Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Tri-N: Niteni, Nirokke, Nambahi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Wawancara Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Hutri Darmayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Siti` Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1099

Kata Kunci:

hasil belajar, jigsaw, pembelajaran kooperatif, tri-n, wawancara

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam penguasaan materi wawancara yang memerlukan keterampilan berpikir kritis, komunikasi lisan, dan kolaborasi. Siswa sering mengalami kesulitan dalam merumuskan pertanyaan, menyusun alur wawancara yang logis, serta menunjukkan rasa percaya diri dalam menyampaikan hasil wawancaranya. Permasalahan ini diperburuk oleh dominasi metode ceramah yang masih bersifat satu arah dan kurang partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang diintegrasikan dengan pendekatan Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wawancara. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar, ditunjukkan melalui peningkatan keterampilan siswa dalam menyusun dan mempresentasikan wawancara, serta peningkatan skor hasil belajar dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,61 (kategori sedang). Integrasi Tri-N memberikan tahapan belajar yang kontekstual, dari pengamatan, peniruan, hingga pengembangan gagasan secara aktif. Kesimpulannya, model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbasis Tri-N tidak hanya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, tetapi juga membangun keterampilan sosial, kepercayaan diri, dan apresiasi terhadap budaya lokal, serta memberikan kontribusi penting bagi pembelajaran Bahasa Indonesia yang aktif, kolaboratif, dan bermakna di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. M. Ameen and A. B. Mahmood, “Barriers to Learning English as a Second Language in the Public High Schools of Raparin Area,” Int. J. Linguist., 2023, doi: 10.5296/ijl.v15i5.21297.

D. B. Saputra, H. Y. Ayudhia, and R. Muswari, “Teachers’ perceptions of challenges in online learning: Voices from secondary EFL teachers,” JOALL (Journal Appl. Linguist. Lit., 2022, doi: 10.33369/joall.v7i1.18855.

S. S. Rosalina and A. Suhardi, “NEED ANALYSIS OF INTERACTIVE MULTIMEDIA DEVELOPMENT WITH CONTEXTUAL APPROACH ON POLLUTION MATERIAL,” INSECTA Integr. Sci. Educ. Teach. Act. J., 2020, doi: 10.21154/insecta.v1i1.2107.

N. aini Nst and Ahmad Fuadi, “Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi dalam Pembelajaran,” Educ. J. Ilmu Pendidik. dan kependidikan, 2023, doi: 10.61721/educandumedia.v2i1.223.

Y. Noverdika, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang,” J. Literasiologi, 2021, doi: 10.47783/literasiologi.v5i1.181.

M. De Los Reyes, C. Manalo, and S. Omar, “Challenges and computer-aided reading strategies in vocabulary enhancement,” J. Educ. Acad. Settings, 2024, doi: 10.62596/z087de38.

M. J. Imron and I. Afandi, “DAMPAK MULTIMEDIA BAGI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH,” Al-Ibrah J. Pendidik. dan Keilmuan Islam, 2022, doi: 10.61815/alibrah.v7i1.188.

Emiliya, Soni Erikson, Dimas paulus Arianto, Radha Florida, and Arif Almahdi, “APPLICATION OF JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING TO STUDENT LEARNING OUTCOMES IN CLASS IX SMP NEGERI 2 NGABANG,” Res. Educ. Technol., 2023, doi: 10.62590/regy.v2i1.98.

N.- Uljannah, S. Stevani, and R. Verawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Di Mtsn 6 Padang,” Horizon, 2022, doi: 10.22202/horizon.v2i3.5958.

A. Bekhatroh Rashed, A. S. Abu Almakarem, E. Galal Mohamed Kahlil, and A. A. Ahmed, “Effect of Jigsaw Learning Strategy on Nursing Students’ Understanding of Normal Labor Concept,” Egypt. J. Heal. Care, 2023, doi: 10.21608/ejhc.2023.325529.

N. Nasrullah, M. Azhar, 2, Nurul Satria Abdi, K. Kurniawan, and A. S. Akram, “Building Strong Character Among The Adolescent Of The Islamic Center Mosque Of Al-Muqorrobin, Sewon, Bantul Through Didikan Subuh And Tapak Suci Martial Arts,” Proceeding Int. Conf. Community Serv., 2023, doi: 10.18196/iccs.v1i2.165.

