Studi Kelayakan Sarana Prasarana Ruang Praktik SMK Teknik Konstruksi dan Perumahan di Kawasan Mebidang Sumatera Utara

Penulis

  • Pan Surya Handika Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Daryati Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Anisah Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.353

Kata Kunci:

Ruang Praktik, Studi Kelayakan, Sarana Prasarana, Teknik Konstruksi dan Perumahan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan kondisi sarana prasarana ruang praktik dan mengetahui tingkat pemenuhan sarana prasarana ruang praktik SMK Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan  di kawasan Medan, Binjai, dan Deli Serdang (MEBIDANG) Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pemenuhan sarana prasarana ruang praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada sarana ruang praktik batu dan beton dengan skor 136 dan persentase kelayakan 63 % (layak), sarana ruang praktik kayu dengan skor 122 dan persentase kelayakan 71 % (layak) dan prasarana ruang praktik dengan skor 20 dan persentase kelayakan 100 % (sangat layak). Tingkat pemenuhan sarana prasarana ruang praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan SMK Negeri 2 Medan pada sarana ruang praktik batu dan beton dengan skor 132 dan persentase kelayakan 61 % (layak), sarana ruang praktik kayu dengan skor  85 dan persentase kelayakan 49 % (kurang layak) dan prasarana ruang praktik dengan skor 18 dan persentase kelayakan 90 % (sangat layak). Tingkat pemenuhan sarana prasarana ruang praktik Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan SMK Putra Anda Binjai pada sarana ruang praktik batu dan beton dengan skor 96 dan persentase kelayakan 47 % (layak), sarana ruang praktik kayu dengan skor 94 dan  persentase kelayakan 55% (layak), dan prasarana ruang praktik dengan skor 18 dan persentase kelayakan 90 % (sangat layak).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Inanna, “Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, hal. 27–33, 2018, doi : https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003.

M. Sudji, Employability Skills Lulusan SMK dan Relevansinya Terhadap Kebutuhan Dunia Kerja. Yogyakarta: UNY Press, 2018.

A.N. Halawa, & A. Mulyanti, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan dan Pembelajaran,” Inspirasi Dunia J. Ris. Pendidiakn dan Bhs., vol. 2, no. 2, hal. 57–64, 2023, doi : https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.757.

D. K. Dewi, “Manajemen Sarana Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuran Negeri Kelompok Bisnis Manajemen Kota Padang,” J. Adm. Pendidik., vol. 2, no. 1, hal. 129–138, 2014, doi : https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3744

B.Y. Wisudawan, & A. Wiyono, “Pengembangan Prasarana Ruang praktik Bengkel Konstruksi Batu Pada Prodi S-1 PTB Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya,” J. Kaji. Pendidik. Tek. Bangunan, vol. 7, no. 1, hal. 1–9, 2021, doi : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/38343.

S. Nurharirah, & A. Effane, “Hambatan dan Soluis dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan,” Karimah Tauhid, vol. 1, no. 2, hal. 221–225, 2022, doi : https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7709

E. Yuliati, A. G. Tamrin, & A. Nurhidayati, “Analisis Kondisi Ruang praktik Dan Studio Gambar Desain Pembangunan dan Informasi Bangunan Ditunjau dari Standar Pelayanan Minimal Sekolah Menengah Kejuruan,” IJCEE, vol. 7, no. 2, hal. 48–56, 2021, doi : https://doi.org/10.20961/ijcee.v7i2.61100.

F. D. L. Aji, “Evaluasi Kelengkapan Sarana dan Prasarana Pendidikan Mata Pelajaran MDPL Pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Depok,” J. Pendidik. Tek. Sipil dan Perencanaan., vol. 1, no. 1, hal. 1–7, 2017, doi : https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sipil/article/view/6983.

N. A. Autora, “Studi Kelayakan Sarana Dan Prasarana Bengkel Batu Dan Beton Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 2 Pengasih,” J. Pendidik. Tek. Sipil dan Perenc., vol. 1, no. 1, hal. 1–13, 2017, doi : https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sipil/article/view/8527.

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara, Laporan Kinerja. Medan: LPMP SU, 2019.

