Rancang Bangun Marketplace Penjualan Jajanan dan Makanan di Lingkungan Kampus dan Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Teknik Unsoed)

Penulis

  • Rista Afifah Fakultas Teknik, Jurusan Informatika, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Lasmedi Afuan Fakultas Teknik, Jurusan Informatika, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Arief Kelik Fakultas Teknik, Jurusan Informatika, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.45

Kata Kunci:

Blackbox, Marketplace, Pedagang, Waterfall

Abstrak

Marketplace merupakan sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko, dimana calon pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi secara elektronis melalui media internet. Mahasiswa Fakultas Teknik banyak yang melakukan kegiatan kewirausahaan, hampir semua organisasi kemahasiswaan yang ada di Fakultas Teknik Unsoed memiliki bidang atau divisi khusus kewirausahaan. Penjualan dilakukan digedung perkuliahan menggunakan konsep kantin kejujuran dimana transaksi jual beli mengandalkan kejujuran pembeli dan pedagang hanya perlu menaruh produknya di meja kantin kejujuran, adapun masalah yang sering terjadi yaitu jumlah uang yang di peroleh pedagang tidak sesuai dengan hasil yang seharusnya. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian “Rancang Bangun Marketplace Penjualan Jajanan dan Makanan di Lingkungan Kampus dan Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Teknik Unsoed)” Tujuan dari Penelitian ini adalah merancang sistem penjualan berbasis web yang dapat mempermudah mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus dalam melakukan transaksi penjualan dan pembelian, sehingga proses penjualan bisa dilakukan secara efisien dan meningkatkan nilai penjualan bagi para pedagang. Bahasa pemrograman yang digunakan pada penelitian ini bahasa pemrograman PHP native, basis data yang digunakan MySQL, dan metode pengujian yang digunakan Blackbox dan Mean Opinion Score (MOS). Hasil pengujian sistem berdasarkan pengujian MOS 82% responden menyatakan bahwa sistem marketplace membantu dalam proses transaksi jual beli produk, dan hasil pengujian sistem menggunakan blackbox sistem berjalan dengan baik sesuai ketentuan pengujian sistem.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. Afuan, I. Permadi, and N. Hidayat, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Teknologi WAP Sebagai Media Promosi Komoditas Pariwisata di Banyumas,” vol. 2, no. 2, pp. 50–59, 2009.

L. Afuan, A. Ashari, and Y. Suyanto, “A New Approach in Query Expansion Methods for Improving Information Retrieval,” vol. 9, no. 1, pp. 93–103, 2021.

A. Wahana, “Rancang Bangun Marketplace Produk Kewirausahaan Mahasiswa Upy Berbasis Content Management System,” J. Din. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 73–81, 2018, [Online]. Available: https://jdi.upy.ac.id/index.php/jdi/article/view/16/12.

L. D. Samsumar and S. Salman, “Rancang Bangun Private e-Marketplace Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) Mahasiswa dalam Mewujudkan Enterpreneurial Campus (Studi Kasus pada Kampus STMIK Mataram),” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 147, 2019, doi: 10.30872/jurti.v3i2.3412.

A. Pangestu and L. Afuan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Wisata Edukasi Berbasis Website Studi Kasus Kampung Marketer Design Of Management Information System Website-Based Education Tourism Case Study Of Kampung Marketer,” vol. 1, no. 2, pp. 45–57, 2021.

W. Tyas, “Rancang Bangun E-Marketplace Sebagai Media Penjualan Pada Kios-Kios Helm,” p. 2019, 2019, [Online]. Available: http://eprints.uty.ac.id/4179/.

E. Y. Anggraeni and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI, 2017.

T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI, 2012.

N. K. Y. Utami and N. M. S. W. Trisna, “Kajian Usability E-Marketplace Bluprin Sebagai Direktori Bidang Arsitektur dan Desain Interior Dalam Dunia Digital,” Pros. Semin. Nas. Desain dan Arsit., vol. 2, pp. 589–597, 2019.

Fathansyah, Basis Data. Bandung: Informatika, 2012.

C. A. Pamungkas, Pengantar dan Implementasi Basis Data. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Group CV Budi Utama), 2017.

R. Yanto, Manajemen Basis Data Menggunkan MYSQL. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Group CV Budi Utama), 2016.

A. Lubis, Basis Data Dasar Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Group CV Budi Utama), 2012.

M. Muslihudin and Oktavianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi, 2016.

E. Ali, Rekayasa Penagkat Lunak. Yogyakarta, 2019.

A. M. Rudyanto, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi, 2011.

R. R. Rerung, Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Group CV Budi Utama), 2018.

R. Abdulloh, 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta: PT Alex Media Komputoindo, 2018.

B. Nugroho, Dasar Pemograman Web PHP – MySQL denganDreamweaver. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

W. Komputer, Panduan Belajar MYSQL Database Server. Jakarta Selatan: Mediakita, 2010.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-28

Cara Mengutip

Afifah, R., Afuan, L. ., & Kelik, A. (2022). Rancang Bangun Marketplace Penjualan Jajanan dan Makanan di Lingkungan Kampus dan Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Teknik Unsoed). Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(5), 233-243. https://doi.org/10.52436/1.jpti.45

Terbitan

Bagian

Artikel