Pengembangan Media Interaktif Papan Musi Menggunakan Model ADDIE terhadap Pemecahan Masalah Matematika Materi KPK dan FPB Kelas V SD

Penulis

  • Alika Adwa Putri Rintana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Ima Mulyawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1130

Kata Kunci:

KPK dan FPB, Papan Musi, Pemecahan Masalah

Abstrak

Pembelajaran matematika memiliki hambatan yang terletak pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Maka dalam hal ini, penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk digital yaitu Papan Musi Interaktif yang valid dan efektif untuk mendukung peningkatan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah KPK dan FPB. Data penelitian diambil dari hasil wawancara wali kelas V sebagai acuan awal untuk melakukan pengembangan sesuai kebutuhan peserta didik, angket validasi produk yang dikembangkan, serta tes yang dilakukan peserta didik untuk meninjau kompetensi dalam mencari solusi atas masalah matematika. Dalam metode RnD, model pengembangan ADDIE mencakup lima tahapan proses pengembangan, yaitu analisis masalah, membuat rancangan, pengembangan produk, penerapan dan uji coba. Hasil penelitian didapatkan (1) Papan Musi Interaktif dinyatakan valid dan layak untuk diterapkan, dengan hasil validitas ahli media 96%, dan ahli materi 100%, (2) Papan Musi Interaktif dinyatakan efektif dan terbukti dapat menunjang kemampuan dalam menyelesikan permasalahan matematika materi KPK dan FPB yang ditunjukkan dari peningkatan hasil tes 75,2% menjadi 90,8%, serta uji gain 66,92% menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan memasuki kategori sedang dengan efektifitas cukup. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan demikian penggunaan media interaktif papan musi dapat dijadikan media ajar alternatif untuk menunjang kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pokok bahasan KPK dan FPB.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Nurhasanah, R. A. Pribadi, and S. Suhayati, “Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi (Multi Fungsi) pada Materi KPK dan FPB Kelas IV SD,” J. Ilm. Telaah, vol. 7, no. 1, p. 61, 2022, doi: 10.31764/telaah.v7i1.6619.

K. G. Permatasari, “Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah,” J. Ilm. Pedagog., vol. 17, no. 1, pp. 68–84, 2021, [Online]. Available: http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96

F. N. Miftahul Jannah, H. Nuroso, M. Mudzanatun, and E. Isnuryantono, “Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.20961/jpd.v11i1.72716.

L. Al Husna, Z. A. MZ, and Rian Vebrianto, “Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar,” Mathline J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 1–12, 2021, doi: 10.31943/mathline.v6i1.159.

Ana Nurhasanah, S. Ana Nurhasanah, Reksa Adya Pribadi, and Suhayati, “Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi (Multi Fungsi) pada Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi (Multi Fungsi) pada fektivitas Penggunaa Media Pap Musi (Multi F gsi) Materi KPK dan FPB Kelas IV SD,” J. Ilm. Telaah, vol. 7, no. 1, p. 61, 2022, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah

I. P. E. Irawan, I. G. P. Suharta, and I. N. Suparta, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis,” Pros. Semin. Nas. MIPA, pp. 69–73, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10185

A.- Rosydiana, “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya,” Math. Educ. J., vol. 1, no. 1, p. 54, 2017, doi: 10.22219/mej.v1i1.4550.

S. Suhartono, “Mengajarkan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar,” Mat. Dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 215–227, 2018, doi: 10.33477/mp.v6i2.671.

M. Mahmudah, “Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa MI/SD,” Cakrawala J. Stud. Islam, vol. 11, no. 1, pp. 116–129, 2016, doi: 10.31603/cakrawala.v11i1.107.

Zul Anwar. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasa. Journal article// Jurnal Pendidikan Ilmu Pendidikan UNY. 1–23.

M. M. Jannah and H. Rasyid, “Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 197–210, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3800.

“Afifa Indah Amalia_D97218063,” 2022.

S. Ulandari, “Penggunaan Media Papan Musi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep KPK dan FPB di MIN 20 Aceh Besar Skripsi,” Skripsi, 2022.

T. Herawati Lumban Gaol et al., “Pengaruh Penggunaan Media Papan Multi Fungsi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Medan,” J. Educ., vol. 06, no. 01, pp. 4309–4317, 2023.

E. A. Nurafifah, K. D. A. Afiani, and M. N. Faradita, “Penerapan Media Papan Musi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menentukan Kpk Dan Fpb Kelas V Sd Muhammadiyah 18 Surabaya,” vol. 7, no. 20, pp. 3135–3140, 2024.

T. Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papa Musi dengan Menggunakan Model Kooperatife Tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Microsoft Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi KPK dan FPB Kelas IV SD. Journal GEEJ, 382–385.

G. Damayanti, P. Djumaati, S. W. Laiya, and Y. Juniarti, “Pengaruh Media Papan Multifungsi terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun,” no. 4, 2024.

N. Rahmayanti, D. A. Yonanda, and Y. D. Kurino, “Penggunaan Media Papan Musi ( Multifungsi ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 118–122, 2021.

L. F. Siregar and H. Hasanah, “Penerapan Media Pembelajaran Matematika Papan Musi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi KPK Dan FPB di Kelas V SD Negeri 064986 Medan Amplas,” J. Penelit. Pendidik. Mipa, vol. 7, no. 2, pp. 191–198, 2023, doi: 10.32696/jp2mipa.v7i2.1909.

M. P. Rifai, “Mata Pelajaran Matematika,” vol. 4, no. 1, p. 90, 2020.

N. Dewi and Saharuddin, “The Mathematical Problem-Solving Abilities of Elementary School Students in Solving Story,” JUDIKDAS J. Ilmu Pendidik. Dasar Indones., vol. 3, no. 2, pp. 91–104, 2024, doi: 10.51574/judikdas.v3i2.1227.

Fayrus and A. Slamet, Model Penelitian Pengembangan (R n D). 2022.

A. Maydiantoro, “Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development),” Respository LPPM Unila, no. 10, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model Penelitian dan Pengembangan.pdf

H. Nurhayati and N. W. , Langlang Handayani, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3(2), 524–532, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

D. Mitasari and B. Murtiyasa, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Langkah Polya,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 1759–1772, 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i2.2399.

D. Sinta, K. Pertiwi, I. S. Wardhani, and U. T. Madura, “KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARN INTERAKTIF,” vol. 2, no. 11, 2024.

A. R. Hakim and H. Windayana, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 4, no. 2, 2016, doi: 10.17509/eh.v4i2.2827.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-27

Cara Mengutip

Rintana, A. A. P., & Mulyawati, I. (2025). Pengembangan Media Interaktif Papan Musi Menggunakan Model ADDIE terhadap Pemecahan Masalah Matematika Materi KPK dan FPB Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(9), 2856-2865. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1130