Suharto et al., Panduan Kualitas Sarana dan Prasarana SMK. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

Syafaruddinet et al., Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2016.

R. Decaprio, Tips Mengelola Ruang praktik Sekolah. Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Singaraja, “SMK Jurusan Teknik Konstruksi dan Perumahan Belajar Apa Sih,” 2023. https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/smk-jurusan-teknik-konstruksi-dan-perumahan-belajar-apa-sih. (diakses 11 November 2023).

A. V. Merdianta, “Perkembangan Kawasan Permukiman di Kawasan MEBIDANG,” J. Arsit. dan Perkota. “KORIDOR,” vol. 8, no. 2, hal. 118–125, 2017, doi : https://doi.org/10.32734/koridor.v8i2.1337.

I. M. Yani, & Dewanto, “Analisis Kelayakan Sarana dan Prasarana Praktik Kelistrikan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Kalitengah,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 8, no. 3, hal. 127–136, 2019, doi : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/29347.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2023 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Indonesia, 2023.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan. Indonesia, 2018.

Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbudristek, Norma dan Standar Laboratorium/Bengkel dari Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbudristek Tahun 2021. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbudristek, 2021.

Kemendikbudristek, Instrumen Verifikasi SMK Penyelenggara Ujian Kejuruan dari Kemendikbudristek Tahun 2023. Indonesia, 2023.

C. Nurbuko, & A. Achmadi, Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

U. Sidiq, & M. M. Choiri, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 23 ed. Bandung: Alfabeta, 2016.

A. Abror, “Kelayakan Sarana dan Prasarana Kelistrikan di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.

M.A. Ramadhan, R. E. Murtinugraha, & M. Subarkah, “Kelayakan Standar Sarana dan Prasarana SMK Kompetensi Keahlian DPIB di Kota dan Kabupaten Bekasi (Studi Kasus di SMKN 6 Kota Bekasi dan SMKN 1 Cikarang Barat),” Risenologi, vol. 6, no. 1, hal. 37–46, 2021, doi : https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61.171.

F. Setiawan, “Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Praktik Kelistrikan Ternik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Prambana,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

F. A. R. Haryanto, “Evaluasi Standar Sarana dan Prasarana Bengkel Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri Se-Kabupaten Sleman Berdasarkan Kurikuluk 2013 Ditinjau dari Permendiknas No 40 Tahun 2008,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

A. Syafiq, “Kelayakan Sarana dan Prasarana Praktik Ditinjau dari Standar Sarana dan Prasarana Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 40 Tahun 2008 Jurusan TKR SMK Ma’arif 1 Piyungan,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Sudiyono, & M. Alip, “Evaluasi Sarana dan Prasarana Bengkel Praktik SMK Teknik Permesinan di Kota Semarang Berdasarkan Kenutuhan Kurikulum,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 6, no. 1, hal. 79–93, 2016, doi : https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8117.

M. N. Hidayatuloh, “Kelayakan Sarana dan Prasarana Bengkel Praktik Teknik Kendaraan Ringan di SMK Piri Sleman,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.

N. Legiwati, “Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan,” J. Penelit. dan Pendidik. IPS, vol. 10, no. 1, hal. 295, 2016, doi : https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1722.

K. Triono, “Kesesuaian Sarana Dengan Tuntutan Kompetensi Pada Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 1 Sedayu,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Syahril, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Padang: SUKABINA Press, 2018.

A. Mahmud, A. R. Djaelani, & N. Apriyanto, “Pengaruh Sarana dan Prasarana Bengkel dan Kinerja Guru Praktikum Terhadap Keterampilan Praktik Sistem Kelistrikan Bodi,” J. Vocat. Educ. Automot. Technol., vol. 1, no. 2, hal. 1–7, 2019, doi : https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1042.

Elviana, “Kajian Kelayakan Ruang Gambar Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-16

Cara Mengutip

Handika, P. S., Daryati, D., & Anisah, A. (2024). Studi Kelayakan Sarana Prasarana Ruang Praktik SMK Teknik Konstruksi dan Perumahan di Kawasan Mebidang Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(12), 501-515. https://doi.org/10.52436/1.jpti.353