Identifikasi Cedera Olahraga dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di MTs Darut Taqwa
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1055Kata Kunci:
cedera olahraga, MTs, pembelajaran jasmani, siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagian tubuh yang paling sering mengalami cedera serta faktor-faktor penyebabnya dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di MTs Darut Taqwa Tembalang, Kota Semarang, pada tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah masih terbatasnya kajian yang secara khusus memetakan cedera olahraga pada siswa madrasah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 50 siswa yang mengalami cedera, bagian tubuh yang paling sering cedera adalah pergelangan kaki (30 siswa), diikuti siku (26 siswa), paha (23 siswa), pergelangan tangan (22 siswa), betis dan bahu (masing-masing 21 siswa), kepala (20 siswa), punggung (18 siswa), dada dan jari kaki (masing-masing 17 siswa), jari tangan (15 siswa), serta leher (12 siswa). Adapun faktor penyebab cedera yang paling dominan adalah benturan fisik dengan teman (21 siswa), kurang pemanasan (20 siswa), kondisi fisik yang menurun (19 siswa), kondisi tubuh yang tidak fit (18 siswa), tidak menggunakan alas kaki (17 siswa), kesalahan dalam melakukan gerakan (17 siswa), gerakan yang berlebihan (15 siswa), postur tubuh yang tidak seimbang (14 siswa), dan riwayat cedera sebelumnya (11 siswa). Temuan ini menunjukkan pentingnya pengawasan serta persiapan fisik yang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK guna meminimalkan risiko cedera pada siswa.
Unduhan
Referensi
Amiruddin, R. Simanjutak, H. P. Meliala, N. Tarigan, and A. Ketaren, “Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum erdeka,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 5, pp. 5487–5492, 2023.
H. T. Ramadhani et al., “Urgensi Mata Pelajaran Pendidikan, Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bagi Anak Sekolah Dasar,” Jakarta CV Setiaji, vol. 9, no. 2025, pp. 12078–12087, 2025.
L. B. Yudantara and A. Rochmania, “Analisis Cidera Olahraga Pada Atlet Pencak Silat Kabupaten Bojonegoro,” Unesa, vol. 4, pp. 3–4, 2021.
I. Gozali and D. C. Kartiko, “SURVEI TINGKAT PENGETAHUAN GURU PJOK TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA DAN PENCEGAHAN CEDERA OALHRAGA DI SMA/SMK SE-KECAMATAN KREMBUNG,” J. Pendidik. Olahraga dan Kesehat., vol. 7, no. 2, pp. 259–265, 2019.
H. Sutirta, A. A. Latulusi, and K. Jehambur, “Sosialisasi tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan Cidera Olahraga pada Guru Pendidikan Jasmani Se-Kecamatan Wania,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 7, pp. 4980–4983, 2023.
F. W. Aryadana and S. Supriyono, “Identifikasi dan Penanganan Cedera pada Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tengaran,” Indones. J. Phys. Educ. Sport, vol. 3, no. 1, pp. 106–112, 2022.
A. Asri1 et al., “DENTIFIKASI KASUS CEDERA OLAHRAGA PADA ATLET LARI LARI SPRINT PAPUA,” JPO, vol. 13, no. 2, pp. 204–215, 2024.
Supriyadi and Supriyono, “Analisis Cedera Olahraga Dalam Aktivitas Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMA Negeri 1 Nalumsari,” J. Phys. Educ. Sport. Heal. Recreat., vol. 3, no. 1, pp. 23–27, 2014.
A. Burhanuddin, T. Hidayat, and D. Rahayu, Urgensi Inovasi Pendidikan Pasca Pandemi untuk Ketahanan Bangsa. 2021.
Y. Febrianta and A. Fauzan, “Hambatan Komunikasi Guru Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sd Negeri Se-Kecamatan Kembaran,” Din. J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, p. 27, 2019.
