Implementasi Model PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi berbantuan GeoGebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Penulis

  • Ita Soliha Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Amidi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1068

Kata Kunci:

Berdiferensiasi, GeoGebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi esensial yang harus dimiliki peserta didik. Namun, perbedaan gaya belajar sering kali menjadi kendala dalam pencapaian kemampuan tersebut, terutama jika pembelajaran tidak disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan berdiferensiasi berbasis GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain posttest-only control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-G sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, t-test, serta uji ketuntasan klasikal dan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dengan pendekatan berdiferensiasi berbasis GeoGebra secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) rata rata nilai posttest kelompok eksperimen mencapai ketuntasan individu sebesar 81,3, (2) persentase ketuntasan klasikal kelompok eksperimen melebihi 76%, dan (3) perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dalam hasil posttest. Dengan demikian, hasil penelitian ini memperkuat urgensi penggunaan metode pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan belajar dan guna mendorong pencapaian kompetensi belajar masing-masing peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Amidi, Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Dosen Jurusan Matematika, Universitas Negeri Semarang

Referensi

M. Sari and C. Hasanudin, “906 Prosiding Seminar Nasional Daring Prosiding Seminar Nasional Daring Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari,” Jun. 2023.

A. Ni’mah, E. Syovi Arianti, S. Suyanto, S. Hamdi Pratama Putera, and A. Nashrudin, “Problem-Based Learning (PBL) Methods Within An Independent Curriculum(A Literature Review),” Sintaksis?: Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris, vol. 2, no. 4, pp. 165–174, Jul. 2024, doi: 10.61132/sintaksis.v2i4.859.

P. W. C. Davita and H. Pujiastuti, “Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender,” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, vol. 11, no. 1, pp. 110–117, May 2020, doi: 10.15294/kreano.v11i1.23601.

S. Febrianti, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Terintegrasi Nilai-Nilai Islami,” 2023.

B. W. Andriyanti et al., “Efektivitas Model PBL Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 35–45, 2023, doi: 10.33603/.v6i1.7854.

M. S. Alabdulaziz and S. Higgins, “The Compatibility of Developed Mathematics Textbook Content in Saudi Arabia with NCTM Standards: A Critical Review,” International Journal of Instruction, vol. 14, no. 2, pp. 461–482, Apr. 2021, doi: 10.29333/iji.2021.14226a.

P. Rakha, I. Aritsya, and S. B. Pujia, “Analisis Kemampuan Kognitif pada Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis,” Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, vol. 5, pp. 73–92, Jun. 2020.

S. Arifin, Kartono, and I. Hidayah, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching,” Jul. 2019.

H. S. Utami and N. Puspitasari, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Kuadrat,” 2022.

A. Khoirunnisa and S. Soro, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik,” vol. 05, no. 03, pp. 2398–2409, 2021.

W. Aprilia, L. Apreasta, and D. E. Prasetyo, “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar,” 2021.

S. Khairani, R. D. Suyanti, and D. Saragi, “The Influence of Problem Based Learning (PBL) Model Collaborative and Learning Motivation Based on Students’ Critical Thinking Ability Science Subjects in Class V State Elementary School 105390 Island Image,” Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, vol. 3, no. 3, pp. 1581–1590, Aug. 2020, doi: 10.33258/birle.v3i3.1247.

F. L. Sampel Korompis, “Piaget’s Theory in Mathematics Education in Elementary School,” International Journal of Research and Review, vol. 10, no. 6, pp. 82–92, Jun. 2023, doi: 10.52403/ijrr.20230612.

Suprayogi & Lanah, Buku Ajar Mata Kuliah Pilihan Pembelajaran Berdiferensiasi, (Hal 28-29). 2022.

Y. Yanti, M. E. Juliansyah, E. Erlina, U. Hijriah, and B. Irfani, “Peranan Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Era Kurikulum Merdeka,” Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 5, no. 2, pp. 513–524, Oct. 2024, doi: 10.54150/thawalib.v5i2.497.

R. Fatmawati, “Systematic Literature Review: Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri,” IJMSE: International Journal of Mathematics and Science Education, vol. 1, no. 2, p. 2024, 2024.

D. Egita, R. Indriani, F. Keguruan, F. Ekonomi, and U. M. Bengkulu, “Penerapan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa SMA Abstrak,” vol. 4, no. 5, pp. 485–489, 2024.

H. Sutrisno, Muhtarom, and S. Subandijah, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK,” Semarang, Jun. 2023.

S. A. Susino, D. Destiniar, and E. F. P. Sari, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA,” Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 53–61, Dec. 2023, doi: 10.31004/cendekia.v8i1.2918.

N. Faoziyah, G. Rusadi Akhmad, and D. Setiawan, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis PBL,” Jun. 2022, [Online]. Available: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index

M. Qorib, “Analysis Of Differentiated Instruction As A Learning Solution In Student Diversity In Inclusive And Moderate Education,” 2024.

L. Lutfiya, H. Sumardi, and T. A. Siagian, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya,” LINEAR: Journal of Mathematics Education, vol. 2, p. 44, 2021, doi: 10.32332/linear.v2i2.3738.

M. Leny, “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar,” Apr. 2020.

M. I. Sinaga, B. Sinaga, and E. Napitupulu, “Analysis of Students’ Mathematical Communication Ability in the Application of Vygotsky’s Theory at High School Level,” Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, vol. 4, pp. 132–144, Feb. 2021, doi: 10.33258/birle.v4i1.15667.

Nuryati and Darsinah, “Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” Jurnal Papeda, vol. 3, pp. 153–162, Jul. 2021.

L. Iswara and R. A. Cahdriyana, “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan GeoGebra pada Materi Garis dan Sudut untuk Peserta Didik SMP,” vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.30605/proximal.v5i2.2073.

N. Damanik, O. L. Malau, S. Sinaga, R. D. Siburian, and T. Simanjutak, “Implementasi Pendekatan Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Mengatasi Kesulitan pada Materi Struktur Aljabar,” May 2025. [Online]. Available: https://ejournal.as-salam.org/index.php/assalama

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-26

Cara Mengutip

Soliha, I., & Amidi. (2025). Implementasi Model PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi berbantuan GeoGebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(9), 2672-2683. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1068