Analisis Buku Teks Matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka Penerbit Erlangga Berdasarkan Kriteria Bell
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.371Kata Kunci:
Analisis Matematika, Kurikulum MerdekaAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan buku teks matematika Kelas IV SD/MI Kurikulum merdeka penerbit Erlangga yang ditinjau dari kesesuaian materi ,kesesuaian metode penyampaian materi, kesesuaian karakter fisik buku, dan kesesuaian petunjuk untuk guru. Objek Penelitian adalah Buku Teks Matematika Kelas IV SD/MI. Metode yang digunakan adalah pustaka deskriptif yang dikumpulkan melalui metode observasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa kesesuaian materi matematika pada buku teks Kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka Penerbit Erlangga Tahun 2022 berdasarkan kriteria Bell Termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 90,48%. Kesesuaian metode penyampaian materi sebesar 71,43% (Baik). Karakter fisik buku sebesar 90,91% (Sangat Baik).. Sedangkan kesesuaian petunjuk untuk Guru sebesar 78,95% (Baik). Persentase tertinggi terdapat pada fisik buku matematika yaitu 90,91% dengan kategori sangat baik dan persentase terendah terdapat pada karakter fisik buku dengan persentase sebesar 71,42% dengan kategori baik.
Unduhan
Referensi
S. Hidayat and A. Rahim, "Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Erlangga dengan Silabus Kurikulum 2013," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 1868-1873, 2023.
D. Annisa, “Jurnal Pendidikan dan Konseling,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 1980, pp. 1349–1358, 2022.
I. Khoiyaroh, Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim), 2008.
I. Febriana, A. N. Wulandari, and Y. Sari, "Keterbacaan Buku Teks Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 7 Dengan Grafik Fry. Basastra," vol. 11, no. 2, pp. 174–184, 2022. https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.38197
T. Astari, "Pengembangan Buku Teks dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar," Madako Elementary School, vol. 1, no. 2, pp. 163–175, 2022. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.56
M. Halitopo, "Implementasi Merdeka Belajar dalam Buku Teks Bahasa Inggris untuk SMK," In Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 1, No. 1, March, 2020.
A. A. Fitriani and J. Watulingas, "Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kelas VIII Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Bell," Junal Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, vol. 2, pp. 127–143, 2022.
F. H. Bell, Teaching and Learning Mathematic (In Secondary Schools). Wm. C. Brown Company, 1978.
Tyas, Ida dkk., "Analisis Buku Paket Matematika Siswa SMP/MTS kelas VII Semester 1 kurikulum 2013 berdasarkan Kriteria Bell," Griya Journal of Mathematics Education and Application, vol. 1, no. 2, pp. 2776-1258, 2021
D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, R. S. Dewi, "Pengertian pendidikan," Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, pp. 7911-7915, 2022.
Hobri, "Metodologi Penelitian Pengembangan," Jember: Pena Salsabila, 2010
N. Winingsih, "Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum Merdeka Penerbit Kementrian Pendidikan dan kebudayaan untuk SMP Kelas VII Pokok Bahasan Bangun Datar Berdasarkan Kriteria Bell," Skripsi. Purwokerto: Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2023.
W. S. Budhi, Matematika untuk SD/MI kelas IV. Jakarta: Erlangga, 2022.