Rancang Bangun Alat Pemantau Kadar pH, Suhu Dan Warna Pada Air Sungai Berbasis Mikrokontroller Arduino

Penulis

  • Dhimas Abimanyu Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Sumarno Sumarno Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Fitri Anggraini Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Indra Gunawan Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
  • Iin Parlina Teknik Informatika, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.55

Kata Kunci:

Air Sungai, Arduino Uno, Mikrokontroller

Abstrak

Bagi kelangsungan hidup manusia dan mahluk lainnya Air Merupakan sumber daya alam yang sangat penting. Pencemaran air khususnya air sungai sangat perlu diawasi dan perhatikan seiring semakin cepatnya proses pembangunan yang ada. Teknologi yang dapat dilakukan untuk memantau besaran kadar pH, Suhu dan Warna yaitu sistem berbasis Mikrokontroller Arduino yang memiliki kemampuan untuk membaca dari sensor yang akan di teruskan ke LCD. Pada riset ini dikembangkan sistem pemantau kadar pH, Suhu dan Warna yang menggunakan metode mikrokontroller  berbasis Arduino Uno, dimana hasilnya dapat di lihat pada layar LCD  yang telah disambungkan dengan mengambil sampel dari berbagai jenis air sungai. Sensor pada tiap node di hubungkan ke Arduino Uno sebagai unit pemroses, informasi yang dibaca dari sensor di kirim ke node LCD melalui kabel jumper. Sehingga hasil-hasil pembacaan dari sensor yang ada akan menghasilkan nilai-nilai yang ada baik dari sensor pH, sensor suhu dan sensor Warna yang akan tampil di LCD.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. W. Handani, S. Utami, dan D. Kusmira, “Visualisasi pencemaran air menggunakan media animasi infografis,” J. Telemat., vol. 10, no. 1, hal. 147–162, 2017, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id.

E. Yuliastuti, “Kajian Kualitas Air Sungai Ngringo Karanganyar dalam upaya Pengendalian Pencemaran Air,” hal. 127, 2011.

I. G. M. N. Desnanjaya dan I. B. A. I. Iswara, “Trainer Atmega32 Sebagai Media Pelatihan Mikrokontroler Dan Arduino,” J. Resist. (Rekayasa Sist. Komputer), vol. 1, no. 1, hal. 55–64, 2018, doi: 10.31598/jurnalresistor.v1i1.266.

I. Nur, “Pengendalian Sirkulasi Dan Pengukuran Ph Air Pada Tambak Udang Berbasis Arduino,” Skripsi Univ. Islam Negeri Alauddin Makassar, hal. 13, 2017.

M. Kiftiyah, Santoso, dan Munsyi, “Robot Pendeteksi Warna,” J. Sains dan Inform., vol. Vol.1 No., no. 2, hal. 38–47, 2015.

N. Hidayati, R. Aisuwarya, dan R. E. Putri, “Sistem Kontrol Kestabilan Suhu Penghangat Nasi Menggunakan Metode Fuzzy Logic,” J. Umj, no. November, hal. 1–2, 2017, [Daring]. Tersedia pada: jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek.

F. N. Amin, “Timbangan berbasis arduino dengan output lcd dan suara,” 2016.

Sarmidi dan Sidik Ibnu Rahmat, “Sistem Peringatan Dini Banjir Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno,” J. Manaj. dan Tek. Inform., vol. 02, no. 01, hal. 181–190, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-25

Cara Mengutip

Abimanyu, D., Sumarno, S., Anggraini, F. ., Gunawan, I., & Parlina, I. (2021). Rancang Bangun Alat Pemantau Kadar pH, Suhu Dan Warna Pada Air Sungai Berbasis Mikrokontroller Arduino. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(6), 235-242. https://doi.org/10.52436/1.jpti.55