Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Menghitung Jarak, Waktu, dan Kecepatan pada Siswa Kelas V

Penulis

  • Marsanto Marsanto SD Negeri 1 Gunungsari, Wonogiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.10

Kata Kunci:

kemandirian, prestasi belajar matematika, snowball throwing

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan atas kondisi nyata rendahnya kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gunungsari, khususnya pada mata pelajaran Matematika dengan materi menghitung  jarak, waktu, dan kecepatan dan guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang tepat serta cenderung membosankan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan: (1) Proses pembelajaran model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar  siswa  dalam menghitung jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V, (2) Peningkatan kemandirian siswa dalam belajar  menghitung jarak, waktu, dan kecepatan setelah dilakukan pembelajaran model Snowball Throwing  pada siswa kelas V, (3) Peningkatan prestasi siswa dalam belajar menghitung jarak, waktu, dan kecepatan setelah dilakukan pembelajaran model Snowball Throwing  pada siswa kelas V. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Prosedur dalam setiap siklus mencakup langkah-langkah: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Hasil penelitian ini adalah ini adalah dengan adanya pembelajaran metode snowball throwing, terdapat peningkatan proses pembelajaran yang ditandai dari 4 siswa yang antusias pada prasiklus menjadi 7 siswa pada siklus I, dan meningkat menjadi 9 siswa pada siklus II, adanya peningkatan kemandirian siswa, serta adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran yang baik, pada guru maupun siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. T. Sari, “Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19”, Education Journal: Journal Educational Research and Development, vol. 4, no 2, pp127-136, 2020.

J. Jentoro, N. Yusro, E. Yanuarti, A. Karolina & D. Deriwanto, “Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Islam Wasatiyah Siswa”, JOEAI: Journal of Education and Instruction, vol. 3, no. 1, pp. 46-58, 2020.

R. Festiawan, Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran, Universitas Jenderal Soedirman. 2020.

O. Suhendra, S. Sulistyarini & R. Al Hidayah, “PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 9, no. 3.

E. Syahputra, Snowball throwing tingkatkan minat dan hasil belajar, Haura Publishing. 2020.

A. Asmariati, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), vol. 2, no. 4, pp. 722-745, 2020.

I. K. Darma, I. G. M. Karma & I. M. A. Santiana, “Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi”, In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 3, pp. 527-539, 2020.

Y. I. Kurniawan, A. Rahmawati, N. Chasanah, and A. Hanifa, “Application for determining the modality preference of student learning,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1367, no. 1, pp. 1–11, doi: 10.1088/1742-6596/1367/1/012011.

F. Y. Al Irsyadi, D. Puspitassari, and Y. I. Kurniawan, “ABAS (Ayo Belajar Sholat)?: Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara,” J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 17–28, 2019, doi: 10.34010/jamika.v9i1.1537.

F. Y. Al Irsyadi, A. P. Priambadha, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV,” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 55–66, 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i1.2581.

F. Y. Al Irsyadi, S. Supriyadi, and Y. I. Kurniawan, “Interactive educational animal identification game for primary schoolchildren with intellectual disability,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 8, no. 6, pp. 3058–3064, 2019, doi: 10.30534/ijatcse/2019/64862019.

M. I. Febyana, “PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM RANGKA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 5 TAHUNAN”, Jurnal Andi Djemma Jurnal Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 32-38, 2020.

M. Marpaung, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di MIN Medan Tembung”, (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara), 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-02

Cara Mengutip

Marsanto, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Menghitung Jarak, Waktu, dan Kecepatan pada Siswa Kelas V . Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(1), 35-44. https://doi.org/10.52436/1.jpti.10