D. Dewanto, H. M. Wantu, Y. Dwihapsari, T. A. Santosa, and I. Agustina, “Effectiveness of The Internet of Things (IoT)-Based Jigsaw Learning Model on Students’ Creative Thinking Skills: A- Meta-Analysis,” J. Penelit. Pendidik. IPA, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i10.4964.

E. L. Pramudya, Istiqomah, and E. Harini, “Enhancement Of Mathematics Learning And Results Using Jigsaw Learning Models With Concept Niteni, Nirokke, Nambahi,” J. Ilm. Profesi Guru, 2020, doi: 10.30738/jipg.vol1.no2.a7161.

N. Daen, I. Istiqomah, and T. A. Arigiyati, “Model Pembelajaran Group Investigation dengan Pendekatan 3N untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika,” UNION J. Ilm. Pendidik. Mat., 2020, doi: 10.30738/union.v8i3.8817.

E. Ermawati and S. Rochmiyati, “IMPLEMENTASI TRI-N (NITENI-NIROKKE-NAMBAHI) DAN PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) PADA PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI KELAS VII DI SMP,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., 2020, doi: 10.15294/jpbsi.v9i1.35756.

I. Istiqomah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PENDEKATAN AJARAN 3N UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA,” J. Ilm. Profesi Guru, 2020, doi: 10.30738/jipg.v1i1.7161.

S. Sutanto, Salma Nur Arrifa, and Heri Maria Zulfiati, “Application Application of the Tri-N-Based PBL Learning Model (Niteni, Nirokke, Nambahi) in Class V Elementary School Social Studies Learning,” J. Pendidik. IPS, 2023, doi: 10.37630/jpi.v13i1.1017.

E. Salfia, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Interaktif Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Integral SMA Kelas XII,” J. Ris. Ilmu Pendidik., 2021, doi: 10.56495/jrip.v1i1.62.

M. D. Erlangga and K. Dwiningsih, “Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Representasi Kimia pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i3.3762.

P. H. Putri and S. Sriyanto, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE EARTH DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 52 JAKARTA,” Edu Geogr., 2022, doi: 10.15294/edugeo.v10i2.60521.

A. E. R. Machawan and R. Rosiah, “PENDIDIKAN LITERASI KEPADA ANAK TPA MELALUI CERITA SARAT PESAN MORAL DI TPA ASSHOLIHIN KEPUHAN,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., 2022, doi: 10.18196/ppm.42.881.

P. A. C. Dewi, M. G. R. Kristiantari, and N. N. Ganing, “Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SD pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa,” Indones. J. Instr., 2021, doi: 10.23887/iji.v2i2.44511.

D. Harefa et al., “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., 2022, doi: 10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.

I. M. ARTA, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TENGANAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019,” ACTION J. Inov. Penelit. Tindakan Kelas dan Sekol., 2021, doi: 10.51878/action.v1i1.283.

P. K. Nashiroh, F. Ekarini, and R. D. Ristanto, “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., 2020, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906.

R. dani Randi eka putra, “Peningkatan Kemampuan Membaca Memindai melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw II di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Padang Besi Kota Padang,” J. Tunas Pendidik., 2021, doi: 10.52060/pgsd.v4i1.631.

A. S. Billa, M. N. Faradita, and I. Naila, “Analisis Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran IPAS dari Perspektif Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kurikulum Merdeka,” J. Ilm. Mandala Educ., 2023, doi: 10.58258/jime.v9i3.5329.

D. Heriwan and T. Taufina, “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.416.

A. Wachid, R. Ulviyani, and A. F. Nisa, “INTEGRASI PENDEKATAN STEM DAN TRI N PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA,” EDUPROXIMA J. Ilm. Pendidik. IPA, 2024, doi: 10.29100/.v6i1.4219.

A. P. D. Ary Sukanti, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK DEWA TRI MURTI DENGAN MEDIA HALILINTAR MELALUI PENDEKATAN MULTISENSORI BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS II SDLB DI SLB N 1 BADUNG,” Guna Widya J. Pendidik. Hindu, 2022, doi: 10.25078/gw.v9i1.24.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-20

Cara Mengutip

Darmayanti, H., & Rochmiyati, S. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Tri-N: Niteni, Nirokke, Nambahi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Wawancara Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(11), 3279-3287. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1099