6, no. 2, p. 308, 2024, doi: 10.24114/jipk.v6i2.61972.

M. H. Tumangger, Kartono, and S. Ridlo, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 9170–9179, 2022.

A. N. Puteri, N. H. Yoenanto, and N. A. F. Nawangsari, “Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 8, no. 1, pp. 77–87, 2023, doi: 10.24832/jpnk.v8i1.3535.

F. Faturrahman, F. Setiawan, W. D. Astuti, and K. Khasanah, “Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter,” Tsaqofah, vol. 2, no. 4, pp. 466–474, 2022, doi: 10.58578/tsaqofah.v2i4.469.

B. P. S. N. N. K. R. Elti, “Pengembangan E-Modul Pada Materi Laju Reaksi Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kelas XI MIPA Di SMA Negeri 1 Waigete,” Konstanta J. Mat. dan Ilmu Pengelatuan Alam, vol. 2, no. 1, pp. 1–21, 2024.

I. L. Khafida and I. Ismono, “Pengembangan Lkpd Inkuiri Berbasis Hands-on & Minds-on Activity Untuk Meningkatkan Hots Pada Materi Laju Reaksi,” UNESA J. Chem. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 38–47, 2021, doi: 10.26740/ujced.v10n1.p38-47.

Ade Irma Purnama Sari, Baiq Fatmawati, and Marhamah, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA,” Cocos Bio, vol. 8, no. 1, pp. 12–20, Jun. 2023, doi: 10.29408/cob.v8i1.27036.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-24

Cara Mengutip

Aisyah Ramadhani, D., & Suyono, S. (2025). Efektivitas Lembar Aktivitas Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(11), 3465-3472. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1146