Respons dan Kesiapan Guru Madrasah dalam Menghadapi Transformasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Studi Kualitatif di Madrasah Aliyah DDI Galla Raya Raya
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1098Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Respon Guru, Teknologi Pendidikan, Transformasi Pembelajaran.Abstrak
Kemajuan teknologi telah mendorong transformasi pembelajaran di madrasah, termasuk di Madrasah Aliyah DDI Galla Raya, yang menuntut kesiapan dan adaptasi guru terhadap media pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respons dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, keterlibatan peserta didik, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap guru dan kepala madrasah, serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang didukung perangkat lunak NVivo 12 Pro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memberikan respons positif terhadap penggunaan teknologi karena dirasakan mampu meningkatkan motivasi belajar, memperluas akses terhadap materi, dan mendukung efektivitas pembelajaran. Namun demikian, beberapa hambatan masih ditemui, seperti keterbatasan kompetensi digital, minimnya fasilitas, dan kurangnya pelatihan teknis. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kompetensi guru dan dukungan infrastruktur sebagai prasyarat utama keberhasilan transformasi pembelajaran berbasis teknologi, khususnya di lingkungan madrasah yang sedang beradaptasi dengan era digital.
Unduhan
Referensi
L. R. Abdillah, "Strategi kepala sekolah meningkatkan kualitas guru melalui kegiatan kedisiplinan," Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), vol. 4, no. 2, pp. 57–63, Feb. 2024
S. Supiansyah, Z. Zamrudi, H. Madihah, S. Fajrianti, and H. Lusiana, "From traditional to digital: Enhancing teacher performance for improved educational quality," Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 9, no. 1, pp. 99–110, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/9672. doi: 10.33650/al-tanzim.v9i1.9672.
J. Siska and Hadiwinarto, "Learning Islamic Religious Education in State Elementary Schools Using Technology-Based Media," Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1890.
I. Kharismatunnisa, "Inovasi dan kreativitas pendidikan Agama Islam guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital," Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, vol. 5, no. 3, Sep. 2023.
A. Syahid, F. A. Fauzi, Sumarni, R. Ananda, A. Salsabila, A. Hafizah, A. Anggraini, and M. Romdoni, "Comparative Analysis of Teaching with Electronic Media and Conventional Teaching in the Classroom," *Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia*, vol. 2, no. 2, pp. 68–74, May 2024. [Online]. Available: https://doi.org/10.59024/faedah.v2i2.821.
Liputan6.com, "Kemendikbud Sebut 60 Persen Guru Masih Terbatas Menguasai Teknologi Informasi,” Apr. 6, 2021. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/news/read/4533328/kemendikbud-sebut-60-persen-guru-masih-terbatas-menguasai-teknologi-informasi?page=2
H. Haddade, A. Nur, M. K. Mustami, and A. Achruh, "Technology-based learning strategies in Digital Madrasah Program," Cypriot J. Educ. Sci, vol. 18, no. 1, pp. 55–70, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.18844/cjes.v18i1.8179.
M. T. Hidayatullah, M. Asbari, M. I. Ibrahim, and A. H. Faidz, "Urgensi aplikasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia," Journal of Information Systems and Management, vol. 2, no. 6, Dec. 2023. [Online]. Available: https://jisma.org
Y. W. A. Wibowo, A. Murtopo, and D. P. Sari, "Effectiveness of Virtual Reality Application as English Learning Media," Lingua: Journal of Linguistics and Language, vol. 2, no. 3, pp. 74–84, Sep. 2024. [Online]. Available: https://journal.idscipub.com/lingua.
H. Akram, A. H. Abdelrady, A. S. Al-Adwan, and M. Ramzan, "Teachers’ perceptions of technology integration in teaching-learning practices: A systematic review," Frontiers in Psychology, vol. 13, Art. no. 920317, pp. 1–9, Jun. 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.920317.
F. R. Fiantika, et al., Metodologi Penelitian Kualitatif, Padang: Global Eksekutif Teknologi, 2022.
L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2022.
A. Triyono, Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif, Yogyakarta: CV. Bintang Surya Madani, 2021.
S. D. Riskiono, F. Hamidy, and T. Ulfia, "Sistem informasi manajemen dana donatur berbasis web pada panti asuhan yatim madani," Journal of Social and Technology for Community Service (JSTCS), vol. 1, no. 1, p. 22, 2020.
D. Prihapsari and R. Indah, "Coding untuk menganalisis data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan," Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, vol. 21, no. 2, Aug. 2021.