Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Capcut Tentang Amas (Ayo Menjadi Anak Shalih/Shalihah) Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.362Kata Kunci:
Media, Pendidikan Islam, Teknologi, Video PembelajaranAbstrak
Latar belakang penelitian ini berdasarkan dari pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Video pembelajaran memungkinkan variasi dalam penyampaian materi, sehingga dapat disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik. Video pembelajaran AMAS memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Dengan penggunaan teknologi software seperti Canva dan CapCut interaktif pada video pembelajaran, siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar. CapCut dipilih sebagai platform utama untuk pembuatan video karena kemudahan penggunaannya dan fitur-fitur kreatif yang dapat menambah nilai visual video. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Objek dari penelitian yaitu peserta didik kelas 5 SDN Panyingkiran II Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah D&D (Design & Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran yang dikembangkan sudah berhasil diuji layak produk dan dapat digunakan pada pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan video pembelajaran ini diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai kebaikan dalam Islam bagi siswa kelas 5 SDN Panyingkiran II.
Unduhan
Referensi
I. Inanna, “Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral,” JEKPEND J. Ekon. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.26858/jekpend.v1i1.5057.
I. Laras, A. Supriatna, H. E. Mariam, S. Asyrika, and S. Mulyati, “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Sekolah Dasar,” J. Prim. Edu, vol. 1, no. 2, pp. 203–214, 2023.
A. Ahmad and S. Aljufri, “Pendidikan Islam Membentuk Nilai Dan Karakter Peserta Didik,” Guru Tua J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.31970/gurutua.v2i1.21.
Y. Suryadarma and A. H. Haq, “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali,” At-Ta’dib, vol. 10, no. 2, pp. 362–381, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460
S. Junaedi, “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology,” Bangun Rekaprima, vol. 7, no. 2, p. 80, 2021, doi: 10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000.
K. Jaringan, “19161-Article Text-77194-1-10-20230331,” vol. 4, no. 1, pp. 39–45, 2023.
A. N. Aeni, M. D. Handari, S. Wijayanti, and W. S. Sutiana, “Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3, p. 721, 2022, doi: 10.35931/am.v6i3.1077.
A. N. Aeni and M. R. Ariefin, “Pengembangan E-Book KITANA ( Kisah Keteladanan Nabi ) untuk Meningkatkan Sikap Keteladanan Peserta Didik Sekolah Dasar,” vol. 7, no. 20, pp. 194–208, 2023.
D. Audina, M. Khaerunnisa, Y. Adilah, and A. Aeni, “Pengembangan E-Modul Interaktif ASYBEDU (Asyiknya Belajar Wudhu) untuk Memudahkan Siswa SD dalam Praktik Wudhu,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, p. Audina-Audina, 2023, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5803
D. Marliani Rahmania et al., “Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Capcut sebagai Media Dakwah dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar,” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 17336–17344, 2023, [Online]. Available: https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4149.