Penggunaan Podcast Dalam Pembelajaran untuk Mendukung Gaya Belajar Siswa di Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Sebuah Kajian Literatur Sistematis

Penulis

  • Junita Sara V. B. Tuange Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ketut Agustini Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Kadek Suartama Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1096

Kata Kunci:

Auditori, Gaya Belajar, Kinestetik, Podcast, Visual

Abstrak

Pembelajaran podcast adalah suatu bentuk kegiatan belajar yang menggunakan rekaman audio digital sebagai media utama untuk menyampaikan materi pembelajaran, yang dapat diakses melalui perangkat digital. Gaya belajar merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memahami proses pembelajaran. Gaya belajar terbagi menjadi tiga yaitu gaya belajar auditori, kinestetik dan visual. Pemanfaatan podcast dalam proses belajar mengajar menyimpan permasalahan yang dihadapkan dengan gaya belajar siswa yang beragam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media pembelajaran podcast berdasarkan gaya belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Systematic Literature Review dengan pengumpulan data dan mendokumentasikan artikel terkait pada penelitian serupa. Artikel yang dapat digunakan pada penelitian ini sebanyak 15 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari database Google Scholar yang terbit dari tahun 2020 sampai tahun 2025. Berdasarkan hasil penelitian, jurnal paling banyak terbit di tahun 2022, metode penelitian paling banyak menggunakan model ADDIE, jenjang pendidikan paling banyak pada jenjang SMA dan mata pelajaran paling banyak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dampak dari penelitian ini untuk pengembangan teori tentang kecocokan media pembelajaran dengan gaya belajar, kemudian memberikan rekomendasi kepada guru dan pengembang konten pembelajaran bahwa podcast sebagai media pembelajaran yang efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. M. Hutabarat,“Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi,” Jurnal Sosial Humaniora Terapan, vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.7454/jsht.v2i2.85.

F. Indriastuti et al., “Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources,” 2014.

T. D. Do, U. Bin Shafqat, E. Ling, and N. Sarda, “PAIGE: Examining Learning Outcomes and Experiences with Personalized AI-Generated Educational Podcasts,” Oct. 2024, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2409.04645

K. Dunn, R., & Dunn, Teaching students through their individual learning styles: A practical approach, vol. 3, no. 0. 1978.

N. Fleming, “VARK: A Guide to Learning Styles Edition 7.1,” VARK Learn Limited.

D. D. Errabo, A. Dela Rosa, and L. J. M. Gonzales, “Optimizing differentiated podcasts to promote students’ self-regulation and engagement, self-efficacy and performance in asynchronous learning,” Journal of Research in Innovative Teaching and Learning, vol. 17, no. 2, pp. 368–390, Aug. 2024, doi: 10.1108/JRIT-02-2024-0039.

S. Wahyuni and D. S. Dewi, “Impact of Video Podcasts on Speaking Proficiency in Indonesian Higher Education: A Study of Diverse Learning Styles,” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 16, no. 3, pp. 3041–3053, Aug. 2024, doi: 10.35445/alishlah.v16i3.5735.

J. White dan L. Thompson, “The Cognitive Toll of Audio-Only: Analyzing Extraneous Cognitive Load in Visual Learners During Educational Podcasts,” Educational Technology Research and Development, vol. 71, no. 5, hlm. 1875–1894, 2023.

A. Lestari dan D. Santoso, “Kesiapan Guru di Era Digital: Dari Keterampilan Teknis ke Kompetensi Pedagogis dalam Pembelajaran Berbasis Podcast,” Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, vol. 5, no. 1, hlm. 88-102, 2024.

S. Alvarez, “Metacognitive Voids: Student Self-Regulation in Passive Audio Learning Environments,” Journal of Educational Psychology & Technology, vol. 29, no. 4, hlm. 512-528, 2023.

C. Miller, “Assessing the Unseen: The Challenge of Evaluating Kinesthetic Understanding in Podcast-Based Instruction,” Assessment in Modern Education, vol. 41, no. 3, hlm. 330-345, 2024.

R. Bailey, “Beyond VAK: Podcasting, Accessibility, and the Neurodiverse Learner,” Inclusive Education Review, vol. 14, no. 2, hlm. 198-215, 2023.

B. Kitchenham, “Procedures for performing systematic reviews,” Keele University Technical Report, 2004.

W. H. Gunawan, dkk., “Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Literasi Dan Deep Learning,” Jurnal Edu Research IICLS, vol. 6, no. 1, Mar. 2025.

A. Muhammad Ilwan Al., dkk., “Pengembangan Desain Pesan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris,” Jurnal Literasi Digital, vol. 2, no. 2, hlm. 1-13, Jul. 2022, doi: 10.54065/jld.2.2.2022.229.

