Optimalisasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana untuk Peningkatan Efisiensi di Sekolah Menengah Atas: Kajian Literatur Sistematis
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1069Kata Kunci:
Efisiensi Operasional, Optimalisasi Pemeliharaan, Sarana dan PrasaranaAbstrak
Penelitian ini menjelaskan strategi optimalisasi pemeliharaan sarana dan prasarana di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mengoptimalkan efisiensi operasional. Masalah yang diangkat adalah sering terjadinya kerusakan fasilitas pendidikan yang berdampak pada proses pembelajaran dan operasional sekolah. Ketidakefisienan dalam pemeliharaan dapat menyebabkan peningkatan biaya dan penurunan kualitas layanan pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini ialah guna menganalisis metode pemeliharaan yang efektif dan berkelanjutan serta menyusun rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi operasional sekolah. Penelitian ini menerapkan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) guna meninjau berbagai studi terdahulu tentang pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah, khususnya di tingkat SMA. Hasil dari SLR ini menunjukkan bahwa pendekatan proaktif dalam pemeliharaan, penggunaan teknologi manajemen fasilitas, dan pelatihan staf memiliki dampak positif terhadap efisiensi operasional. Urgensi penelitian ini terletak pada keterbatasan studi yang secara komprehensif mengintegrasikan aspek manajerial dan teknologi dalam konteks pemeliharaan sarana pendidikan, yang selama ini kurang mendapat perhatian dalam kajian literatur. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak sekolah, khususnya di jenjang SMA, dalam mengimplementasikan strategi pemeliharaan yang lebih efektif, sekaligus memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan model manajemen fasilitas pendidikan berbasis efisiensi dan keberlanjutan.
Unduhan
Referensi
K. Lubis and M. Fadli, “Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 102071 Dolok Masihul,” Ta Dib J. Pendidik. Islam, vol. 13, no. 2, pp. 371–384, 2024, doi: 10.29313/tjpi.v13i2.14098.
H. Sapat, A. P. Omolu, and I. W. Tasrim, “Optimalisasi Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Totikum dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam,” J. Educ. Manag. Islam. Leadersh., vol. 1, no. 01, pp. 28–43, 2022, doi: 10.47400/jemil.v1i01.2708.
A. E. Putri, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik,” JIM J. Ilm. Mhs. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 2, pp. 533–540, 2024, doi: 10.24815/jimps.v9i2.30523.
T. Nadilah, M. W. Afgani, and A. Afriantoni, “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Sarana Prasarana di SD Negeri 3 Petaling,” Indones. Res. J. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 86–93, 2025, doi: 10.31004/irje.v5i3.2465.
I. Maula, I. Irwandi, A. L. Sari, D. S. Sarimin, and R. H. S. Rondonuwu, “Pendidikan Untuk Pemerataan Pembangunan: Memperjuangkan Hak Semua Anak,” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 13153–13165, 2023, doi: jonedu.org/index.php/joe.
H. S. Andi Samsariah, John Agustinus, “Pengaruh Efisiensi Dan Efektifitas Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah Terhadap Kualitas Layanan Belajar Dan Mengajar Madrasah Ibtidaiyah (Studi Empiris Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Jayapura),” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 13, no. 2, pp. 79–91, 2022, doi: 10.55049/jeb.v13i2.134.
A. S. Usman, “Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah,” J. Ilm. Didakt. Media Ilm. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 15, no. 1, pp. 13–31, 2014, doi: 10.22373/jid.v15i1.554.
R. A. Lesasunanda and A. Malik, “Peningkatan Kualitas Guru Melalui Literasi Digital di MAN 1 Sumbawa Barat,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 1904–1915, 2024, doi: 10.29303/jipp.v9i3.2365.
S. Soleha, N. Syahira, R. Romadhan, S. Alvarishi, and J. Andriesgo, “Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Meningkat Efektifitas Pembelajaran,” PEMA, vol. 5, no. 2, pp. 377–387, 2025, doi: 10.56832/pema.v5i2.1072.
Sani Susanti, Nayla Rafa Agasti, Indah Melbrina Br Milala, Renata Dinda Sihombing, and Wanda Christiani Sitompul, “Analisis Manajemen Pendidikan di SMP N 27 Medan: Studi Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Sekolah,” Pragmatik J. Rumpun Ilmu Bhs. dan Pendidikan , vol. 2, no. 3, pp. 231–245, 2024, doi: 10.61132/pragmatik.v2i3.758.
I. Smith, E. Hardy, S. Mitchell, and S. Batson, “Semaglutide 2.4 Mg for the Management of Overweight and Obesity: Systematic Literature Review and Meta-Analysis,” Diabetes, Metab. Syndr. Obes., vol. 15, pp. 3961–3987, 2022, doi: 10.2147/DMSO.S392952.
