Strategi Guru dalam Membangun Kreativitas Menulis Plot Twist pada Cerpen Siswa Kelas XI: Pendekatan Deskirptif-Analitik

Penulis

  • Rofik Hariyadi Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Yuni Pratiwi Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nita Widiati Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1065

Kata Kunci:

cerpen, plot twist, strategi guru

Abstrak

Guru memiliki peran penting dalam memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kreativitas dalam menulis cerpen, khususnya dalam menciptakan plot twist yang menarik. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam membangun kreativitas menulis cerpen dengan plot twist pada siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data berupa analisis teks cerpen siswa dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan dua strategi utama, yaitu Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir serta Strategi Berpikir Kreatif Lateral dan Divergen. Strategi Peningkatan Kemampuan Berpikir digunakan untuk memberikan pengetahuan dasar menulis cerpen, sedangkan Strategi Berpikir Kreatif Lateral dan Divergen digunakan untuk membangun plot twist. Berpikir lateral mendorong siswa menggunakan sudut pandang berbeda dan out of the box, sementara berpikir divergen merangsang siswa menghasilkan ide-ide beragam dan orisinil. Data karya cerpen siswa menunjukkan kombinasi kedua strategi ini menghasilkan plot twist yang mengejutkan, beragam, dan inovatif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan pembelajaran menulis di sekolah menengah atas, terutama dalam hal pembentukan kemampuan berpikir kreatif melalui pendekatan yang sistematis. Temuan ini dapat menjadi rujukan dalam perancangan strategi pembelajaran menulis kreatif yang lebih efektif dan bermakna di kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorietasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media., 2011.

P. Sinaga and S. Feranie, “Enhancing Critical Thinking Skills and Writing Skills through the Variation in Non-Traditional Writing Task,” International Journal of Instruction, vol. 10, no. 2, pp. 69–84, Apr. 2017, doi: 10.12973/iji.2017.1025a.

M. E. Sepdiana and R. Kusmiarti, “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Strategi Image Streaming Siswa Kelas IX SMPN 2 Kota Bengkulu,” 2023. [Online]. Available: https://jurnaldidaktika.org

J. A. Plucker, R. A. Beghetto, and G. T. Dow, “Why Isn’t Creativity More Important to Educational Psychologists? Potentials, Pitfalls, and Future Directions in Creativity Research,” Educ Psychol, vol. 39, no. 2, pp. 83–96, Jun. 2004, doi: 10.1207/s15326985ep3902_1.

R. N. Siregar, A. Mujib, H. Siregar, and I. Karnasih, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 56–62, Feb. 2020, doi: 10.33487/edumaspul.v4i1.338.

M. E. Nggaba, T. Herman, and S. Prabawanto, “Students’ Lateral Mathematical Thinking Ability on Trigonometric Problems,” International Conference on Mathematics and Science Education: Universitas Pendidikan Indonesia, vol. 3, no. 1, pp. 756–762, Mar. 2018.

E. de Bono, Berpikir Lateral. Jakarta: Bina Rupa Aksara, 1990.

J. P. Guilford, “Creativity: Yesterday, Today and Tomorrow,” J Creat Behav, vol. 1, no. 1, pp. 3–14, Jan. 1967, doi: 10.1002/j.2162-6057.1967.tb00002.x.

A. C. D. D. Puspitasari, “Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta),” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), vol. 1, no. 3, Apr. 2017, doi: 10.30998/sap.v1i3.1180.

S. K. H. Sebayang, M. Yetti, and D. E. Sari, “PENGARUH STRATEGI BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XI SMK SWASTA YPIS MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022,” Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, vol. 19, no. 2, pp. 103–111, Oct. 2022, doi: 10.37755/jsbi.v19i2.681.

M. F. A. Pradana, A. Zahro, and D. Widyartono, “Desain Pembelajaran Model ASSURE dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Media Plotagon di Era Merdeka Belajar,” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, vol. 12, no. 1, p. 13, Apr. 2023, doi: 10.35194/alinea.v12i1.2852.

A. H. Rofi’uddin, G. Susanto, D. Widyartono, S. Sultan, and H. Muzakki, “Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis Blended Learning di SMA,” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 5, no. 2, pp. 527–536, May 2022, doi: 10.30872/diglosia.v5i2.414.

S. J. Arizka, “Kecenderungan tema dan amanat cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu tahun pelajaran 2015/2016,” Universitas Negeri Malang, Malang, 2016. Accessed: Jun. 18, 2025. [Online]. Available: http://mulok.lib.um.ac.id/index.php?p=show_detail&id=75408&keywords=

D. Widyartono, T. Harsiati, I. B. Agus, and A. Fawzi, “Pendampingan Pengembangan Media Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kolaborasi Daring di SMPN 15 Malang,” IJCD: Indonesian Journal of Community Dedication, vol. 01, no. 01, pp. 23–28, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJCD

M. Alnabhan, N. Alhamdan, and A. Darwish, “The Effectiveness of the Master Thinker Program in Developing Critical Thinking Skills of 11th Grade Students in Bahrain,” Gifted Talent Int, vol. 29, no. 1–2, pp. 15–19, Mar. 2014, doi: 10.1080/15332276.2014.11678425.

M. Niksoni Late, L. Yuliati, I. Artikel Abstrak, and M. Niksoni Late Pendidikan Dasar, “Pemahaman Konsep Hidrostatis dan Hukum Archimedes Siswa SMP melalui Pembelajaran Discovery,” 2017. [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

R. F. Hartini, Ibrohim, and A. Qohar, “Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains melalui Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan pada Materi Ekosistem,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 3, no. 9, pp. 1168–1173, Sep. 2018.

H. Nur Khofiyah, A. Santoso, and S. Akbar, “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 4, no. 1, p. 61, Jan. 2019, doi: 10.17977/jptpp.v4i1.11857.

A. Susanti, S. Rachmajanti, N. Suryati, and U. P. Astuti, “Online Project-Based Learning and Critical Thinking Skills: A Case Study in Tertiary Education,” 2023, pp. 992–1002. doi: 10.2991/978-2-38476-008-4_105.

S. Krulik and J. A. Rudnick, Innovative Tasks To Improve Critical and Creative Thinking Skills. Reston: The National Council of teachers of Mathematics, Inc., 1999.

D. A. Irawati, R. Roekhan, and K. Andajani, “Rekonstruksi Kreatif Cerita Pendek Menjadi Cerita Mini,” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, vol. 10, no. 3, pp. 2433–2439, Jun. 2024, doi: 10.30605/onoma.v10i3.3810.

A. A. Putrian and I. Kurniasari, “Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar Sensing dan Intuition,” MATHEdunesa, vol. 11, no. 2, pp. 513–524, May 2022, doi: 10.26740/mathedunesa.v11n2.p513-524.

T. Y. E. Siswono, “Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika,” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 11–26, 2016.

Edi. Prayitno, “Pengembangan Berpikir Divergen dan Kritis Melalui Soal Terbuka,” Jurnal Karya Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 15–26, 2016.

I. W. Suastra, “Pengembangan Model Pembelajaran IPA Bagi Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. ,” Undiksha, Singaraja, 2007.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-26

Cara Mengutip

Hariyadi, R., Pratiwi, Y., & Widiati, N. (2025). Strategi Guru dalam Membangun Kreativitas Menulis Plot Twist pada Cerpen Siswa Kelas XI: Pendekatan Deskirptif-Analitik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(9), 2831-2842. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1065