Pemberdayaan Anak ADHD melalui Program Ecofarming: Studi pada Homeschooling Anugrah Bangsa Semarang

Penulis

  • Luthfiana Eka Saphira Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nurul Fatimah Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.1023

Kata Kunci:

Anak ADHD, Ecofarming, Pemberdayaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi dan dampak pemberdayaan anak ADHD melalui program ecofarming di Homeschooling Anugrah Bangsa. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi,wawancara dan studi literatur dengan jumlah informan sebanyak 11 orang yang terdiri dari kepala sekolah, koordinator bidang ecofarmig, guru bk, guru ekonomi, tiga wali murid, dan 3 siswa. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data dengan cara membandingkan sumber data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang diterapkan oleh Homeschooling Anugrah Bangsa meliputi persiapan sarana dan prasarana, kolaborasi orang tua, dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi melalui kegiatan ecofarming berhasil dalam memberikan dampak untuk peserta didik. Dampak tersebut meliputi kemampuan mengendalikan emosi, kemampuan memanfaatkan lahan sempit, dan menumbuhkan jiwa entrepreneur. Penelitian ini berkontribusi pada metode pembelajaran yang relevan dengxn kondisi anak ADHD.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Nurfadhillah et al., “Analisis Peranan Guru Kelas Dalam Menangani Siswa ADHD di Sdn Tanah Tinggi 3,” BINTANG J. Pendidik. dan Sains, vol. 3, no. 3, pp. 489–496, 2021.

T. M. Simatupang and S. A. Ni’mah, “Social Support Tutor Homeschooling untuk Siswa Down Syndrom,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Non Form., vol. 1, pp. 571–581, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF

Y. Murnika, A. Damai Yanti Samoeri, Mr. Dhaifullah, and U. Muhammadiyah Riau, “Analisis Model Pendidikan Bagi Anak Abk (Anak Berkebutuhan Khusus): Homeschooling Dan Disleksia,” J. Insa. Pendidik. dan Sos. Hum., vol. 2, no. 2, pp. 145–155, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.3109

I. Shofwan, I. W. Santosa, J. Sutarto, F. Fakhruddin, and F. Soraya, “Implementation of cooperative learning model in homeschooling as equality education,” Proc. Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag., no. 2, pp. 3438–3446, 2021, doi: 10.46254/sa02.20210954.

S. A. Harahap, N. S. Desianti, S. Fadila, and M. Apriliana, “Strategi efektif orang tua dalam mendukung adaptasi sosial anak autis melalui komunikasi yang positif,” vol. 8, no. 11, pp. 174–179, 2024.

L. M. U. Hasan, F. Nurharini, and I. N. H. Hasan, “Kolaborasi antara Guru Bahasa Arab, Orang Tua dan Terapis dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi,” J. Pract. Learn. Educ. Dev., vol. 4, no. 1, pp. 44–54, 2024, doi: 10.58737/jpled.v4i1.260.

M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

Wahyu Mahaputra, R. Prasetyo, and Ahmad Kharis, “Social Innovation Program Sustainability Analysis,” Indones. J. Soc. Responsib. Rev., vol. 2, no. 2, pp. 140–150, 2023, doi: 10.55381/ijsrr.v2i2.194.

A. H. Simanjuntak and R. G. Erwinsyah, “Kesejahteraan Petani Dan Ketahanan Pangan Pada Masa Pandemi Covid-19?: Telaah Kritis Terhadap Rencana Megaproyek Lumbung Pangan Nasional Indonesia Smallholders Welfare and Food Security in Times of Covid-19 Pandemic?: a Critical Review of Indonesia ’ S Me,” Sosio Inf., vol. 6, no. 2, pp. 184–204, 2020.

E. D. C. Asholikha and J. Nugraha, “Pandemi Covid-19 dan Transformasi Pendidikan Kewirausahaan: Sebuah Studi Literatur,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 9, no. 3, pp. 332–349, 2021, doi: 10.26740/jpap.v9n3.p332-349.