M. W. Putri, G. N. Panggraita, M. G. Maulud, E. Yuliyanto, and A. Satria, “Upaya Pencegahan Cedera Olahraga Sebelum Dan Selama Pertandingan Pada Ukm Olahraga Umpp Tahun Akademik 2019/2020,” J. ABDIMAS MURI, vol. 1, no. 2, pp. 28–34, 2021.
G. S. Bullock, G. S. Collins, N. Peirce, N. K. Arden, and S. R. Filbay, “Playing sport injured is associated with osteoarthritis, joint pain and worse health-related quality of life: A cross-sectional study,” BMC Musculoskelet. Disord., vol. 21, no. 1, pp. 1–11, 2020.
R. Bahr and I. Holme, “Risk factors for sports injuries--a methodological approach.,” Br. J. Sports Med., vol. 37, no. 5, pp. 384–392, 2003.
S. T. Fonseca et al., “Sports Injury Forecasting and Complexity: A Synergetic Approach,” Sport. Med., vol. 50, no. 10, pp. 1757–1770, 2020.
Fitriani, Arimbi, and Saharullah, “IDENTIFIKASI KASUS CEDERA OLAHRAGA PADA PEMAIN SEPAK BOLA PUTRI PADA KLUB RAJAWALI GLOBAL CAKRAWALA,” Ilara, vol. 14, no. 3, pp. 55–60, 2023.
E. Herdiandanu and B. Djawa, “Jenis Dan Pencegahan Cedera Pada Ekstrakurikuler Olahraga Futsal Di SMA,” J. Pendidik. Olahraga Dan Kesehat., vol. 08, pp. 97–108, 2020.
A. R. Putra, “Identifikasi Cedera Olahraga Pada Atlet Senior Bolavoli Usia 17-24 Tahun di PBV Vita Solo Tahun 2023,” wpcgp, pp. 72–80, 2023.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D,” ALFABETA, vol. 25, no. 3, pp. 121–125, 2017.
M. Wahyuni, Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS versi 25, no. mi. Sleman: BINTANG PUSTAKA MADANI, 2020.
D. Damayani, “Sihapes (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa) Bagi Sekolah Menengah Pertama Di SMP Negeri 7 Semarang,” Edu Komputika J., vol. 1, no. 2, pp. 52–62, 2014.
R. W. nugroho Muhammad, “Rancangan Kebutuhan Pertolongan Pertama Pada Kesiapan Penanganan Kecelakaan Sehari-Hari Anak Sekolah Dasar,” J. Kesehat. Poltekkes Ternate, no. 2, pp. 229–237, 2019.
H. Puspasari and W. Puspita, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19,” J. Kesehat., vol. 13, no. 1, pp. 65–71, 2022.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian.” PT RINEKA CIPTA, Jakarta, pp. 277–382, 2013.
M. K. Lia, “Validitas dan Reliabilitas Instrumen CTTMC pada Pembelajaran IPA Terpadu SMP Marantika Lia Kristyasari,” Pedagog. J. Ilmu-ilmu Kependidikan, vol. 1, no. 1, pp. 76–85, 2022.
Z. I. Aditya Wardhana, Uji Validitas dan Reliabilitas pada Data Penelitian Kuantitatif, 1st ed., no. Juni. Kabupaten Purbalingga: CV.EUREKA MEDIA AKSARA, 2024.
E. Atay, “Prevalence of sport injuries among Middle School children and suggestions for their prevention,” J. Phys. Ther. Sci., vol. 26, no. 9, pp. 1455–1457, 2014.
F. B. Maudi, H. Liskustyaswati, and D. Nugroho, “Identifikasi cedera dalam PJOK dan pencegahan di sekolah dasar se-Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis provinsi Jawa Barat tahun 2020 Identification of injuries and its prevention in physical education at elementary schools in Sukadana , Ciamis , West Java,” PHEDHERAL, vol. 17, no. 1, pp. 27–41, 2020.
S. Ridha and A. Rachman, “Survei Lokasi Dan Penyebab Cedera Olahraga Pada Atlet Cabang Olahraga Permainan,” Jambura Sport. Coach. Acad. J., vol. 2, no. 1, pp. 13–20, 2023.