A. N. Ayob, C. R. Che Hassan, and M. D. Hamid, “Safety culture maturity measurement methods: A systematic literature review,” J. Loss Prev. Process Ind., vol. 80, p. 104910, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.jlp.2022.104910.
A. T. Cohen, S. E. Berger, D. Milenkovi?, N. R. Hill, and S. Lister, “Anticoagulant selection for patients with VTE—Evidence from a systematic literature review of network meta-analyses,” Pharmacol. Res., vol. 143, pp. 166–177, 2019, doi: https://doi.org/10.1016/j.phrs.2019.03.017.
M. Hizam-Hanafiah, M. A. Soomro, and N. L. Abdullah, “Industry 4.0 readiness models: A systematic literature review of model dimensions,” Inf., vol. 11, no. 7, pp. 1–13, 2020, doi: 10.3390/info11070364.
M. Ya’cub and D. S. Ga’a, “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 60–69, 2021, doi: 10.31538/munaddhomah.v2i2.67.
B. Supriyanto, S. Partini Suardiman, A. Budi Santosa, and U. Ahmad Dahlan Yogyakarta, “Strategi Pembiayaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Layanan Pendidikan di SMA Negeri,” JIMPS J. Ilm. Mhs. Pendidik. Sej., vol. 8, no. 4, pp. 5215–5229, 2023, doi: 10.24815/jimps.v8i4.27126.
M. H. Ginanjar and M. Jundullah, “Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA Al-Minhaj Bogor,” J. Manaj. Pendidik. Islam P, vol. 6, no. 1, pp. 103–1017, 2023, doi: 10.30868/im.v4i02.3693.
Ramayanti, “Manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 18 Takengon Aceh Tengah,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. FKIP Univ. Lampung 2025, p. 118, 2022, doi: e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem.
A. N. Zakiyyah, S. Patimah, and S. R. Ningsih, “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sma Negeri 1 Pangandaran,” SENTRI J. Ris. Ilm., vol. 2, no. 2, pp. 469–475, 2023, doi: 10.55681/sentri.v2i2.527.
A. R. Zhafirah and A. Nurlaeli, “Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran,” Dirasah J., vol. 7, no. 2, pp. 846–858, 2024, doi: 10.58401/dirasah.v7i2.1371.
Y. Azmi and R. Fernandes, “Strategi SMA Negeri 16 Padang dalam Mempertahankan Akreditasi A Khususnya pada Standar Sarana dan Prasarana,” J. Perspekt. J. Kaji. Sosiol. Dan Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 448–455, 2020, doi: 10.24036/perspektif.v3i3.302.
Subhan, “Analisis Implementasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Negeri 2 Kraksaan - Probolinggo,” J. Manajerial Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 151–163, 2021, doi: 10.37504/jmb.v4i2.299.
F. Yahya and H. Handayani, “Optimalisasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Aktifitas Belajar Siswa Sma Negeri 1 Aikmel,” At-Tadbir, vol. 1, no. 2, pp. 58–68, 2021, doi: 10.51700/attadbir.v1i2.230.
Ahmadi, “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 1 Trienggadeng Pidie Jaya,” Sultra Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 20–28, 2021, doi: 10.54297/seduj.v1i2.156.
Z. Muhammad Iqbal, Febriyanti, “Pelaksanaan Pemeliharaan Sarana Prasarana sebagai Upaya Mewujudkan Kualitas Layanan Pendidikan,” El-Idare J. Islam. Educ. Manag., vol. 10, no. 2, pp. 72–78, 2024, doi: 10.19109/elidare.v10i2.24674.
H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, p. 31, 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.
A. Rehalat, “Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Pemanfaatan Kantin Sekolah Di SMA Muhammadiyah Ambon,” JPEK (Jurnal Pendidik. Ekon. dan Kewirausahaan), vol. 8, no. 1, pp. 366-373–366–373, 2024, doi: 10.29408/jpek.v8i1.25403.
U. Kusnanto, Noviyanti, Candra Gudianto, “Transformasi Sosial-Ekonomi di Masyarakat Pedalaman?: Integrasi Teknologi dan Ketahanan Pendidikan Menengah Kebawah,” J. Ilm. Ilmu Sos., vol. 10, no. 2, pp. 192–202, 2024, doi: 10.23887/jiis.v10i2.82914.
H. S. Ririn Purwani, Achmad Fathoni, Sarilan, “Transformasi Administrasi Pendidikan untuk Mengoptimalkan Efisiensi dan Kualitas Layanan Pendidikan pada Era Digital,” J. Keilmual dan Keislam., 2025, doi: 10.23917/jkk.v4i1.261.
