Analisis Peningkatan Pendapatan Melalui Usaha Rumahan Produksi Kerupuk Akibat Pandemi

Penulis

  • Karina Odia Julialevi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Kangza Ardila Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Saifuddin Zuhri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.49

Kata Kunci:

usaha rumahan, pendapatan, keuntungan

Abstrak

Kegiatan ekonomi di Indonesia terhambat akibat pandemi Covid-19. Banyak perusahaan yang terpaksa melakukan PHK terhadap pekerja atau buruh. Demi menyambung pendapatan, tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk membuka usaha di rumah. Peluang  pendapatan dari usaha rumahan cukup menguntungkan dan risiko dari usaha rumahan kecil. Hal ini dijadikan alternatif bagi mereka untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Salah satu usaha rumahan yang dapat dikembangkan yaitu usaha produksi kerupuk. Kerupuk merupakan makanan ringan yang sangat familiar dan digemari masyarakat. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada pemilik usaha poduksi. Keuntungan yang didapat dari usaha ini cukup besar karena sudah banyak memiliki pelanggan tetap dan usaha ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Tono, “Analisis Produksi Kerupuk dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Kerupuk Udang Rebon Hariah,” Universitas Tanjungpura Pontianak, 2013.

A. R. Anggraini, D. Susilawati, and O. Riani, “Potensi Usaha Rumahan di Desa Kali Cinta,” Jurnal Griya Cendikia, Vol. 6, No. 1, Februari, 2021.

U. L. Siti Khadijah, D. S. Rejeki, S. Sukaesih, and R. K. Anwar, “LITERASI INFORMASI MOTIVASI BERWIRAUSAHA IBU RUMAH TANGGA KELURAHAN NAGASARI KABUPATEN KARAWANG BARAT,” J. Kaji. Inf. Dan Perpust., vol. 4, no. 2, p. 149, Dec. 2016, doi: 10.24198/jkip.v4i2.8491.

Abdulloh, A. Kurniawan, M. Kurniawan, F. Fuadi, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Rumahan Produksi Kelanting,” Al-Mu'awanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-01

Cara Mengutip

Julialevi, K. O., & Ardila, K. (2021). Analisis Peningkatan Pendapatan Melalui Usaha Rumahan Produksi Kerupuk Akibat Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(5), 215-219. https://doi.org/10.52436/1.jpti.49

Terbitan

Bagian

Artikel