Efektivitas Pengembangan e-LAPD Interaktif Berparadigma SETS Menggunakan Materi Sistem Koloid dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik melalui Model ADDIE
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.1010Kata Kunci:
E-LAPD Interaktif, Keterampilan Kolaborasi, Paradigma SETS, Sistem KoloidAbstrak
Rendahnya keterampilan kolaborasi dan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi sistem koloid menjadi tantangan dalam pembelajaran kimia abad ke-21. Kolaborasi merupakan salah satu keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication) yang menjadi tuntutan dalam pembelajaran abad ke-21, namun keterampilan ini tergolong jarang dilatihkan secara optimal oleh guru, dan pencapaiannya di sekolah masih belum maksimal. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dikembangkan perangkat pembelajaran berupa e-LAPD (Lembar Aktivitas Peserta Didik Elektronik) interaktif berparadigma SETS (Science, Environment, Technology, Society) guna mendukung pengembangan keterampilan kolaborasi, serta membantu peserta didik memahami materi sistem koloid melalui paradigma SETS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan pendekatan kuantitatif. Uji coba terbatas dilakukan pada 35 peserta didik kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 1 Pacet Kabupaten Mojokerto. Data dikumpulkan melalui validasi perangkat pembelajaran, observasi, angket keterampilan kolaborasi, serta pretest dan posttest kemampuan kognitif peserta didik. Data hasil angket keterampilan kolaborasi dan tes kognitif untuk menganalisis efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi, dengan peningkatan skor rata-rata pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga masing-masing mencapai 72,3%, 79,5%, dan 82,7%. Penelitian ini menunjukkan bahwa e-LAPD interaktif berparadigma SETS memiliki potensi kuat untuk diterapkan dalam pembelajaran kimia berbasis kolaborasi, serta memberikan kontribusi terhadap penguatan keterampilan abad ke-21 dan implementasi Kurikulum Merdeka.
Unduhan
Referensi
A. P. Ngain Kristin, “Analisis Kesulitan Belajar Kimia Materi Hidrokarbon (Stuudy Kasus Sma Negeri Di Semarang),” Edusaintek, Pp. 348–356, 2019.
H. O. Viani And A. Kamaludin, “Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Makromolekul,” Journal Of Tropical Chemistry Research And Education, Vol. 2, No. 2, Pp. 50–58, Sep. 2020, Doi: 10.14421/Jtcre.2020.22-01.
R. S. Nurbaidah, “Model Pjbl Berbantuan Media Infografis Dalam Pembelajaran P5 Tema Kearifan Lokal Melalui Kebun Sekolah Mini Di Sdn Rowotengah 03,” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 09, No. 02, Pp. 7347–7362, 2024.
M. Mashud, R. Muhammad, M. Mu’arifin, P. Didik, T. Afri, And A. Wulandari, “Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa Di Indonesia: Article Review,” Jendela Olahraga, Vol. 7, No. 2, Pp. 78–94, Jul. 2022, Doi: 10.26877/Jo.V7i2.11973.
L. Greenstein, Assessing 21scentury Skilss: A Guide To Evaluating Mastery And Authentic Learning. California: Corwin, 2012.
P. Rahma Dewi, I.B. Putu Arnyana, And Siti Maryam, “Pengaruh Model Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets (Science Environment Technology And Society) Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa Smp,” Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, Vol. 14, No. 2, 2020.
M. Y. O. Aran, S. T. , M. Pd. Klaudius Ware, And S. Pd. ,M. P. Klaudius E. N. Bambut, “Kajian Literatur?: Mengembangkan Keterampilan Abad-21 Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia,” Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 9, No. 1, P. 982, 2024, [Online]. Available: Https://E-Journal.My.Id/Biogenerasi
M. I. Pranowo, R. Linda, And S. Haryati, “Pengembangan Lkpd Kimia Berbasis Science, Environment, Technology, And Society (Sets) Materi Laju Reaksi,” Jrpk: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 1, Pp. 41–45, Jun. 2021, Doi: 10.21009/Jrpk.111.07.
Wike Okrul, Yulia Tri Samiha, And Dkk, “Review: Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Berbasis Multimediainteraktif Dilengkapi Education Game,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020 “Pembelajaran Digitan Dan Penelitian Pendidikan Biologi Di Eranew Normal,” Pp. 90–97, 2020.
K. Fita, “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Self Regulated Learning Menggunakan Google Classroom Pada Materi Termokimia,” Uin Walisongo Semarang, Semarang , 2021.