I. Febrianti et al., “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan,” Acad. Educ. J., vol. 14, no. 2, pp. 506–522, 2023, doi: 10.47200/aoej.v14i2.1763.
N. Putri et al., “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efisiensi Manajemen Pendidikan Di Mis 05 Darussalam,” Ar-Risalah Media Keislam. Pendidik. dan Huk. Islam, vol. 22, no. 1, p. 033, 2024, doi: 10.69552/ar-risalah.v22i1.2372.
K. A. Armanto, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Bimbingan Belajar ( BIMBEL ) Praja Edukasi Banda Aceh Abstrak,” vol. 1, no. 2, pp. 13–23, 2024, doi: 10.35870/jikti.v1i2.1066.
M. Shalahuddin, M. M. Arromy, U. Ruswandi, and B. S. Arifin, “Analisis Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal ( SPMI ) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal ( SPME ) di Sekolah Menengah Atas,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 14, no. 1, pp. 2721–2736, 2025, doi: 10.58230/27454312.1932.
E. Muljanah, S. E. Zeniarda, N. Dihan, R. Balqis, N. A. Fariza, and H. Masitha, “Implementasi Manajemen , Digitalisasi , dan Penguatan Literasi dalam Pengelolaan Perpustakaan di SMA Labschool Unesa 1,” Pubmedia J. Penelit. Tindakan Kelas Indones., no. 3, pp. 1–15, 2025, doi: 10.47134/ptk.v2i3.1673.
F. A. F. Moh. Nasir, Ady Alfan Mahmudinata, Hafidulloh, Miftah Ulya, “Strategi Pemberdayaan Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Pendidikan,” J. Int. Multidiscip. Res., vol. 1 No :2 De, pp. 799–816, 2023, doi: 10.62504/mbznza39.
F. A. Tumiran, Bahtiar Siregar, Nanda Rahayu Agustia, “Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Digitalisasi (Studi Kasus di Mas Tarbiyah Islamiyah Kec. Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang),” JIMPS J. Ilm. Mhs. Pendidik. Sej., pp. 542–551, 2024, doi: 10.24815/jimps.v9i4.32899.
M. My and F. Jeka, “Tantangan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Madrasah Studi Kasus Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru,” vol. 5, no. 4, pp. 5336–5353, 2024, doi: 10.37985/jer.v5i4.1758.
A. C. M. Mushofa, “Pemanfaatan Teknologi IoT Untuk Mendukung Pembelajaran Interaktif Dan Pengelolaan Sarana Prasarana Di Lembaga Pendidikan Islam,” J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Teknol. dan Pendidik., vol. 4, no. 6, pp. 899–918, 2025, doi: 10.54443/sibatik.v4i6.2832.
S. Leo Tarnando, Rusdiyanto, “Implementasi Program Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Aset dan Tanggung Jawab Karyawan SMA Negeri 2 Muara Beliti,” JAMAN J. Akunt. dan Manaj. Bisnis, vol. 4, no. 3, pp. 11–17, 2024, doi: 10.56127/jaman.v4i3.1748.
R. B. Prihatin, “Masyarakat sadar bencana: pembelajaran dari Karo, Banjarnegara, dan Jepang,” Aspir. J. Masal. Sos., vol. 9, no. 2, pp. 221–239, 2018, doi: 10.22212/aspirasi.v7i1.1084.
M. Mustari et al., Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Jombang: CV.ASKARA SASTRA MEDIA, 2024.
M. Nurikhsan, S. A. Kamaruddin, and A. O. T. Awaru, “Evolusi Paradigma Respon Sosial terhadap Bencana: Analisis Literatur dari Pendekatan Reaktif ke Proaktif,” J. Adm. Soc. Sci., vol. 6, no. 2, pp. 78–87, 2025, doi: 10.55606/jass.v6i2.1934.
M. A. Syafiq, S. Davina, W. P. S. Butar, and A. Mukhlasin, “Inovasi manejemen pendidikan islam dalam menghadapi tantangan modern,” Philosophiamundi, vol. 2, no. 3, 2024, doi: philosophiamundi.id/index.php/philosophia.
M. N. L. Irawan, “Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap efektivitas pembelajaran di sekolah Islam,” An Najah (Jurnal Pendidik. Islam dan Sos. Keagamaan), vol. 2, no. 3, pp. 84–91, 2023, doi: journal.nabest.id/index.php/annajah.
F. Randan, M. A. Todingbua, and A. Buku, “Efektifitas Pelayanan dan Penyediaan Sarana/Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire.,” J. Compr. Sci., vol. 4, no. 2, 2025, doi: 10.59188/jcs.v4i2.3000.
F. A. Pradana, “Perancangan Sistem Presensi Deteksi Wajah Berbasis Website (Studi Kasus Laboratorium Sistem Manufaktur Terintegrasi UII),” 2024, Universitas Islam Indonesia. doi: dspace.uii.ac.id/123456789/53589.
