Pengembangan Asesmen Sumatif Materi Energi di Bumi Akan Habis Berbasis Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1109Kata Kunci:
Asesmen Sumatif Berbasis Aplikasi Kahoot, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPASAbstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan asesmen sumatif berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Metode penelitian ini research and development dengan desain Borg and Gall 6 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi produk, validasi desain, uji coba pemakaian skala kecil, revisi produk, uji coba pemakaian skala besar. Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kevalidan untuk ahli dan praktisi, angket respon guru dan siswa, soal pretest dan posttest materi energi di Bumi akan habis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menurut praktisi asesmen yang dikembangkan praktis digunakan pada mata pelajaran IPAS. Uji keefektifan yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan n-gain. Hasil uji paired sample t test adalah 0,000 yang artinya nilai uji n-gain dalam penelitian ini diperoleh kelas A (Kontrol) 0,1362 dan kelas B (Eksperimen) 0,4508 dengan kategori peningkatan sedang. Nilai Sig 0,000 < 0,05, maka H? ditolak dan H? diterima. Sehingga ada perbedaan rata-rata antara hasil pretest dengan posttest yang artinya dampak penggunaan asesmen sumatif berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS berhasil. Selain itu, dampak yang dirasakan guru dapat memberikan umpan balik yang cepat dan efektif kepada siswa melalui Kahoot. Hasil N¬Gain kelas B (Eksperimen) 0,4508 masuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen sumatif berbasis aplikasi Kahoot yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai tes di sekolah dasar untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS.
Unduhan
Referensi
Fadliansyah, MR, & Hindun, H. (2023). Analisis Penggunaan IPTEK dalam Pembelajaran Kurirkulum Merdeka Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Fonologi: Jurnal ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris , 1 (4), 189-200. https://doi.org/10.61132/fonologi.v1i4.186
Arjul, M., & Madhakomala, R. (2023). Kebijakan dan Strategi Pengembangan IPTEK dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Bhayangkara , 3 (1). https://doi.org/10.31599/qrvza421
Uno, H. B. Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis di bidang Pendidikan, 2007. no. 39. Pp. 1-121. https://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=3479&lokasi=lokal
Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16-25. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2122
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu , 6 (4), 7174-7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Darmawati, J. (2013). pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79-90. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90
Indriani, E., Muthiah, M., Romenza, L., Erlisnawati, E., & Erni, E. (2024). Analisis Pelaksanaan Asesmen Sumatif Berbasis Chromebook. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 478-484. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.591
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum merdeka: Pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan , 6 (3), 399-407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Khotimah, K., Amelia, S., & Faisal, E. El. (2023). Hubungan Penerapan Media Berbasis ICT “Kahoot” Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas X SMAN Palembang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3845–3852. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23165
Rindiani, E. Y., & Putrianti, L. (2024). Teknologi Sebagai Sahabat Belajar: Menggali Potensi Dan Mengatasi Tantangan Dalam Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 399-406. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2862
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 13(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824
Undang-Undang No. 11 Tahun 2019, “Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,’’ 2019. https://peraturan.bpk.go.id/Details/117023/uu-no-11-tahun-2019
Noviana, NE, & Solichin, MR (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online (whatsapp dan zoom) terhadap prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) , 9 (2), 60-64. https://doi.org/10.26740/jupe.v9n2.p60-64
Rizkasari, E. (2022). Analisis peran media pembelajaran interaktif berbasis kahoot! terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 4(1), 591-596. https://scholar.google.com/citations?user=Dnq5d2IAAAAJ&hl=id&oi=sra
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295
Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 99-104). https://core.ac.uk/download/pdf/287155708.pdf
Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57-61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154
Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game kahoot berbasis hypermedia. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631/2741
Sholihah, I. A., Krenata, N. A. C., & Nisa, N. K. (2023). Analisis Keuntungan dan Kerugian Kahoot sebagai Platform Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(2), 39-44. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295
Putro, D. Y., & Rahayu, S. (2024, October). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Sway Berbantuan Kahoot Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Materi Listrik dan Teknologi SD Negeri Karangbesuki 1 Kota Malang. In Seminar Nasional dan Prosiding PPG Unikama (Vol. 1, No. 2, pp. 1585-1594). https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/ppg/article/download/1066/891
Rulyansah, A., & Wardana, L. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligences. Jurnal Basicedu, 4(4), 1236-1245. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.539
Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Agung H. & Y. Hery M, Komputasi Statistik. Semarang: Universitas PGRI Semarang, 2016.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung; Alfabeta.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitan & Pengembangan: Penelitian & Pengembangan (Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil).
https://perpustakaan.umsida.ac.id/index.php?p=show_detail&id=62232&keywords=
Adam, M., Abbas, N., & Badu, S. Q. (2024). Uji Kevalidan dan Kepraktisan E-Modul Matematika Berbasis Flipbook. Jambura Journal of Mathematics Education, 5(2), 96-103. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmathedu/article/view/20199/9670
Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133. https://www.academia.edu/download/85086222/36-67-1-sm.pdf
Anuraga, BS, Dwijayanti, I., & Sumarno, S. (2024). Efektifitas Media Kahoot dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Penalaran Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Kecamatan Tamansari. AS-SABIQUN , 6 (2), 237-247. 10.36088/assabiqun.v6i2.4423
Daud, F. (2022). Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Sains. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 189-197. https://japend.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/15/9
Revita, R. (2019). Uji kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148-154. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7486
Irwan, I., Luthfi, ZF, & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan , 8 (1), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866
Kasim, M. (2025). Pengembangan Butir Soal Assesment Berbasis Aplikasi Kahoot! pada Pembelajaran PAI di UPT SMAN 5 Parepare. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 20(1), 89-95. https://doi.org/10.56338/iqra.v20i1.6607
Ulfa, Ellistya Hayati. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran_Tematik_Kelas_IV_SD/MI.”_2020._https://repository.radenintan.ac.id/10785/1/SKRIPSI%20%202.pdf
Wulandari, N., dan Sholihin H. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains, Vol 8. No (1): 6. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762