Evaluasi Usability Tampilan Desain Antarmuka Aplikasi Maxim dengan Metode Heuristic Evaluation
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1049Kata Kunci:
Antarmuka, Aplikasi Transportasi, Desain Tata Letak, Efektifitas, MaximAbstrak
Maxim adalah aplikasi transportasi online yang menduduki posisi kedua dalam jumlah unduhan di Indonesia pada tahun 2023, berdasarkan data dari Data.ai. Meskipun aplikasi ini memiliki potensi besar, terdapat beberapa masalah dalam aspek layanan fitur dan desain tampilan antarmuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tampilan antarmuka aplikasi Maxim menggunakan metode heuristic evaluation. Penelitian ini berfokus pada penilaian desain antarmuka untuk mengidentifikasi masalah usability yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata tingkat keparahan masalah antarmuka adalah 3,2 berdasarkan severity rating (SR), yang masuk dalam kategori masalah mayor. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun aplikasi Maxim memiliki jumlah unduhan yang tinggi, desain antarmuka masih mengandung berbagai masalah yang perlu diperbaiki. Permasalahan ditemukan pada elemen-elemen seperti desain latar belakang, struktur desain, elemen grafis, dan konsistensi pengaturan teks. Dampak dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan desain, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna dan daya saing aplikasi di pasar transportasi online.
Unduhan
Referensi
I. J. Ibanga, “Human and Technology in the 21st Century,” Bincang Sains dan Teknologi, vol. 3, no. 02, pp. 40–43, 2024, doi: 10.56741/bst.v3i02.580.
J. Jumhadi and A. S. Mulyani, “Perkembangan industri transportasi ojek online di era 5.0 dari pt. gojek indonesia,” Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2023, doi: 10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i6.4907.
A. Hasanah and B. N. Sari, “Analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi jasa ojek online maxim pada google play dengan metode naïve bayes classifier,” JITET: Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3628.
A. Balakrishnan, S. Sundaresan, and C. Mohapatra, “EXPRESS: Subscription Pricing for Free Delivery Services,” Prod Oper Manag, 2024, doi: 10.1177/10591478241235001.
S. Soedewi, W. Swasty, A. Mustikawan, and F. E. Naufalina, “INFORMATION ARCHITECTURE PADA APLIKASI E-COMMERCE,” Jurnal Bahasa Rupa, vol. 5, no. 1, pp. 22–34, Oct. 2021, doi: 10.31598/bahasarupa.v5i1.848.
J. Nielsen, “10 Usability Heuristics for User Interface Design.” Accessed: Dec. 25, 2024. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
A. R. Adriyanto, I. Santosa, and A. Syarief, “EVALUASI HEURISTIK SISTEM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA,” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 6, no. 02, pp. 215–234, Aug. 2020, doi: 10.33633/andharupa.v6i02.3592.
G. R. L. Respati and D. I. Sensuse, “EVALUASI ANTARMUKA PROTOTYPE APLIKASI BERANDA LAYANAN DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” Jurnal RESTIKOM?: Riset Teknik Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 130–139, Jun. 2022, doi: 10.52005/restikom.v3i3.90.
A. Baladina, I. Aknuranda, and A. Kusyanti, “Analisis Hasil Perbandingan Penerapan Metode Heuristic Evaluation Menggunakan Persona dan Tanpa Persona (Studi Kasus?: Situs Web Female Daily),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, pp. 7050–7057, Dec. 2018.
M. Hidayat, W. Suharso, and B. Wiyono, “Analisis Usability Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Mobile Bahasa Isyarat Tuna Rungu Wicara (Studi Kasus: Aplikasi AKRAB),” Jurnal Repositor, vol. 6, no. 3, 2024, doi: 10.22219/repositor.v6i3.32473.
C. J. Guerrini, W. B. Brooks, and S. A. McCurdy, “Pirate Talk: Navigating Practical, Ethical, and Legal Issues Associated with Biomedical Citizen Science Interview Studies,” Citizen science, vol. 7, no. 1, p. 45, 2022, doi: 10.5334/cstp.529.
R. Ananda, A. E. B. Waspada, and R. D. W. Utomo, “FENOMENA DESAIN USER INTERFACE GOJEK MENURUT PERSEPSI PENGGUNA GENERASI X,” Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, vol. 2, no. 2, pp. 141–160, Apr. 2020, doi: 10.25105/jsrr.v2i2.8225.
A. Prasetya, L. T. Loviga, and M. Z. Saleh, “E-Service Quality in the Gojek Application for Customer Satisfaction,” Organize, vol. 3, no. 2, pp. 114–122, 2024, doi: 10.58355/organize.v3i2.73.
V. Effendy and E. Darwiyanto, “Designing User Experience for Improving Mobile Application Accessibility Online Transport Booking for Visually-Impaired User With User-Centered Design: A Case Study of Grab,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 1, pp. 42–52, 2022, doi: 10.47065/josh.v4i1.2246.
Y. Erlyana, W. Winnie, and V. Veronica, “PERANCANGAN BUKU TIPOGRAFI UNTUK KEMASAN DENGAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Bahasa Rupa, vol. 6, no. 3, pp. 191–200, Aug. 2023, doi: 10.31598/bahasarupa.v6i3.1299.
G. Febriani, “WAYFINDING SEBAGAI MEDIA PENUNJANG DESTINATION BRANDING KAMPUNG KREATIF DAGO POJOK,” Jurnal Bahasa Rupa, vol. 5, no. 2, pp. 177–186, Apr. 2022, doi: 10.31598/bahasarupa.v5i2.1014.
A. Wirapraja and H. Aribowo, “PENGARUH TAMPILAN ANTAR MUKA TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN M-COMMERCE (STUDI KASUS PELANGGAN GO-FOOD),” JURNAL EKSEKUTIF, vol. 18, no. 2, pp. 87–98, Dec. 2021, doi: 10.60031/jeksekutif.v18i2.282.