Y. Handoko, B. Setiyadi, M. Musayyadah, A. Lestari, and H. A. Wijaya, “Pendampingan Digitalisasi Pengelolaan Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Akreditasi MIN 2 Tanjung Jabung Timur,” J. Hum. Educ., vol. 4, no. 6, pp. 511–515, 2024, doi: 10.31004/jh.v4i6.1857.
M. Hasna, “Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital,” J. Pendidik. Mod., vol. 10, no. 1, pp. 32–42, 2024, doi: 10.37471/jpm.v10i1.1053.
T. Tumiran, B. Siregar, N. R. Agustia, and F. Azhari, “Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Digitalisasi (Studi Kasus di Mas Tarbiyah Islamiyah Kec. Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang),” JIM J. Ilm. Mhs. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 4, pp. 542–551, 2024, doi: 10.24815/jimps.v9i4.32899.
G. Fitriani and A. Zainuri, “Administrative Supervision of the Independent Learning Curriculum at MAN 2 Palembang,” El-Idare J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 2, pp. 168–176, 2024, doi: 10.19109/elidare.v10i2.25893.
H. Datunsolang, “Implementasi Sistem Perencanaan Sumber Daya Manusia pada Biro AUAK IAIN Manado,” in The 2 nd Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM), doi: conference.uin-suka.ac.id/index.php/ACIEM.
A. Isma, Andika, Adi, Aswan, “Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia,” J. Pendidik. Terap., vol. 01, no. September, pp. 11–28, 2023, doi: 10.61255/jupiter.v1i3.153.
D. Setyawan and F. Firdausi, “Formulasi Kebijakan: Tahap Agenda Setting Pendirian Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Batu,” JIAP (Jurnal Ilmu Adm. Publik), vol. 9, no. 2, pp. 126–142, 2021, doi: 10.31764/jiap.v9i2.5224.
Franciska Christiana, Nur Fakhri Febriansyah, and Muhammad Yasin, “Strategi Industrialisasi Pengembagan Industri Kreatif Melalui E-Commmerce di Kota Batu,” Student Res. J., vol. 1, no. 3, pp. 152–161, 2023, doi: 10.55606/srjyappi.v1i3.326.
M. Warohmah and Kartilawati, “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” Ta’dib, vol. 19, no. 01, pp. 143–168, 2014, doi: 10.19109/td.v19i01.13.
E. Saely and Shaleh, “Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Industri 4.0,” Edudikara J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: 10.32585/edudikara.v8i1.315.
M. Siska, I. Siregar, A. Saputra, M. Juliana, and M. T. Afifudin, “Kecerdasan Buatan dan Big Data dalam Industri Manufaktur: Sebuah Tinjauan Sistematis,” Nusant. Technol. Eng. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 41–53, 2023, doi: 10.55732/nter.v1i1.1119.
A. Pahrudin, “Penguatan sistem tata kelola pendidikan tinggi dari paradigma konvensional ke transformatif,” vol. 3, no. 1, 2024, doi: 10.61402/crj.v2i1.229.
J. M. Polgan, M. M. Sulaeman, U. I. Lamongan, and T. Fit, “Peran Strategi Integratif Optimalisasi Sistem Informasi Bisnis berbasis Teknologi Digital untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan melalui Pendekatan Manajemen Personalia Berkelanjutan,” vol. 14, pp. 553–562, 2025, doi: 10.33395/jmp.v14i1.14783.
H. Rohman, “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru,” J. MADINASIKA Manaj. dan Kelas, vol. 1, no. 2, pp. 92–102, 2020, doi: ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article.
K. Priyatiningsih, I. Mulyawan, and R. Pakpahan, “Pengelolaan Properti Rukos Berbasis Pada Kinerja Aset,” J. DIFUSI, vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.35313/difusi.v1i1.1028.
N. Jernih, D. Karianita, E. Waruwu, and D. S. Zebua, “Implementasi Sistem Pencatatan Laporan Persediaan Barang Berbasis Digital di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Gunungsitoli,” vol. 2, pp. 269–291, 2024, doi: 10.62138/tuhenori.v2i4.85.
W. S. Nadifa Maulani Fadilla, “Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dalam Meningkatkan Efisiensi: Mini Literature Review,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 10, pp. 4135–4144, 2024, doi: jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article.
G. Ayibah and S. Andari, “Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Gayungan Ii/423 Surabaya,” J. Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 10, no. 3, pp. 566–574, 2022.
M. M. Nurzaelani, “Peran Guru dalam Pendidikan Lingkungan Hidup,” J. Teknol. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 92–105, 2017, doi: 10.32832/tek.pend.v6i1.503.