F. Hidayat, “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation, And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, Pp. 28–37, 2021.
H. I. Umam And S. H. Jiddiyyah, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21,” Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 1, Pp. 350–356, Dec. 2021, Doi: 10.31004/Basicedu.V5i1.645.
Hardi Mahendra, Nono Heryana, And Agung Susilo Yuda Irawan, “Sociometric Analysis Using The Sociogram Method To Determine The Quality Of Student Friendship,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 8, No. 22, Pp. 262–272, 2022.
J. L. Moreno, “Who Shall Survive? Foundations Of Sociometry, Group Psychotherapy And Sociodrama,” 1953.
K. Aini, I. Rosidi, L. K. Muharrami, Y. Hidayati, And A. Y. R. Wulandari, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Animation Drawing Menggunakan Model Addie Pada Materi Pencemaran Lingkungan,” Natural Science Education Research, Vol. 6, No. 1, Pp. 112–121, Mar. 2023, Doi: 10.21107/Nser.V6i1.11527.
A. R. Jaya, “Analisis Tuntutan Kurikulum Merdeka Dalam Konteks Penerapan Keterampilan Abad 21 Pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, Pp. 142–147, 2023.
A. C. Harahap Et Al., “Penggunaan Sosiometri Dalam Layanan Bimbingan Konseling,” El Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 2, Pp. 364–369, 2023.
I. Syafii, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga,” Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, Vol. 2, No. 5, Pp. 260–266, 2022.
P. S. M. A. Sembiring, F. E. Gultom, And M. Debora, “Penerapan Optimalisasi Keterampilan 4c (Creative Thinking, Critical Thinking And Problem Solving, Communication, Collaboration) Dalam Pembelajaran Contextual Oral Language Skills,” Jurnal Ilmiah Korpus, Vol. 7, No. 3, Pp. 391–399, 2023.
A. Fitriani, Ayu Kartini, Mita Maulani, And Prihantini Prihantini, “Peran Guru Dan Strategi Pembelajaran Dalam Memenuhi Kompetensi Siswa Abad 21,” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6, No. 2, Pp. 16491–16498, 2022.
R. Patriani Dewi, “Empower Employees: Understanding Wellbeing In The Era Of Industry 4.0 Through Flexibility Working Arrangement,” Psisula?: Prosiding Berkala Psikologi, Vol. 6, 2024.
B. Kariyawan Ys, “Model Pembelajaran Empati Untuk Membangun Sekolah Berwawasan Multikultural,” Jppi (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), Vol. 6, No. 1, Pp. 1–6, Jun. 2020, Doi: 10.29210/02020505.
S. Rivera-Pérez, B. León-Del-Barco, J. Fernandez-Rio, J. J. González-Bernal, And D. Iglesias Gallego, “Linking Cooperative Learning And Emotional Intelligence In Physical Education: Transition Across School Stages,” Int J Environ Res Public Health, Vol. 17, No. 14, P. 5090, Jul. 2020, Doi: 10.3390/Ijerph17145090.
L. Efrinisa, “Pengembangan E-Lkpd Interaktif Materi Minyak Bumi Berbasis Sets-Pjbl (Science, Environment, Technology, And Society-Project Based Learning),” Universitas Jambi, Jambi, 2024.
A. A. L. Dunggio And A. Nento, “Mengetahui Hubungan Sosial Peserta Didik Dengan Pendekatan Instrumen Sosiometri,” Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 19, No. 2, Pp. 56–63, 2022.
I. M. Sintia, “Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran Di Jawa,” Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, Vol. 2, Pp. 322–333, 2022.
B. Pasaribu, A. Ahman, H. F. Muhtadi, S. F. Diba, N. Anggara, And W. Kanti, “Kesalahan Umum Dalam Analisis Data: Data Normal Dan Tidak Normal,” Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 7, No. 3, Pp. 2413–2418, Mar. 2024, Doi: 10.54371/Jiip.V7i3.3706.
F. F. Kusumawati And D. Setyadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Pada Materi Aritmatika Sosial,” Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 2, Pp. 1486–1498, Apr. 2022, Doi: 10.31004/Cendekia.V6i2.1267.
N. Hidayati, T. Rijanto, M. Widyartono, And Y. Fransisca, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Software Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Smkn 3 Surabaya,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 11, No. 01, Pp. 127–135, Aug. 2021, Doi: 10.26740/Jpte.V11n01.P127-135.










