Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Untuk Mingkatkan Pemahaman Materi Desain Grafis Di SMK Negeri 1 Jakarta Dengan Model Four-D
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1042Kata Kunci:
Desain Grafis, Media Pembelajaran, Teknologi, Video AnimasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi yang dirancang khusus untuk materi desain grafis pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jakarta. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa 88,9% siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak seperti teori warna, tipografi, dan prinsip tata letak. Sebanyak 91,1% siswa menyatakan lebih tertarik belajar menggunakan media berbasis video animasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Four-D, yang terdiri dari tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, validasi ahli, dan angket siswa. Media yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta diuji coba kepada 36 siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh nilai kelayakan sebesar 100% dari ahli materi dan 91% dari ahli media. Selain itu, 97,41% siswa memberikan respon positif terhadap media tersebut, menunjukkan bahwa video animasi ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Kontribusi dari penelitian ini terletak pada penerapan model Four-D dalam pengembangan media berbasis animasi kontekstual untuk pendidikan kejuruan. Penelitian ini juga mendukung penguatan teori pembelajaran multimedia dengan bukti empiris di bidang desain grafis. Secara praktis, media ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang interaktif, mandiri, dan relevan dengan kebutuhan siswa SMK. Produk ini juga memiliki potensi untuk diterapkan pada materi visual lain dalam kurikulum kejuruan.
Unduhan
Referensi
M. Z. P. A. Lusyani Sunarya, "Pembelajaran Desain Grafis Percetakan SMK Bina Am Ma’mur Melalui Video Blended Learning," Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 08 08 2022.
N. T. T. Wiputra Cendana, "Media Motion Graphics Untuk Penyampaian Materi “Bagaimana Manusia Memproses Emosi dan Tahapan Perkembangan (Piaget)”," 30 07 2020.
N. m. N. N. W. H. Z. Ruli Astuti, "Animated video as a Media for Learning Science in Elementary School," 01 02 2021.
S. S. A. Izzah, "Developing video-based learning for the application of ohm’s law towards conductive transparent layer," 01 01 2021.
Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D," 2013.
Dieter Krause, "Experimental validation of a method for systematic new development," Proceedings of the Design Society, 19 06 2023.
Richard E. Maye, in Multimedia Learning: The Science of Instruction: Determining What Works in Multimedia Learning.
N. A. A. Yulia Maulani, "Development of Thematic Teaching Materials Using the Kvisoft," vol. 15, 2 06 2023.
Aksh Chahal, "Entrevistas em pesquisa qualitativa em cuidados de saúde," Revista Pesquisa em Fisioterapia, 29 01 2021.
E. F. R. S. Rauldatul Husni, "cle Title: Pengembangan media video pembelajaran animasi berbantu aplikasi kinemaster muatan ipa meteri sistem pencernaan manusia kelas v sdn 15 koto baru dharmasraya," Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 07 07 2023.
Eva Fasihah,Nurul Hidayah Al Mubarokah, "Validation Analysis of Learning Development on Optic Material with Core Learning Model," 06 02 2023.
Mailin Mailin,Gepeng Rambe,Abdi Ar-Ridho,Fil Candra Candra, "Teori media/teori difusi inovasi," JGK (Jurnal Guru Kita), 12 03 2022.
Mursalat, eveline Siregar, Indina Tarjiah, "Pengembangan Video Pembelajaran Desain Grafis untuk Buku Digital Interaktif bagi Siswa Tunarungu," Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 07 04 2023.
Lara Zuza,Jure Ahtik, "Analysis and design of animated posters," 2022.
Ahmad Zainuri Fachri,hamidillah Ajie,Vina Oktaviani, "Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Pembelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X SMK Negeri 40 Jakarta," Jurnal Pinter UNJ, vol. 5, 2021.