A. P. Indah et al., “Pengetahuan Dan Implementasi Caregiver Dalam Pengasuhan Anak Adhd: Studi Kualitatif,” Ikesma, vol. 19, no. 4, p. 257, 2023, doi: 10.19184/ikesma.v19i4.43799.

B. Nursih, A. Rahmaningrum, S. Fatimah, and D. Farijah, “Penerapan Kegiatan Bercocok Tanam dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun,” Elem. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 7–16, 2024.

J. Midley, Social Development?: Theory & Practice. SAGE Publications, 2014.

D. S. Angraeni and A. Afifah, “Efektivitas Pembelajaran Kreatif Terhadap Perilaku Adhd Di Paud Fathul Qulub Mandisari,” J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 1–11, 2025, doi: 10.32665/abata.v4il.4032.

Dendy Setyawan, “Dampak Alih Fungsi Lahan Terhadap Pembangunan Daerah: Studi Kasus Di Kabupaten Kendal,” J. Ilmu Ekon. Terap., vol. 1, no. 2, pp. 88–104, 2023.

P. Widiyaningrum, L. Lisdiana, and N. Setiati, “Pemberdayaan Warga Perumahan Bukit Sukorejo Gunungpati Semarang Melalui Pertanian Vertikultur di Pekarangan Rumah,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 3, pp. 504–511, 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i3.6743.

A. E. Nurhidayah, “Pemberdayaan Guru Madrasah Melalui Pelatihan Metode Pembelajaran Kreatif Berbasis Digital di SMA Muhammadiyah Bayuresmi Garut,” J. Perad. Masy., vol. 3, no. 6, pp. 238–249, 2023.

E. C. Hendriana, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar,” JPDI (Jurnal Pendidik. Dasar Indones., vol. 3, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.26737/jpdi.v3i1.484.

N. Hanifah, N. H. Magfiroh, and A. A. Assa’diy, “Analisa Efektivitas Metode Montessori terhadap Kemampuan Atensi Anak ADHD,” AuladJournal Early Child., vol. 7, no. 2, pp. 434–444, 2024, doi: 10.31004/aulad.v7i2.689.

S. Al Baqi, “Pemetaan Profil Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD dan Implikasinya dalam Pendekatan Child-Centered Learning,” J. Child Res., vol. 1, no. November, pp. 165–180, 2024.

M. I. Dacholfany, S. Suyuti, M. M. Maq, C. Sholihin, and S. Sudadi, “Konfigurasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Di Sekolah Luar Biasa Negeri,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 11963–11976, 2023, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1806

N. Lessy, A. Khairunnisa, U. Pattimura, and U. Pattimura, “Implementasi Layanan Inklusi di Sekolah?: Peran Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus,” vol. 18, no. 1, pp. 65–84, 2023.

D. Wahyuningsari, Y. Mujiwati, L. Hilmiyah, F. Kusumawardani, and I. P. Sari, “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 04, pp. 529–535, 2022, doi: 10.57008/jjp.v2i04.301.

S. Suryani, R. Nurjasmi, and R. Fitri, “Pemanfaatan Lahan Sempit Perkotaan Untuk Kemandirian Pangan Keluarga,” J. Ilm. Respati, vol. 11, no. 2, pp. 93–102, 2020, doi: 10.52643/jir.v11i2.1102.

A. Mala, B. Purwatiningsih, and S. Ghozali, “Implementasi Pengembangan Jiwa Literasi Entrepreneurship Pada Siswa Sekolah Dasar,” Attadrib J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. 2, pp. 120–144, 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-26

Cara Mengutip

Saphira, L. E., & Fatimah, N. (2025). Pemberdayaan Anak ADHD melalui Program Ecofarming: Studi pada Homeschooling Anugrah Bangsa Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 5(9), 2621-2632. https://doi.org/10.52436/1.jpti.1023