Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Gadu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1028Kata Kunci:
Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Pemanfaatan Buku Cerita BergambarAbstrak
Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II di SDN 2 Gadu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu permasalahan khusus. Peserta didik cenderung malu, kurang percaya diri, takut dan kesulitan memahami materi Bab 1 “Mengenal Perasaan”, terutama dalam mengungkapkan perasaan tokoh, memahami kosakata, dan menyampaikan pesan moral secara lisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan buku cerita bergambar dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes (pre-test, post-test, dan tes berbicara), serta dokumentasi. Sumber data meliputi kepala sekolah, guru kelas II, dan peserta didik. Keabsahan data dijaga melalui triangulasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pemanfaatan buku cerita bergambar "Mama, Aku Bukan Dia" dilakukan melalui tiga tahap: pra-membaca, saat membaca, dan pasca membaca, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan presentasi individu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai post-test dan keterampilan berbicara peserta didik. Sebagian besar peserta didik juga mencerminkan nilai Profil Pelajar Pancasila, meskipun masih ada yang perlu dibimbing dalam kerja sama dan berpikir kritis. Pendekatan ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar sekaligus menumbuhkan nilai karakter peserta didik. Dengan demikian, pemanfaatan buku cerita bergambar dapat menjadi acuan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan di tingkat Sekolah Dasar.
Unduhan
Referensi
I. R. Maharani, A.M. Al Bukhori and L. Putriyanti ,“Peranan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pengantar dalam Dunia Pendidikan Serta Faktor yang Mempengaruhinya ,”Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2023, vol. 4, no.1 ,pp. 365-374, [Online]. Available: https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/4367
R. Ramadhani, M. Masrul, D. Nofriansyah, M.A.Hamid, I.K. Sudarsana,S. Sahri, J. Simarmata, M.Safitri and S.Suhelayanti, "Belajar dan pembelajaran: konsep dan pengembangan," 2020, https://kitamenulis.id/2020/07/29/belajar-dan-pembelajaran-konsep-dan-pengembangan/
M. Mulyanti, "Upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode diskusi dan metode presentasi pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Perilaku Jujur Kelas IX-4 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023", Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI),2023,vol.3, no. 1, pp. 110-123, doi: https://doi.org/10.53299/jppi.v3i1.310
H. Nisa , D. Setiawan, and E. Waluyo, "Bagaimana model problem based-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar?". Jurnal Penelitian Tindakan Kelas,2023,vol. 1 , no. 2, pp. 70-75, doi: https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.145
Y. Sari and S. Yustiana, "Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar". Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol 8. , no 2. , pp. 175-185. doi: http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185
I. Magdalena, R.O.Prabandani and E. S. Rini, "Analsisi Taksonomi Bloom sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran di SDN Kosambi 06 Pagi", Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 2, pp. 227-234, 2021, doi: https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1258
T.Sunaryati , S.S. Azzahra, F. N. Khasanah, N.Dewi and S. Komariyah, “Analisis Instrumen Test Sebagai Alat Evaluasi pada Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Jurnal Riset Pendidikan Dasar ,vol. 20,no. 20, pp.316-322,2024, doi: http://dx.doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23083
H. A. Maulina, Mama, Aku Bukan Dia. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
R. Zulfirman, “Implemetasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Man 1 Medan ,” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, vol. 3, no. 2, pp. 149-150, 2022, doi: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
W. Cahyati, A. T. Damayani, T. Wigati and S. Suyoto, “Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VI,” Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), vol. 4, no. 2, pp. 223-229, 2024, doi: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.467
R. Tirtasari, J. Sulianto and K. Fajriyah, “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Dongeng,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 10231-10237, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7979
E. Rustan and A. M. Ajigoena, A. M, "Penilaian Afektif Siswa terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar", Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, vol.7, no. 2, pp. 231-241. doi: https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.58338
M. N. Lubaba and I. Alfiansyah, “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi , vol. 9, no. 3, pp. 687 -706, 2022, doi: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576
M.I. R Fauzi, E. Z. Rini and S. Qomariyah, "Penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran kontekstual di sekolah dasar". Proceeding Umsurabaya, 2023, [Online]. Available: https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19765
D. Darnawati, J. Jamiludin and L. Lenisa, " Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Siswa Dengan Memanfaatkan Media Cerita Bergambar", Sebatik, vol. 26, no. 2, pp. 739-745.2022, doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2049
V. D. Pratiwi and E. Enawar, "Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas lll SD Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang", Berajah Journal, vol. 1, no. 3, pp. 141-146,2021, doi: https://doi.org/10.47353/bj.v1i3.34
A. Fitriani, S.Sudirman and B. N. Khair, "Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Pendekatan Discovery Learning Berbasis Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 32 Cakranegara", Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 7, no. 2b, pp. 585-592, 2022, doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.534