N. Indriyanti dan U. Azmi, “Pengembengan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Podcast Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Islam Al-Falah Jambi,” Jurnal Istoria Prodi Pendidikan Sejarah, vol. 6, no. 1, Apr. 2022, doi: 10.33087/istoria.v6i1.144.

A. R. Juangga, U. Jamaludin, dan R. Y. Lestari, “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Audio Melalui Podcast Spotify,” JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, vol. 4, no. 1, Mar. 2025, doi: 10.57235/jetish.v4i1.5098.

M. F. Maulana, E. Nugraha, dan D. F. Fauziyyah, “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Podcast dalam Pembelajaran Menyimak Teks Ulasan di Kelas VIII SMPN 17 Bandung,” Jurnal Pendidikan, vol. 32, no. 2, hlm. 263-282, Jul. 2023.

M. E. R. Sari dan J. M. Tueraha, “Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Podcast Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori Asam Basa di SMAN 2 Langowan,” Oxygen: Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 5, no. 1, hlm. 28-35, 2023, doi: 10.37033/ojce.v5i1.574.

M. F. Saepuloh, L. S. Nurwahidah, dan A. Kartini, “Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 10, no. 2, 2021.

A. Suriani, dkk., “Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, hlm. 800-807, 2021.

F. A. Fikri, dkk., “Pengembangan Podcast sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SD Kelas IV,” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, vol. 5, no. 2, Feb. 2023, doi: 10.38035/rrj.v5i2.

K. Perayani dan I. W. Rasna, “Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL),” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, vol. 11, no. 1, hlm. 1-9, Mar. 2022, doi: 10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741.

N. S. Romiati, dkk., “Media Pembelajaran Podcast pada Mata Pelajaran IPS Memaknai Kemerdekaan untuk Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, hlm. 5985-5993, 2022.

Diana dan B. A. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Podcast SMAMITA Bercakap Dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMA Muhamamdiyah 1 Taman,” Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 3, Nov. 2020.

M. V. Putri, I. Cahyani, dan S. Sundusiah, “Implementasi Model Flipped Classroom Berbantuan Media Podcast dalam Pembelajaran Menulis Resensi,” Artikulasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 4, no. 1, hlm. 1-12, 2024.

P. D. Wijayanto, dkk., “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Youtube (Podcast) dengan Metode Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh pada Materi Komputer dan Jaringan Dasar di SMKN 3 Bandung,” Jurnal Guru Komputer, vol. 1, no. 1, hlm. 50-62, Jul. 2020.

H. A. S. Fadia dan R. Widyasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 2, hlm. 160-165, Nov. 2021, doi: 10.26740/eds.v5n2.p160-165.

C. Hodges, dkk., “The Difference Between Emergency Remote Teaching and Online Learning,” Educause Review, vol. 27, no. 1, hlm. 1-12, 2020. [Daring]. Tersedia: https://er.educause.edu/articles/2020/3/the-difference-between-emergency-remote-teaching-and-online-learning

D. Puspitasari dan F. Maulidina, “Podcast Sebagai Media Pembelajaran Era Digital dalam Pendidikan Bahasa,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, hlm. 87-95, 2022.

R. E. B. Mayer, Multimedia Learning, ed. ke-2. Cambridge University Press, 2009.

B. Seels dan Z. Glasgow, Making Instructional Design Decision. Upper Saddle River, NJ: Merrill/Prentice Hall, 1998.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2021.

S. Wulandari dan R. Ramadhani, “Efektivitas Penggunaan Podcast dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Gaya Belajar Auditori,” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 11, no. 1, hlm. 30-40, 2023, doi: 10.56910/pustaka.v1i1.1717.

R. F. Schmid, dkk., “A Typology of Research in Educational Technology: A Framework for Synthesis and Analysis,” Educational Technology Research and Development, vol. 71, hlm. 1-25, 2023.

A. J. Holliman dan A. Pásztor, “The educational potential of podcasts for learning and teaching,” Journal of Further and Higher Education, vol. 46, no. 8, hlm. 1045-1049, 2022, doi: 10.1080/0309877X.2022.2104672.

D. Yuliana dan R. A. Pratama, “The Impact of Authentic Audio Materials on Phonological Awareness and Pragmatic Competence in Language Acquisition,” Jurnal Linguistik Terapan, vol. 15, no. 1, hlm. 45-58, 2024.

J. Sweller, “Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning,” Cognitive Science, vol. 12, no. 2, hlm. 257–285, 1988.

A. Yotta, “Auditory Learning Style and Its Impact on Student Learning,” European Journal of Education Studies, vol. 10, no. 12, 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-24

Cara Mengutip

Tuange, J. S. V. B., Agustini, K., & Suartama, I. K. (2025). Penggunaan Podcast Dalam Pembelajaran untuk Mendukung Gaya Belajar Siswa di Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Sebuah Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(11), 3410-3424. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1096